Google baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membatasi kemunculan beberapa rich results di hasil pencariannya, khususnya bagi rich results FAQ dan HowTo.
Perubahan ini diterapkan oleh Google dengan tujuan untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih konsisten dan lebih rapi.
Update ini sudah mulai roll out secara global dan direncanakan untuk selesai di minggu depan.
Daftar Isi
Perubahan terkait Rich Result FAQ
FAQ rich results merupakan fitur hasil pencarian Google yang menampilkan konten FAQ dalam halaman web dengan bentuk elemen interaktif accordion. Fitur pencarian ini biasanya akan muncul di SERP jika teman-teman menambahkan structured data FAQPage
pada halaman web yang menghadirkan konten FAQ.
Namun kedepannya, pemunculan fitur pencarian ini akan dibatasi sehingga hanya high–authority website di bidang kesehatan dan pemerintah saja lah yang bisa memiliki rich results FAQ.
Terkait hal ini, website yang telah memiliki structured data FAQ tidak perlu menghapus structured data tersebut dari halaman web.
Hal tersebut demikian karena structured data yang tidak digunakan tidak akan menimbulkan pengaruh apapun pada hasil pencarian Google. Selain itu, search engine lain juga mungkin saja masih menggunakan structured data tersebut.
Perubahan terkait Rich Result HowTo
Sama halnya dengan rich results FAQ, rich results HowTo yang diambil dari structured data HowTo
juga akan dibatasi kemunculannya.
Snippet ini nantinya hanya akan muncul pada pencarian lewat desktop saja, sehingga pengguna yang melakukan pencarian lewat mobile device tidak akan menemukannya.
Namun, Google juga menambahkan bahwa teman-teman tetap perlu memastikan markup HowTo sudah terimplementasi dengan baik pada versi mobile dari website teman-teman, mengingat Google mengutamakan mobile indexing—mengindeks versi mobile website—untuk mengindeks website.
Dampak yang Mungkin Dialami
Karena update ini berhubungan dengan tampilan hasil pencarian di SERP, maka dampak utama yang mungkin dialami bagi halaman web dengan kedua rich results tersebut adalah menurunnya CTR (click–through rate) dan juga jumlah clicks.
Namun, Google menekankan bahwa perubahan ini tidak memiliki pengaruh apapun terhadap ranking, sehingga tidak akan ditambahkan pada Google Search status dashboard.
__________
Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!
Saat ini, DailySEO ID juga memiliki SEO Fundamental Course dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.
Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut series webinar selanjutnya di sini!
Sumber:
2 Comments
Pingback: Liputan Lengkap SEO Summit 2023: Tips Karier hingga Prediksi SEO Masa Depan - DailySEO ID
Pingback: Liputan Lengkap SEO Summit 2023: Tips Karier hingga Prediksi SEO Masa Depan - DailySEO ID