Keseruan SEOCon Jakarta 2023 tidak berakhir hanya di hari pertama. Pada hari kedua SEOCon Jakarta 2023 (Kamis, 25 Mei 2023) para peserta diberi kebebasan memilih kelas yang berbeda untuk mereka ikuti.

Terdapat 3 kelas pilihan sesuai dengan tema besar tahun ini ‘Performance Oriented Marketing‘ yaitu Optimization, Strategy, dan Performance. 

Setiap kelas diisi oleh pemateri dengan pengalaman & expertise yang berbeda-beda. Hal ini membuat para peserta lebih antusias karena dapat menyesuaikan kebutuhan mereka sesuai dengan materi yang relevan dengan pekerjaan ataupun bisnisnya. 

Simak bagaimana keseruan dan kemeriahan SEOCon Jakarta 2023 hari ke-2 di bawah ini dari liputan tim DailySEO ID.

Optimization Class yang Selalu Penuh dan Harus Mengantri untuk Masuk

Salah satu kelas di hari kedua SEOCon Jakarta 2023 yang selalu penuh adalah Optimization Class. Kelas ini spesifik membahas seputar teknis-teknis SEO mulai dari:

1. Utilizing Content Gap to Build Your Brand’s Reputation and Attract Traffic oleh Cornelia Tjandra, Senior SEO On Page – Toffedev

Ternyata content gap yang dimanfaatkan dengan baik dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi perusahaan. Cornelia menjelaskan cara-cara aplikatif bagaimana menemukan content gap dengan cermat dan mengubahnya menjadi ide konten yang ber-value.

2. SEO Through Visual and High-Quality Content Experience oleh Ian Hariananda, SEO Manager – RGE Group

Aspek terpenting yang membuat konten bisa menjadi peluang konversi adalah content experience. Ian menjelaskan bagaimana kita sebagai SEO Specialist bisa memanfaatkan komponen visual yang bisa menambah experience di halaman web maupun blog kita tanpa mengorbankan page speed dan aspek core web vitals lainnya.

3. Utilizing chatGPT for Your SEO oleh Nur Anasta Rahmat (Mbah Anas), Co-Founder – WeaReGroup 

ChatGPT yang tengah menjadi bahan kerisauan banyak orang terutama SEO Specialist karena dirasa dapat “mengancam” pekerjaan, justru dapat menjadi “senjata” yang ampuh untuk membantu pekerjaan kita. Mbah Anas menjelaskan bagaimana best practice prompting di ChatGPT untuk dapat menghasilkan output yang maksimal dan humanis.

Baca Juga:   Begini Cara Memblokir ChatGPT Supaya Tidak Menggunakan Konten di Situs Web Anda!

4. What Happen with SEO in Indonesia Today? Dimoderatori oleh Radius Arianto, Business Development Manager at Wignja dengan Panelist Tara Mulya, Head of SEO at Toffedev; Bayu Alfian, Growth Product Manager at GoKampus; Muhammad Ilman Akbar, Founder DailySEO ID

Sesi panelis yang interaktif dengan 3 pembicara yang mewakili berbagai industri mulai dari Tara Mulya yang mewakili industri agency, Bayu Alfian yang mewakili perspektif client/brand, dan Ilman Akbar yang mewakili industri media. Membahas tentang bagaimana kita sebagai pelaku di industri SEO ini menyikapi perubahan yang terjadi.

5. The Future of Search Marketing: Advanced Technique for Integrated Campaign SEO & Google Ads to Maximize your Impact oleh Tania Dian, Digital Marketing Manager – Island Media

Jika Anda ingin memaksimalkan performa SEO maka kita harus bekerja sama dengan tim SEM atau Ads Performance untuk dapat bertukar insight dan memanfaatkan data satu sama lain. Mulailah bekerja sama dengan tim SEM untuk SEO campaign yang maksimal. Tania juga menyarankan para SEO Specialist untuk memanfaatkan Google Ads Transparency Centre untuk melihat data interest audience kita lebih detail.

6. Controlling Googlebot with SEO Log File Analysis: Insights and Strategies oleh Serge Bezborodov, Co-Founder & CTO – JetOctopus

Kali ini Serge memaparkan SEO technical lebih detail (dibanding sesi besar di hari pertama) tentang bagaimana kita bisa mengontrol Googlebot agar sebuah halaman website dapat lebih cepat terindeks. Serge juga memaparkan formula magic triangle-nya yang berisi internal links, technical seo, dan content sebagai komponen yang penting agar Googlebot dapat lebih cepat mengindeks halaman kita.

Performance Class yang Tak Kalah Menarik dengan Cerita Unik dari Peserta 

Kelas lainnya yang tak kalah penuh adalah Performance Class dengan berbagai topik yang tujuannya meningkatkan performa SEO, mulai dari

