Merasa bingung dengan pilihan SEO tools yang tersedia di market atau internet saat ini?

Ada yang fiturnya terlalu sedikit atau alakadarnya, ada pula yang kuat hanya di satu aspek saja, misalnya kuat di fitur backlink checker, find link, crawl audit, atau datanya kurang akurat karena menggunakan data pihak ketiga.

Lalu, adakah yang fiturnya lengkap dengan akurasi penyajian data yang tinggi? Jawabannya, ada!

Silakan baca tulisan ini untuk menambah wawasan kita mengenai SEO tools yang akan kami ulas secara eksklusif di bawah ini.

Sekilas Mengenai SEO Tools

SEO tools merupakan alat bantu kerja untuk para praktisi SEO dalam menjalankan aktivitas search engine optimization.

Mulai dari memberikan informasi permasalah yang ada di dalam website (contoh: Soft error pages, missing alt text, broken link, slow site speed, dan seterusnya), melakukan keyword research, mengecek website kompetitor atau persaingan di SERP (search engine results page), hingga saran optimasi yang harus teman-teman lakukan sebagai praktisi SEO.

Dan salah satu SEO tools yang wajib teman-teman tahu dan gunakan, khususnya bagi Anda seorang SEO yang mengoptimasi enterprise website adalah Botify.

Perkenalkan Botify

Botify terbentuk di tahun 2011, menawarkan beberapa fitur untuk membantu enterprise website (website berskala besar dan kompleks) dalam meningkatkan traffic dan revenue dari organic search (penelusuran organik).

Botify mengerti betul betapa pentingnya organic search sebagai bagian dari salah satu channel digital marketing.

Kemudian, jika selama ini kita hanya tahu cara kerja search engine seperti ini:

Crawl > Index > Rank

Maka Botify menawarkan sesuatu yang baru (yang tidak pernah terpikirkan oleh saya) mengenai cara kerja organic search dan sangat berguna untuk setiap aktivitas SEO yang kita jalankan untuk mendatangkan revenue, yaitu:

Known Pages > Crawl > Index > Rank > Convert

  • Known pages – Halaman yang di-crawl oleh Botify
  • Crawl – Halaman yang di-crawl oleh Google
  • Index – Halaman yang di-index oleh Google
  • Rank – Halaman yang ter-index Google dan mendapatkan ranking (impressions)
  • Convert – Halaman yang mendapatkan traffic dan revenue

Dari langkah yang Botify hadirkan di atas, kita mendapatkan “step tambahan” yaitu: Known pages, dan convert.

Dan perhatikan titik step yang terakhir yakni convert, karena tidak jarang dari kita mungkin sering mengabaikan hal yang satu ini, namun sebenarnya ia sangatlah penting.

Karena SEO itu bukan hanya sekedar ranking (apalagi backlink), namun juga bagaimana SEO dapat membantu meningkatkan kinerja website untuk mendatangkan dan meningkatkan revenue.

Dan yang membuat saya juga merasa luar biasa, ternyata data yang disajikan Botify ini 100% akurat, ini didapat karena mereka melakukan proses crawling sendiri plus integrasi dengan Google Search Console & Google Analytics kita sendiri, sehingga tidak menggunakan data pihak ketiga. Luar biasa bukan?

Bisa dibilang Botify ini adalah all in one solution untuk aktivitas optimasi SEO khusus untuk website enterprise.

Enterprise SEO Website sendiri didefinisikan sebagai serangkaian proses optimasi meningkatkan visibilitas website untuk perusahaan-perusahaan besar. Secara umum proses optimasi enterprise SEO mencakup scaling content (penskalaan konten), technical SEO management (manajemen SEO teknis), dan automation (otomatisasi).

Karena Botify menyajikan “a unified data model to deliver actionable insights” (model data terpadu untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti), antara lain:

  • Website Crawl Data – integrasi dengan 1.200 metrics dalam area technical & content per URL-nya
  • Log File Analysis – Memvalidasi apa yang Google dan search engine lainnya lihat pada website Anda sehari-hari
  • Keywords Data – Integrasi data Google Search Console untuk mengetahui bagaimana users menemukan website Anda
  • Engagement Analytics – Analitik traffic web, konversi, dan data pendapatan
  • Custom Data – Elemen-elemen data custom dari Botify yang bisa Anda ekstrak
Baca Juga:   Google: Jangan Khawatirkan Negative SEO, Praktisi SEO: Masih Ada!

