SEOCon adalah acara konferensi SEO & digital marketing terbesar di Indonesia yang rutin diadakan setiap tahun oleh Toffee Events.

Berkolaborasi dengan Dewaweb sebagai title sponsor dan didukung berbagai partner, sponsor, media, dan community partner lainnya, SEOCon Jakarta 2023 diselenggarakan pada 24 dan 25 Mei di The Hall Kasablanka, Jakarta.

Tim DailySEO ID berkesempatan untuk meliput keseruan hari pertama SEOCon Jakarta 2023 yang bertema ‘Performance Oriented Marketing’ kali ini.

Simak liputannya!

Diisi 47 Pemateri dan Dimeriahkan 2.000 Peserta, SEOCon Membagikan Berbagai Insights Digital Marketing

SEOCon Jakarta 2023 diisi oleh total 47 pemateri dengan berbagai keahlian & pengalamannya, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Jumlah peserta SEOCon Jakarta 2023 sendiri ditaksir mencapai 2.000 orang.

Uniknya, pada SEOCon tahun ini banyak dibahas tentang pemanfaatan generative AI guna membangun aktivitas marketing yang efektif, serta dipaparkan strategi dalam bermedia sosial. Jadi, SEOCon tahun ini tidak hanya tentang SEO.

Dengan lebih luasnya cakupan pembahasan, diharapkan akan memberikan dampak lebih besar kepada para peserta dalam membangun aktivitas marketing mereka masing-masing.

Hari pertama acara padat berisi 10 presentasi dari berbagai pemateri. Beberapa materi yang dibahas pada hari pertama beserta intisari pesannya adalah:

  1. CX Marketing: Today’s Future of Contextual Marketing oleh Sultan Isnainsyah (VP Digital CX and Biz. Dev. Indosat IM3). Setiap aktivitas marketing yang kita lakukan harus sesuai dengan konteks/kondisi dari target marketnya, agar pesan marketing bisa diterima dengan baik. Tanpa konteks, users akan mengabaikan pesan kita (contoh: push notification yang mengganggu).
  2. Optimizing for the SERP Multiverse oleh John Earnshaw (CTO Pi Datametrics). SEO sedang berada di titik kritis dengan adanya voice search & conversational AI. Hal ini membuat query pencarian users akan semakin panjang & spesifik, sehingga bisnis jangan cuma terpaku dengan target keyword yang exact seperti dulu lagi.
  3. Prompt Engineering for Performance oleh Indhran Indhraseghar (Founder PromptBarn). Untuk memanfaatkan ChatGPT agar sesuai dengan harapan kita, jangan tanyakan pertanyaan standar. Kita harus memberikan prompt atau pertanyaan yang baik, disertai contoh output yang kita harapkan. Hal ini disebut prompt engineering.
  4. Practical Guide about Effective International SEO strategy oleh Gianluca Fiorelli (Founder ILoveSEO.net). Jika sebuah bisnis memutuskan untuk ekspansi ke luar negeri, website dapat dimanfaatkan untuk mentarget market di sana. Gunakan sinyal yang tepat agar bisa dipahami search engine, mulai dari hreflang, struktur domain & URL, konten, dan sebagainya.
  5. The Importance of General Technical SEO oleh Serge Bezborodov (CTO JetOctopus.com). Technical SEO jangan diabaikan. Kita harus memastikan search engine sudah meng-crawl & meng-index website kita dengan benar, agar bisa menemukan konten yang sudah kita tulis untuk audiens kita dan menampilkannya di search result.
  6. How To Get More ROI From Your Content Marketing oleh Tim Soulo (CMO Ahrefs). Aktivitas content marketing seperti pembuatan konten blog, video YouTube, social media post, podcast, dan sebagainya, tidak selalu bisa diukur ROI (return on investment)-nya dengan akurat. Tapi tidak berarti kita harus stop melakukan content marketing, karena ada beberapa pendekatan untuk mengukurnya.
  7. The Art of Domain Name Selection: Tips for a Successful Digital Branding Strategy oleh Edy Budiman (CEO Dewaweb). Jangan asal membeli nama domain untuk website kita atau bisnis kita. Pilihlah yang merepresentasikan brand, singkat, gampang diketik dan diingat, serta hindari tanda sambung.
  8. Reinventing Search with Your Copilot for The Web oleh Ricky Haryadi (Strategic Partnership Corporate Business Development, Microsoft). Microsoft memperkenalkan banyak sekali pemanfaatan AI di berbagai produknya, mulai dari integrasi Bing dengan ChatGPT, hingga integrasi AI di Microsoft 365 untuk membantu berbagai workflow pekerjaan, disebut Microsoft 365 Copilot.
  9. Build A Powerful Brand Amongst Audience Complexity oleh Bima Marzuki (CEO Media Buffet). Bisnis harus dapat membangun branding-nya agar bisa bertahan dalam jangka panjang, bukan hanya melalui tren virality sesaat. Branding adalah persepsi audiens saat bersentuhan dengan sebuah bisnis, yang dinilai dari kualitas produk, konsistensi, aset visual, dan cara komunikasi.
  10. Impactful & Efficient Social Media Marketing oleh Edho Zell (YouTuber/influencer, CEO Social Bread). Agar pemilik bisnis UMKM atau brand kecil bisa memanfaatkan social media untuk mendapatkan penjualan, memanfaatkan content creator secara langsung lebih efisien dibanding lewat digital agency yang umumnya di atas budget mereka. Social Bread bisa membantu UMKM untuk ini.
Baca Juga:   Beberapa Keuntungan Menghadiri SEOCon Jakarta 2022 untuk Karir dan Bisnis

Teman-teman dapat mengecek informasi lengkap serta daftar lengkap pemateri di hari kedua di halaman resmi SEOCon Jakarta 2023.