  1. Tips to Create a Lightweight WordPress Website for Better SEO oleh Clement Yo, Co-Founder – Tanpa Koding
  2. Optimization of Loading Speed That Affects Core Web Vitals and SEOs oleh Sinar Hadi Wijaya, CEO – Dapanel Media Indonesia
  3. Unlock the Power of SEO: Simple Tips for Creating a Custom WordPress Theme oleh Dwivy Andre, Lead Web Developer – Toffedev
  4. How Integrating SEO and Other Channels Can Benefit your Business oleh Irvan Sanjaya, AVP of SEO – BliBli
  5. The New 4E of Performance Marketing in era of A.I and Privacy: Decoding Customer Decision with Data oleh Viktor Iwan, Founder & CEO – Doxa Digital
  6. Mastering Brand Marketing – Tricks to Drive Higher Conversions & Customer Engagement oleh Novita Dewi, Business Development Manager – Gits.id
  7. B2B Tailored Marketing oleh Adythia Pratama, Founder & CEO PT. Braja Biru Abadi
  8. How to Set Up a Creative Strategy to Create a Performance-Driven Marketing Campaign oleh Denny Abditama, VP of Marketing – Niagahoster
Baca Juga:   Memahami SEO dan Cara Kerja Search Engine untuk Pemula

Beberapa topik menarik dari kelas ini dibawakan oleh Viktor Iwan, Founder & CEO Doxa Digital yang memaparkan search engine masa depan akan jadi seperti apa bentuknya.

Viktor menjelaskan perubahan yang akan terjadi pada search engine (utamanya Google) dan bagaimana kita sebagai praktisi digital marketing baik SEO dan SEM dapat mempersiapkan diri dalam sisa waktu yang ada.

Selain itu, materi yang dibicarakan banyak peserta datang dari Adythia Pratama, Founder & CEO PT. Braja Biru Abadi yang menjelaskan B2B Tailored Marketing dengan deck yang unik.

Salah satu peserta yang mengikuti kelas ini, Ariq Nugraha, menceritakan baru kali ini ia melihat pemaparan materi yang berbobot hanya dengan deck berisi tanda matematika kali, bagi, tambah, kurang, sama dengan (x ÷ + – = ),

“Keren banget asli, kita diberi penjelasan tentang guerilla marketing yang bisa diterapkan di model bisnis B2B hanya dengan deck lima halaman dan isinya satu tanda matematika setiap halamannya! Apalagi dia membuat giveaway pula di instagram pribadinya, wah semua peserta langsung pada ambil HP tadi!” cerita Ariq saat diwawancarai tim DailySEO ID seusai kelas.

Peserta “Ambis” Bisa Dilihat dari Strategy Class yang Pulang Paling Akhir

Semua kelas yang disediakan pada SEOCon Jakarta 2023 hari kedua ini sebenarnya berakhir di jam 17.00 WIB. Namun ada workshop spesial yang menjadi kelas bonus bagi peserta yang masih antusias belajar seputar strategi SEO.

Workshop ini dibawakan oleh Damian Kilbasa & Pawel Sokolowski dari NeuronWriter yang membahas “Win SEO with NeuronWriter”.

Sebelum workshop tersebut, Strategy Class menyediakan berbagai topik menarik seputar strategi SEO diantaranya adalah:

  1. Key to a Successful Store in Online Marketplace oleh Andre Chouw, Chief Relationship Officer – AHACommerce
  2. Should Big Decisions Be Based on Data or Your Intuition? Oleh Ferly F. Raya, Owner & Managing Director – GRATYO
  3. Leverage Creator Marketing on Tiktok as a Foundation for Performance Marketing oleh Yosef Abas, Founder & CMO – Rabbit Convert
  4. Collab or Collapse: Embracing Synergy and Success with CDP and AI in Email Marketing oleh Yopie Suryadi, Founder & CEO – MTARGET
  5. Boost your Revenue Generation with Omnichannel & Chatbot oleh Ardian Susanto, CMO – TapTalk.io
  6. Strategies to Drive Engagement and Boost Sales oleh Andrew Darmadi Hendrawan, Founder & CEO – Halosis
  7. How to Analyze your Marketing Performance & Improve It oleh Jacqualine, Head of Growth – Gits.id
  8. 23 Cutting Edge SEO Strategies for 2023 and Beyond oleh Tuhin banik, Founder & CEO – ThatWare
Baca Juga:   Antusiasme Peserta SEOCon 2022 di Hari Pertama

Para peserta dari Optimization Class dan Performance Class yang masih semangat menggali ilmu terlihat berbondong-bondong menuju kelas Strategy. Kelas ini juga terlihat ramai dari pagi hingga sore karena mendatangkan materi dan studi kasus yang beragam.

Menanti SEOCon Jakarta 2024 dengan Materi yang Lebih Menarik

SEOCon Jakarta 2023 hari kedua ini merupakan hari terakhir dari rangkaian SEOCon Jakarta 2023 dengan tema Performance Oriented Marketing. Semoga kita semua yang hari ini sudah berkesempatan menghadiri SEOCon Jakarta 2023 maupun yang belum pernah sama sekali, bisa bertemu di SEOCon 2024!

Kira-kira tema apa ya yang akan diangkat di SEOCon 2024 yang akan datang? Ikuti infonya melalui instagram @seocon.id agar tidak ketinggalan informasi menarik di tahun depan.

Sampai jumpa di SEOCon 2024!

Gabung ke grup Telegram DailySEO ID untuk berdiskusi dengan sesama praktisi SEO di Indonesia, tempat dimana teman-teman bisa mendapat berita terkini seputar SEO dan informasi bermanfaat untuk bisnis, karir, dan blogger di industri SEO.

Jangan lupa juga untuk follow Instagram DailySEO ID untuk terus mendapat update berita dan informasi terkini seputar SEO!

Author

Partnership Associate DailySEO ID | Growth Content Specialist of Binar Academy

Write A Comment