Selain itu, Anda juga akan mendapati model data terpadu dari Botify mulai dari site structure, search engine indexation, real keyword data, dan traffic & business data.

Selain itu, tim DailySEO ID memiliki kesempatan yang istimewa, karena bisa melakukan sesi interview (wawancara) dengan Patrecia Widjaja, Senior Client Partner, Botify.

Penasaran bagaimana tanggapan beliau? Silakan lanjut membaca.

Wawancara Eksklusif: Mengulas Tren SEO oleh Botify dan Bagaimana Botify Masuk ke Market SEO Tools di Indonesia

1. Apa itu Botify?

Botify adalah SEO tools yang memberikan solusi full-funnel untuk perusahaan tingkat enterprise. Botify meniru cara kerja search engine bot saat berinteraksi dengan situs Anda. Hal ini termasuk crawling, rendering, indexing, ranking, hinga conversion.

2. Apa keunggulan dan perbedaan yang Botify tawarkan dibandingkan platform SEO lainnya di pasaran?

Kesalahan pada tahap search engine berinteraksi dengan website akan mempengaruhi ranking dan conversion website Anda.

Oleh karena itu, Botify mencoba mengidentifikasi masalah dan peluang yang ada, dan kami membantu tim SEO untuk memperkuat dampak positif yang bisa dihasilkan perusahaan melalui channel organik.

Termasuk untuk mendapatkan pelanggan dan meningkatkan revenue.

Botify Dashboard
Botify Dashboard

Salah satu keunggulan Botify adalah kami menggunakan beberapa sumber data pihak pertama ke dalam satu platform. Termasuk data dari hasil crawl yang Botify lakukan dengan cepat dan unlimited terhadap website berskala besar, serta terintegrasi secara rapi dengan file log website Anda, API Google Search Console, dan platform analisis seperti Google Analytics, Adobe Analytics, dan AT Internet.

Dengan laporan data yang lengkap, tim SEO Anda dapat mendiagnosis berbagai macam problem dan saran tindakan yang tampil, serta melihat dampak dari setiap perubahan yang dilakukan.

Anda juga dapat menggunakan Botify untuk meningkatkan crawl ratio dan mengoptimasi internal link dalam skala besar.

Selain itu, Botify juga membantu tim Anda untuk menghemat waktu dalam pengerjaan optimasi SEO. Oleh sebab itu Botify memiliki road map dengan saran tindakan sesuai prioritas untuk memandu tim bekerja secara terukur, yang didukung oleh Botify machine learning.

Botify juga memiliki kemampuan automation dalam merender JavaScript secara dinamis dan mengirimkan halaman ber-value tinggi ke search engine agar dapat di-index lebih cepat dan mengurangi beban frekuensi search engine untuk meng-crawl website Anda.

3. Menurut observasi Botify, seperti apa tren SEO di tahun 2022, baik di Internasional maupun di Indonesia? Manakah yang menurut Botify paling krusial?

Kita tahu sejak awal pandemi, transformasi digital terjadi begitu besar dan cepat. Penerapan PPKM dan tagline “di rumah aja” diseluruh dunia menjadikan masyarakat mulai melek digitalisasi, sehingga memaksa semua kategori bisnis untuk cepat beradaptasi dengan era digital ini.

Asia Tenggara mengalami pertumbuhan transaksi digital paling tinggi, dengan perkiraan nilai barang dagangan bruto e-commerce menjadi berlipat ganda dan menyentuh angka US$254 miliar dalam waktu lima tahun ke depan, dan tidak ada tanda yang menunjukkan penurunan.

Baca Juga:   Bukan Sekedar Ranking: Apa Itu SEO, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Mengapa SEO Penting?

Luar biasanya, Indonesia memimpin dalam hal ini.

