Apa yang terlintas di benak teman-teman saat mendengar istilah local SEO? Beberapa dari Anda bisa jadi sudah menerapkan strategi SEO yang satu ini. Akan tetapi, tak sedikit juga masih beranggapan kalau strategi ini tidak terlalu penting dalam keberlangsungan bisnis.

Faktanya, local SEO memegang peranan penting untuk mengembangkan bisnis di era sekarang. Menurut statistik dari Hubspot, 46% user mencari informasi lokal melalui Google. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan strategi yang satu ini.

Lantas, apa itu local SEO? Bagaimana cara mengoptimasikannya? Artikel ini akan menjelaskannya satu per satu. Harapannya, Anda mengerti local SEO dan paham bagaimana cara mengaplikasikannya setelah membaca artikel ini.

Apa Itu Local SEO?

Local SEO adalah proses optimasi SEO suatu produk/layanan untuk kata kunci lokasi yang spesifik. 

Sebagai user, Anda pasti seringkali mengetikkan kata kunci yang spesifik untuk sebuah lokasi, seperti kedai kopi Jakarta terbaik, restoran enak di Bandung, toko ban mobil Surabaya, dan lain-lain.

Bahkan kata kunci tanpa informasi lokasi, seperti cuci mobil juga termasuk dalam kategori ini, karena Google akan otomatis memasukkan informasi lokasi Anda berada untuk menampilkan hasil yang relevan.

Melalui local SEO, Anda mampu meningkatkan organic traffic melalui pencarian informasi lokal yang dilakukan oleh user, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. 

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara optimasinya, Anda juga perlu memahami bagaimana Google memprioritaskan pencarian lokal.

Dalam mengumpulkan informasi lokal, search engine akan mengandalkan hal-hal seperti konten lokal serta halaman profil bisnis untuk menyediakan konten yang relevan kepada user.

Salah satu cara untuk memuaskan hasrat para pencari terhadap informasi lokal adalah melalui Google Business Profile (Profil Bisnis). Anda bisa mulai bermain dengan hal tersebut dengan mengisi profil bisnis Anda, mulai dari no telepon, alamat email, alamat toko, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, konten lokal yang Anda buat di dalam website juga akan membantu Anda dalam meningkatkan organic traffic. Dengan demikian, Ada dua hal yang perlu teman-teman perhatikan dalam mengoptimalkan local SEO, yaitu Google Business Profile dan juga website Anda.

Baca Juga:   Mau Jadi SEO Specialist? Ini Langkah-langkah untuk Menguasai Berbagai Skills-nya!

Dalam pencarian local SEO, nantinya user akan ditampilkan informasi yang detail terkait bisnis Anda. 

Coba bayangkan ketika teman-teman menjadi user. Ketika Anda mengetikkan sebuah kueri seperti “kedai kopi Semarang”, maka ada tiga hal bentuk informasi yang disajikan oleh Google, yaitu Map, Local Pack, dan tentu saja organic.

local seo

Bagaimana Google Menentukan Peringkat Konten Lokal?

Setelah mengetahui apa itu local SEO, teman-teman tentu saja penasaran bagaimana Google menentukan peringkat untuk konten informasi lokal.

Pada dasarnya, algoritma Google untuk menentukan konten lokal cukup sederhana. Ada beberapa aspek faktor penentu peringkat di Google untuk sebuah konten lokal:

  • relevansi
  • jarak
  • bisnis terpercaya atau menonjol

Dalam pernyataannya melalui Search Engine Journal, Google mengatakan bahwa informasi bisnis yang lengkap dan detail akan membantu Google memahami bisnis teman-teman sehingga nantinya Google akan menyesuaikan relevansi pencarian user terhadap bisnis Anda.

Kemudian, untuk masalah jarak Google mendefinisikannya seperti seberapa jauh setiap hasil pencarian yang dilakukan oleh user dari lokasi yang mereka cari. Jika user tidak menentukan lokasi dalam pencariannya, Google akan menghitung jarak berdasarkan apa yang mereka ketahui mengenai lokasi dari user.

Mengenai kepercayaan dan menonjol, Google memperhatikan seberapa terkenal bisnis tersebut. Bagi teman-teman, mungkin ini memang cukup kompleks dalam faktor penentuan peringkat lokal. Sebab, Google juga menentukan faktor dari offline terhadap suatu bisnis, tidak cuman dilihat dari tingkat kepercayaan di search engine.

Terlepas dari semua itu, teman-teman sebaiknya tetap memperhatikan informasi bisnis dengan baik. Hal ini tentu akan membantu Google untuk menyesuaikan tingkat relevansi terhadap user nantinya. 

Untuk lebih membuat teman-teman memahami faktor peringkat local SEO, menurut survei Whitesparks’s 2021 mengenai faktor ranking local SEO melalui Search Engine Journal, berikut ada beberapa faktor yang diyakini oleh para ahli lokal SEO mampu membuat Anda berada di peringkat terbaik:

  • kedekatan alamat bisnis dengan lokasi user
  • alamat toko offline di kota pencarian
  • kata kunci dalam judul

Baca juga: 5 Rekomendasi Kursus/Belajar SEO Online di Indonesia, Ini Investasi Leher Ke Atas!

