Sabtu 12 Agustus lalu, SEO Summit Indonesia 2023 resmi digelar di Duta Venue, Citywalk Sudirman.

Diikuti oleh lebih dari 150 lebih peserta, acara ini sukses menyajikan berbagai insight terkait digital marketing dan SEO mulai dari tips karier, cara menjalankan aktivitas dan mengukur performa SEO, sampai dengan diskusi prediksi Google Search di masa depan.

Tim DailySEO ID berkesempatan untuk meliput keseruan konferensi ini dan mewawancarai inisiatornya. Simak liputannya!

Rangkuman Materi dari Para Pembicara

Konferensi yang bertema “Networking, Learning, and Boosting Your Career” ini diisi oleh 10 pembicara yang merupakan praktisi di dunia digital marketing, blogging, dan SEO.

Berikut beberapa materi yang dibahas beserta rangkuman singkatnya:

How Do I Start a Career in SEO? oleh Erwin Petas (SEO Manager di Kumparan)

Erwin menceritakan perjalanannya belajar SEO, serta kontribusinya dalam membangun pondasi SEO beberapa perusahaan startup ternama. Erwin juga mengingatkan peserta agar tidak lupa membangun jejaring dan aktif di komunitas agar up to date dan terus mendapat kesempatan belajar.

The Power of Content Marketing in Driving Organic Traffic oleh Aileen Velishya (Digital Marketing Manager di PT Era Ventura Indonesia)

Content marketing bermanfaat untuk menarik perhatian calon customer, berkontribusi terhadap conversion, sarana penghubung antara brand dan user, serta jadi salah satu cara membangun loyalty.

The Art of Social Media Content Creation: Strategies for Captivating Your Audience oleh Amanda Mardatillah (Head of Digital Marketing Sari Murni Group)

Membangun media sosial suatu brand berarti membangun komunitas di sekitar brand atau produk dari brand tersebut. Penting untuk berbagi cerita dan engage dengan user, alih-alih hanya menjadikan media sosial semata-mata hanya tentang brand.

How to be Excellent in Promoting Your Potential to Your Future Employee oleh Addiriya Kencana (HR Consultant Senior Consultant and Business Development di Matala)

Sering terjadi mismatch antara employer dan calon employee terutama di industri digital. Oleh karena itu, sebagai calon employee, penting untuk mengenal dan mengetahui kekuatan diri guna menarik perhatian employer.

Monetize your SEO performance with Affiliate Marketing oleh Usman Raezra (GM Accesstrade)

Pasar affiliate marketing akan semakin besar ke depannya. Affiliate marketing juga bisa membantu brand meningkatkan growth dan memasarkan produk mereka dengan lebih luas yang dalam waktu bersamaan juga membantu local publishers. Hal yang penting dilakukan adalah memproduksi konten affiliate yang berkualitas.

SEO for Bloggers: Techniques for Driving Traffic and Engagement to Your Blog oleh Monica Anggen (Professional Blogger)

Monica menjelaskan tentang aktivitas SEO yang bisa dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan traffic dan engagement blog, serta meningkatkan value dan rate card mereka lewat empat tahapan: writing preparation, on page SEO, utilize social signal, dan content optimization.

Measuring SEO Success: Key Metrics and Performance Indicators to Track oleh Miftahul Khoir (AVP Digital Marketing for Business di KlikDokter)

Baca Juga:   Apakah Menggunakan Breadcrumb Memengaruhi Ranking di Google Search?

Banyak metrics dan indikator yang bisa diukur dalam menjalankan SEO. Oleh karena itu, terlebih dahulu kita harus tahu objective yang ingin dicapai. Kategori besar dalam KPI SEO adalah brand awareness, engagement, serta conversion. Miftah juga menjelaskan hal teknis terkait implementasi Google Tag Manager serta dataLayer untuk mengukur metrics ini.

SEO for Startups: Strategies for Achieving Growth on a Limited Budget oleh Eki Riandra (Ex SEO and W2A Product Manager Lead di Tokopedia)

Seringkali SEO bukanlah satu-satunya aktivitas marketing yang efektif yang dapat dijalankan oleh startup terutama saat di tahap-tahap awal. Oleh karena itu, sebelum menjalankan SEO, pastikan untuk menentukan objective dan ekspektasi yang ingin dicapai dari SEO. Selain itu, harus paham bagaimana journey dari user maupun calon user. Dari sana, tentukan prioritas dan lakukan optimasi SEO sesuai dengan prioritas ini.