Dengan tingginya transaksi digital tadi, perusahaan-perusahaan “saling sikut” untuk menarik pelanggan. Namun karena tingginya biaya iklan digital membuat perusahaan memutar otak untuk mengoptimalkan strategi organic search mereka.

Seperti yang kita ketahui, channel organic search kini sudah menjadi ruang sangat dinamis dan terus berubah-ubah, sebagai contoh Google telah melakukan lebih dari 3.000 algoritma update pada tahun 2021.

Dan pada saat yang sama, Google berencana untuk mengurangi resource yang mereka gunakan untuk meng-crawling website dengan penerapan protokol IndexNow yang sedang mereka kerjakan.

4. Bagaimana platform Botify bisa membantu penggunanya dalam tren tersebut?

Botify dapat membantu strategi organic search perusahaan enterprise melalui pendekatan holistik SEO dengan memberikan visibilitas dan kontrol penuh.

Tidak hanya itu, Botify juga menyediakan unlimited data dan kami membantu klien kami untuk memahami data-datanya tersebut.

Dengan strategi dan tindakan yang tepat memungkinkan Anda untuk meningkatkan dampak positif bagi bisnis.

Botify juga bertindak sebagai manajemen resiko, yang membantu mengurangi risiko kehilangan traffic melalui real-time alert tentang berbagai macam jenis masalah yang dapat menjadi faktor negatif bagi enterprise website.

5. Kami melihat belum banyak pengguna Botify di Indonesia. Bagaimana strategi go-to-market Botify untuk masuk ke market Indonesia? Misalnya, apakah Botify menyediakan free trial atau free tools?

Kami masih relatif baru di Indonesia, namun kami memperoleh insight penting dari beberapa jenis bisnis yang paling cocok menjadi target market kami.

Kami lebih fokus pada website berskala besar dengan banyak halaman di dalamnya. Seperti e-commerce platform, marketplace, listing website, dan situs berita/media online dengan stuktur yang kompleks dan jumlah halaman yang sangat banyak.

Salah satu klien Botify di Indonesia adalah Bukalapak, dan kerjasama ini memberikan kami gambaran apa yang bisa kami lakukan dan value yang bisa kami bawa untuk bisnis di Indonesia.

Dalam hal ini, kami lebih memilih untuk membicarakan apa misi kami, dibanding membahas strategi market untuk Indonesia dan SEA.

Misi kami adalah menjadi bagian utama dari pertumbuhan traffic dan pelanggan di e-commerce dan digital Asia.

Saat ini adalah momen yang exciting bagi kita semua, karena pasca-COVID, ada perubahan besar dalam kebiasaan konsumen, sehingga perlu menerapkan strategi dan teknolgi organic yang tepat serta berkelanjutan untuk memenuhi demand yang meningkat.

Perusahaan Indonesia yang inovatif berpeluang besar untuk menjadi pemenang di organic search dengan cara yang efisien dan tanpa ketergantungan dengan iklan berbayar.

Itulah misi Botify, dan kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan perusahaan inspiratif seperti Bukalapak, Carousell, dan Zalora (dan beberapa perusahaan lagi yang akan kami umumkan!)

6. Terkait dengan pertanyaan di atas, apa langkah-langkah yang akan Botify lakukan untuk bersaing dengan SEO tools lainnya yang sudah mendapatkan tempat di Indonesia seperti Ahrefs, Semrush, Ubersuggest, hingga Screaming Frog?

Botify sendiri hadir di tahun 2011, jadi kehadiran kami di industri SEO bersama dengan nama-nama tools tersebut bukanlah hal baru bagi kami, meskipun kami termasuk pendatang baru di Indonesia.

Beberapa klien Botify juga menggunakan Ahrefs atau SEMRush sebagai tools pelengkap untuk menjalankan strategi SEO tertentu seperti competitor dan backlink research.

Pada dasarnya, Botify lebih mengedepankan proses SEO dengan pengoptimalan dari sisi website Anda sendiri. Karena Botify melihat bahwa competitor dan backlink research dapat menjadi lapisan kedua dalam optimasi SEO, dan oleh sebab itulah kami dengan bangga dapat terintegrasi dengan SEMRush pada akhir tahun ini.