Baca Juga:   Wawancara Eksklusif Botify: Tren SEO bagi Bisnis di 2022, Mengenal Lebih Jauh Enterprise SEO, dan Platform SEO untuk Enterprise

Tips Optimasi Local SEO

1. Gunakan Google Business Profile (Sebelumnya Dikenal dengan Google My Business/GMB)

Kalau Anda belum bermain dengan Google Business Profile (Profil Bisnis), sebaiknya lakukan dari sekarang.

Pasalnya, tools yang satu ini mampu meningkatkan strategi local SEO teman-teman dengan sangat maksimal.

Oh iya, tools ini sebelumnya sebagai Google My Business (GMB), tapi November 2021 lalu berganti nama menjadi Google Business Profile.

Ketika Anda mulai bermain dengan Google Business Profile, maka teman-teman akan ditampilkan dashboard seperti ini:

Sumber: SemRush

Lalu, bagaimana cara mengoptimasi Google Business Profile?

Pertama-tama, Anda perlu mengisi seluruh informasi terkait bisnis, seperti nomor telepon, alamat email, alamat bisnis offline, kategori bisnis, jam operasional bisnis, website bisnis, dan lain-lain.

Anda juga perlu mengisi produk apa saja yang dijual pada bisnis teman-teman. Dengan mengisi data tersebut, maka user akan dengan mudah melihat-lihat produk Anda terlebih dahulu.

Pastikan, semua data yang terisi merupakan data aktif sehingga user mampu menemukan Anda dengan baik.

Setelah semua data diisi, Anda perlu melakukan verifikasi terkait akun Google Business Profile Anda kepada Google. Hal ini dilakukan supaya nama toko Anda bisa ditemukan oleh user di Google Maps.

2. Post produk Anda

Setelah berhasil terverifikasi, kini saatnya untuk lebih memaksimalkan akun Google Business Profile Anda. Salah satu cara yang bisa teman-teman lakukan yaitu memposting produk jagoan.

Di dashboard Google Business Profile, ada tulisan posts, Anda tinggal mengkliknya lalu isi data produk dengan rinci. Masukkan foto produk, nama produk, harga produk, dan juga deskripsinya.

3. Buat konten lokal

Dikarenakan kita akan fokus pada local SEO, maka ada baiknya teman-teman perlu membuat konten yang berisi informasi area lokal di dalam website Anda. Memang, terkadang konten general akan mendatang traffic yang lebih banyak, tetapi teman-teman juga harus memikirkan untuk membuat konten lokal supaya mendapatkan pasar yang lebih spesifik lagi, khususnya di area sekitar lokasi bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda mungkin sedang menjalankan bisnis toko roti Semarang. Mungkin, teman-teman bisa memulai dengan membuat konten seperti “5 Toko Roti di Semarang Terbaik” ataupun mengedukasi perihal jenis-jenis roti.

Berpikirlah secara kreatif untuk mampu mengedukasi dan menggaet pasar lokal. Dengan konten yang berkualitas, tentu saja user akan tertarik dengan bisnis Anda. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan transaksi.

Baca Juga:   5 Jenis Konten Local SEO untuk Tingkatkan Organic Traffic

Baca juga: Apakah Panjang Konten Memengaruhi Ranking di Google Search?

4. Ajak user untuk me-review bisnis Anda

Review dari user akan menentukan keinginan user lainnya untuk membeli produk atau memakai layanan yang teman-teman tawarkan.

Jika teman-teman memperhatikan setiap bisnis yang muncul di Google, di sana pasti ada beberapa review yang diberikan oleh user setelah memakai bisnis tersebut.

Untuk membuat bisnis Anda semakin menonjol, mulailah mengajak user untuk memberikan review terkait bisnis Anda. Teman-teman bisa melakukannya melalui media sosial ataupun di toko offline secara langsung.

Setelah beberapa user memberikan review, jangan lupa untuk membalasnya satu per satu. Jika Ada yang mengeluhkan terkait bisnis Anda, segera balas dan bilang kepada mereka bahkan Anda akan memperbaikinya secepat mungkin.

5. Bagikan akun Google Business Profile Anda ke media sosial

Di era sekarang, media sosial juga memegang peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis.

Saat akun GMB Anda sudah lengkap, jangan ragu untuk membagikannya di media sosial. Taruh link lokasi bisnis Anda di deskripsi Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya.

Hal ini tentu saja akan memudahkan user untuk menemukan lokasi bisnis Anda saat mereka menyelami media sosial teman-teman.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai local SEO. Mulai praktikkan local SEO dari sekarang supaya bisnis Anda semakin berkembang lagi ke depannya.

Strategi On Page ataupun Off Page saja tidak cukup. Anda juga harus memulai strategi lainnya untuk bersaing dengan para kompetitor. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menerapkan local SEO ke dalam bisnis Anda.

Jika teman-teman merasa kebingungan dalam pengaplikasian local SEO, Anda bisa langsung bertanya kepada para praktisi SEO di grup telegram DailySEO ID. Di sana, Anda bebas melakukan diskusi apa saja yang berkaitan dengan SEO.

Bahkan, teman-teman juga bisa membagikan ilmu SEO yang sudah Anda punya kepada yang lain. Jadi, di grup telegram DailySEO ID kita akan sama-sama saling belajar.

Join grup telegramnya di sini sekarang juga, ya!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/local-seo/what-is-local-seo-why-local-search-is-important/#close

https://blog.hubspot.com/marketing/local-seo

https://www.semrush.com/blog/what-is-local-seo/

Author

Orangnya suka menulis | SEO Content Writer at Zenius| SEO Enthusiast |

Write A Comment