The Future of AI SEO: What to Expect and How to Prepare oleh Reza Putra (Founder Batara Ismaya Agency)

Diskusi tentang bagaimana SEO bukan hanya sekadar ranking, tetapi lebih kepada hal-hal yang lebih holistik. Reza juga mengingatkan kepada semua profesi yang berkaitan dengan SEO seperti content writer, copywriter, SEO outreach, link builder, dll. untuk lebih fokus ke “bagaimana caranya agar hasil pekerjaan kita dapat membantu user” alih-alih hanya sekadar hal-hal taktis. Karena pada akhirnya SEO adalah tentang user experience dan konten yang sejatinya dibuat untuk dikonsumsi manusia.

The Art of OnPage SEO: Optimizing Your Website’s Pages for Maximum Impact oleh Joe Handaya (Group Digital Ads and Web SEO Manager di Ruangguru)

Joe menjelaskan tentang pentingnya user experience dalam SEO. Hal ini dapat dicapai dengan memperhatikan beberapa hal-hal seperti navigasi, mobile friendliness, responsiveness, load speed, content structure, layout, konten yang sesuai dengan intent, serta konten yang berkualitas dan terus diupdate. Joe juga menunjukkan contoh dan use case yang telah dilakukannya di Ruangguru.

Menjawab Beberapa Pertanyaan dari Peserta

Selain materi yang disampaikan di atas, juga terdapat pertanyaan-pertanyaan menarik dari peserta.

Apa pengaruh menambahkan lastmod tag di sitemap? Apakah itu langkah yang bagus?

Dijawab oleh Eki Riandra, tag “lastmod” digunakan untuk memberikan informasi kepada crawler kapan terakhir kali halaman web yang terdapat di sitemap tersebut diubah, dimodifikasi, atau di-update.

Informasi ini digunakan oleh crawler untuk membantu menentukan seberapa sering mereka akan melakukan crawling dan untuk memutuskan halaman mana yang akan diindeks.

Eki juga menambahkan agar memastikan bahwa tag “lastmod” ini di-update jika memang benar-benar ada perubahan yang berarti di halaman web tersebut.

Bagaimana nasib FAQ schema? Apakah masih perlu ditambahkan ke depannya?

Baca Juga:   Pembaruan Hasil Pencarian: Google Mendukung Struktur Data Untuk Halaman Profil & Forum Online

Sesuai dengan liputan dari DailySEO ID terkait perubahan schema FAQ dan HowTo, kedua schema ini akan tampil lebih jarang dan untuk schema HowTo hanya akan ditampilkan di desktop version. Namun, Google menekankan bahwa perubahan ini tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap ranking.

Tidak ada perubahan yang harus dilakukan jika sebelumnya sudah menerapkan kedua schema ini.

Eki juga menambahkan, jika memungkinkan, agar tetap menggunakan schema ini. Karena, meskipun tidak muncul sebagai rich result, schema atau structured data tetap akan berguna untuk memberikan konteks yang lebih baik kepada crawler. Hal ini membantu crawler dan search engine agar lebih memahami halaman web kita.

Sebagai SEO, bagaimana menyikapi permintaan perubahan konten di website dari tim bisnis? Apakah akan berpengaruh terhadap performanya?

Joe menjawab, jika perubahan yang dilakukan positif, jangan takut performa halaman kita menurun. Pun jika menurun, pasti akan kembali lagi atau bahkan peformanya jadi lebih baik.

Hal yang penting dilakukan adalah memastikan perubahan yang dilakukan positif dan sudah diriset terlebih dahulu.

Reza juga menambahkan bahwa tugas SEO adalah menjembatani antara kepentingan bisnis dan website. Sebaiknya, jika akan melakukan perubahan-perubahan pada website, gunakan data sebagai dasar pengambilan keputusannya.

Tips Membangun Karier di Industri Digital Marketing: Wawancara dengan Aileen Velishya

Tim DailySEO ID juga berkesempatan mewawancarai Aileen Velishya (Digital Marketing Manager at PT Era Ventura Indonesia) terkait tips berkarier di industri digital marketing dan SEO.

Tim DailySEO ID: Kak Aileen saat ini posisinya sebagai digital marketing manager. Nah, bagaimana sih day-to-day dari seorang digital marketing manager?

Aileen Velishya: Sebagai digital marketing manager di Era Ventura Indonesia, saya manage end-to-end digital marketing activity untuk lima brand. Day-to-day biasanya supervise, strategizing, dan review hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas dan inisiatif digital marketing di kantor.

Tim DailySEO ID: Bagaimana journey Kak Aileen berkarier di digital marketing sampai jadi manager? Apakah ada bantu loncatan yang membuat Kak Aileen cepat naik ke posisi saat ini?