Wawancara bersama Edy Budiman (Founder dan CEO Dewaweb)

Kami juga berkesempatan berbincang dengan Edy Budiman selaku Founder dan CEO Dewaweb, yang menjadi title sponsor SEOCon Jakarta 2023 dan juga menjadi salah satu pembicara di SEOCon Jakarta hari pertama.

Tim DailySEO ID: “Tadi Pak Edy membahas tentang pentingnya memilih nama domain dan branding. Pertanyaannya, apakah executive leader juga butuh branding (atau dalam konteks ini personal branding)?”

Edy Budiman: “Untuk perusahaan, tentu sangat penting. Untuk para executive leader, itu tergantung kepada persona masing-masing. Jika dirasa bisa membantu membawa brand atau perusahaannya ke arah yang lebih positif dan mampu menghasilkan konten leadership yang bermanfaat, saya rasa itu bagus sekali.”

Tim DailySEO ID: “Ada banyak ilmu yang bisa dibawa pulang oleh teman-teman peserta SEOCon Jakarta 2023. Apa harapan Pak Edy akan hal ini?”

Edy Budiman: “SEOCon Jakarta tahun ini bertema ‘Performance Oriented Marketing’, karena kami ingin berbagi strategi digital marketing yang berdampak ke performa bisnis. Dibantu oleh para pemateri, kita berbagi insight lewat presentasi dan workshop yang diadakan. Kita juga membahas bagaimana cara eksekusi strategi ini dengan maksimal.

Potensi market kita besar, semoga kita bisa jadi market leader di tempat kita sendiri, dan jadi contoh untuk teman-teman di luar negeri. Semoga ada yang bisa dibawa pulang dan dieksekusi.”

Edy Budiman, CEO Dewaweb (kedua dari kanan) beserta pembicara SEOCon lainnya.

Peserta VIP Membawa Pulang Lebih Banyak Dibanding Peserta Biasa.

Hal yang menarik pada setiap SEOCon adalah adanya tiket VIP, yang tentu dijual lebih mahal dibanding tiket reguler. Apakah keuntungan yang didapat dengan membeli tiket VIP sebanding dengan harganya?

Baca Juga:   Dapat apa di SEOCon 2022? "It’s time to level up your SEO game plan!"

Kami mewawancarai salah satu pemegang tiket khusus ini, yang enggan dikutip namanya. Beberapa keuntungan yang didapat peserta VIP adalah:

  • Akses VIP lounge dan mendapat seat khusus di bagian depan
  • Makan malam (VIP dinner) di hari pertama dan roundtable discussions bersama para pemateri
  • Makan siang dan networking bersama para pemateri selama dua hari acara
  • Mendapatkan recording seluruh presentasi di SEOCon Jakarta 2023

Privilege networking itu yang paling diutamakan. Saya ingin mendapat lebih banyak value dari kesempatan bertemu, bertanya langsung, dan berdiskusi bersama pemateri. Teman-teman tidak boleh lewatkan VIP ticket!” tambahnya.

Diskusi dan Paparan yang Lebih Banyak di Hari Kedua

Selain beberapa hal di atas, akan ada lebih banyak paparan dan hal seru lainnya yang akan disampaikan dan dilaksanakan di hari kedua SEOCon Jakarta 2023.

Hari kedua akan diisi tiga kali lipat lebih banyak pemateri dari hari pertama dengan tiga kategori pembahasan, karena adanya tiga kelas yang berjalan secara paralel, dengan topik dan pembicaranya masing-masing. Ketiga kelas tersebut adalah:

  • Strategy
  • Performance
  • Optimization

Peserta dipersilakan memilih topik yang sesuai dengan minatnya, dan berpindah kelas untuk mendengarkan topik dari pembicara yang diharapkan.

Juga akan ada talkshow interaktif bersama para praktisi SEO, workshop, serta tentunya berbagai games dan mini event seru di exhibition booths, dengan gimmick berbagai hadiah menarik.

Bagaimana pengalaman teman-teman yang mengikuti SEOCon Jakarta 2023? Share di kolom komentar, ya!

Nantikan keseruan selanjutnya di hari kedua pagelaran SEOCon Jakarta 2023 pada 25 Mei!

Sampai jumpa di acara!


Gabung ke grup Telegram DailySEO ID agar teman-teman tidak ketinggalan kabar terbatu, tips, serta best practice dari SEO dan digital marketing.

Baca Juga:   Nisrina Salma dan Eufrasia Joan, Dua Perempuan yang Berbincang tentang SEO Content di SEOCon 2022

Jangan lupa follow Instagram DailySEO ID untuk update singkat di hari kedua SEOCon 25 Mei 2023.

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Strategist at Epicareer, Contributor at DailySEO ID | I'm an SEO geek. AMA about anything related SEO, I'd be glad to help.

Write A Comment