Baca Juga:   SEO Spammer Membuat Google Makin Lambat Melakukan Crawling & Indexing Setiap URL

Perbedaan lainnya antara Botify dengan SEO tools lainnya adalah Botify mampu mengambil unlimited insight dari first party data yang Anda gunakan. Karena Botify yakin first party data merupakan data yang sangat akurat untuk membantu proses optimasi website Anda.

Kami juga bangga dengan kemampuan Botify dalam menganalisis dan mengoptimalkan big data, yang menjadikan kami sebagai platform utama untuk brand dan website ternama.

Dengan tim yang terdiri dari 90 orang di departemen R&D kami, Botify telah dibangun dan berkembang selama bertahun-tahun untuk memudahkan workflow tim SEO melalui machine learning dan automation.

Beberapa kapabilitas automation yang kami luncurkan antara lain: SpeedWorkers, engine yang dapat melakukan pra-render dan menyajikan JavaScript langsung ke search engine bot sehingga high quality content milik Anda bisa lebih banyak di-index oleh search engine.

7. Terakhir, apa tips, saran, dan best practice yang Botify sarankan untuk para praktisi SEO di Indonesia?

Berbicara mengenai praktisi SEO di Indonesia, sepertinya mereka akan langsung mengerti siapa dan apa yang Botify lakukan, dan juga mengetahui manfaat dari decision making dan activation yang didukung oleh AI engine.

Hal ini sangat penting terutama untuk tim SEO dengan jumlah yang besar, dan ketika ada perubahan yang mengakibatkan penundaan pengembangan yang lama.

Hal lain yang kami temukan adalah kurangnya kesadaran para praktisi SEO di Indonesia dalam memahami dampak yang diberikan SEO ke dalam perkembangan bisnis. Karena teknologi dan strategi yang tepat hanyalah salah satu alat bantu untuk mencapai business goals.

Business case perlu dibuat untuk SEO modern, dan para praktisi SEO perlu dilatih untuk dapat membuatnya.

Jika kita lihat secara menyeluruh, perubahan kebijakan privasi membuat paid media jauh lebih tidak efektif, karena ada tuntutan lebih besar dalam transparansi data, fitur cookie yang dihapus, serta meningkatnya tuntutan pertumbuhan dan kinerja bisnis, dengan marketing resource dan pengembangan yang menurun, sudah jelas bahwa business case untuk organic search semakin dibutuhkan saat ini.

Tidak ada bisnis yang ingin meningkatkan penjualan dan profit, namun keluar banyak biaya untuk memasang iklan. Pada akhirnya, organic search akan memiliki perang yang penting, dan para praktisi SEO harus bisa menjadi decision maker dengan menerapkan business case yang tepat dan mempresentasikan hal-hal yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan performa bisnis.

Hal di atas juga adalah bagian dari misi Botify, dan kami juga ingin mengedukasi industri SEO di Indonesia agar bisa mewujudkan business case tersebut kedepannya.

Penutup

Itulah tanggapan dari Patrecia Widjaja, Senior Client Partner, Botify, mengenai tren SEO di tahun ini, pandangan SEO secara global maupun di Indonesia, dan juga saran untuk industri SEO di Indonesia.

Bagaimana? Sangat insightful bukan interview DailySEO ID dengan Botify ini?

Sebagai catatan, masih banyak para praktisi SEO yang masih “mengagungkan” backlink, alexa rank, dan semisalnya, namun nyatanya SEO lebih daripada itu, karena ada dampak positif yang bisa didapatkan bagi pertumbuhan bisnis dengan penerapan dan strategi SEO yang tepat. Setuju?

Mari bersama-sama menciptakan industri SEO yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini! 

Silakan berikan tanggapan Anda mengenai tulisan dan interview di atas di kolom komentar ya! Dan jangan lupa bagikan artikel ini!

Sumber:

Interview Eksklusif DailySEO ID x Botify

https://backlinko.com/hub/seo/enterprise

https://www.searchenginejournal.com/enterprise-seo/what-is-enterprise-seo/

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

Write A Comment