Aileen Velishya: Awalnya di 2019, waktu itu join Lifepack sebagai operational. Namanya juga startup, pasti cukup agile. Jadi, waktu itu mereka sedang butuh content writer dan saya mengajukan diri karena saya percaya saya mampu dan ada bekal sering mengerjakan project penulisan sejak kuliah. Sederhananya, saat itu saya di-challenge dan berhasil. Setelah itu saya pindah ke tim commercial sebagai content writer.

Dari yang awalnya sendirian sebagai content writer, saya jadi bangun tim di sana. Saya manage 6 orang dan handle 3 brand. Akhirnya dipromosi jadi content lead.

Nah, karena merasa butuh tantangan dan ingin keluar dari comfort zone. Saya apply dan pindah ke Mekari sebagai senior copywriter. Ketika di Mekari, kurang dari satu tahun saya di-reach out untuk jadi senior growth marketing di Tokopedia. Jadi, sepertinya batu loncatannya itu ketika kontribusi di Tokopedia.

Baca Juga:   Domain Murah & Gratis Kurang Bagus untuk SEO: Sitemap/Peta Situs Tidak Bisa Diakses Google

Tim DailySEO ID: Apa tips supaya career growth-nya cepat seperti Kak Aileen?

Aileen Velishya: Jangan limitasi diri sendiri, apalagi buat para first jobber. Selama kita punya kesempatan untuk belajar, lakukan saja. Jangan lupa juga untuk bangun personal branding.

Tim DailySEO ID: Apa pendapat Kak Aileen tentang personal branding?

Aileen Velishya: Itu penting. Punya reputasi yang bagus itu seperti punya golden ticket, sangat membantu. Saya juga di-hire Tokopedia kan salah satunya karena itu.

Tim DailySEO ID: Apa tips buat teman-teman yang bekerja di startup kecil?

Aileen Velishya: You have to have a growth mindset. Punya keinginan untuk belajar. Kita harus seperti spons, siap menyerap ilmu dari sekitar kita. Nah, keuntungannya kalau bekerja di startup kecil itu kita bisa langsung belajar dengan founder-nya langsung, yang mana ini sangat berguna untuk saya sampai sekarang.

Tim DailySEO ID: Kenapa memilih jadi manager alih-alih individual contributor?

Aileen Velishya: Saya punya rencana besar untuk bangun bisnis sendiri. Jadi, ini juga sarana belajar sambil saya kontribusi.

Tim DailySEO ID: Ada tips buat para aspiring digital marketer yang baru mulai karier mereka?

Aileen Velishya: Bangun USP diri, perdalam technical skills, dan seperti yang saya singgung di awal tadi, bangun personal branding.

Wawancara Eksklusif: Erwin Petas, Inisiator SEO Summit

Terakhir, tim DailySEO ID juga mewawancarai Erwin Petas (SEO Manager kumparan) selaku inisiator di balik terlaksananya konferensi ini.

Tim DailySEO ID: Mas Erwin, bagaimana perasaannya bisa sukses mengadakan konferensi ini?

Erwin: Senang sekaligus terharu. Apalagi ini acara pertama kali dan niat awalnya sebenarnya tidak seserius itu. Tapi ternyata penuh, antusiasme peserta juga bagus, engagement-nya hidup. Jadi, saya senang sekali bisa mengadakan SEO Summit ini.

Tim DailySEO ID: Apakah akan ada event selanjutnya dari Mas Erwin dan Digital Talkline?

Erwin: Kita punya rencana roadshow dan akan dikejar di Oktober tahun ini. Kita akan ke Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Di samping itu, kita juga akan tetap adakan weekly webinar dan monthly SEO meetup.

Tim DailySEO ID: Apa harapan Mas Erwin buat teman-teman di industri SEO?

Erwin: Inginnya kita belajar, diskusi, dan sharing bersama. Kita harus kompak. Ke depannya inginnya industri SEO dan digital marketing Indonesia semakin maju. Ini bisa kita capai kalau dilakukan bersama-sama.


Demikian rangkuman dari SEO Summit Indonesia 2023, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang belum berkesempatan hadir.

Gabung ke grup Telegram dan follow Instagram DailySEO ID agar teman-teman tidak ketinggalan kabar terbaru, tips, serta best practice dari SEO dan digital marketing.

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Technical SEO Consultant at Paradox Marketing | Contributor at DailySEO ID | SEO geek, AMA about SEO, I'd be glad to help.

Write A Comment