Beberapa hari belakangan ini, muncul banyak keluhan dari pengguna Google Search Console karena gagal untuk melakukan indexing manual dan menerima pesan eror “Failure: hostload exceeded” atau “Gagal: beban host terlampaui“.

Pesan eror seperti gambar di atas akan muncul ketika pengguna melakukan “request indexing” pada kolom URL Inspection Tool di Google Search Console. Meskipun tidak dialami oleh semua pengguna, namun nampaknya masalah ini berdampak secara global.

Masalah Bukan dari Sisi Hosting

Pesan eror tersebut mengindikasikan bahwa seakan-akan penyebab masalahnya berada pada sisi web host.

Setidaknya dari beberapa sumber di forum SEO, mereka yang menemukan pesan eror ini menggunakan hosting provider yang berbeda-beda, seperti Domainesia dan Jagoan Hosting.

Jagoan Hosting sendiri telah memberikan konfirmasi akan kemunculan masalah ini dan mengumumkan bahwa:

Upaya-upaya investigasi terkait dengan penyebabnya hingga berkoordinasi dengan beberapa provider hosting lain masih terus kami lakukan, mengingat issue ini dialami oleh banyak website di dunia. 

Saat ini kami melakukan yang terbaik untuk dapat memberikan solusi terbaik bagi Sobat Jagoan. Kami akan sesegera mungkin menginformasikan apabila ada update terkait issue berikut. 

Hostinger juga mengumumkan bahwa mereka telah melakukan investigasi terkait hal ini, di tanggal 20 Oktober, dan telah berhasil mengatasinya di tanggal 21 Oktober.

Namun, pelaporan kemunculan pesan error ini masih terus berlanjut sehingga kemungkinan besar masalahnya bukan muncul dari sisi hosting.

Klarifikasi dari Google

Google telah menyadari akan banyaknya keluhan pengguna tersebut dan di tanggal 22 Oktober, John Mueller lewat akun X nya memberikan respon dengan mengatakan bahwa kemunculan eror tersebut disebabkan karena adanya aksi spamming dalam penggunakan URL Inspection Tool yang membuat Google menjadi overload.

Ia juga menyarankan untuk jangan terlalu mengkhawatirkan hal ini, mengingat proses normal indexing dan crawling Google masih berjalan baik-baik saja.

Baca Juga:   Google Umumkan Core Algorithm Update September 2022. Traffic Akan Naik atau Turun Ya?

Apa yang Perlu Dilakukan?

Bagi teman-teman yang masih menemukan pesan eror ini, tidak ada yang perlu teman-teman lakukan selain sabar menunggu. Karena, penyebab error nampaknya berasal dari sisi Google sendiri.

Selain itu, hingga artikel ini ditulis setidaknya sudah ada beberapa orang yang melaporkan bahwa mereka sudah bisa melakukan indexing manual kembali tanpa harus melakukan apapun.

Jadi, seharusnya dalam beberapa hari ke depan masalah ini sudah dapat tuntas teratasi.


Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk belajar SEO di sini.

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment