Dua hari lalu (22 Agustus), Google baru saja meluncurkan broad core update terbarunya yaitu August 2023 Core Update. Peluncuran update ini diumumkan oleh Google lewat akun Twitter Google Search Central dan juga telah ditambahkan pada Google Search Status Dashboard.

Seperti beberapa core update sebelumnya, core update ini diperkirakan akan memakan waktu hingga dua minggu lebih untuk selesai rilis.

Mengapa Google Rutin Mengeluarkan Core Update

Setiap beberapa kali dalam setahun, Google memang rutin melakukan pembaruan menyeluruh terkait algoritma pencarian mereka, yang dikenal dengan core update. August 2023 core update merupakan broad core update Google yang kedua tahun ini, dimana broad core update sebelumnya, March 2023 Core Update, dirilis lima bulan lalu.

Pembaruan rutin ini utamanya ditujukan untuk menjaga hasil pencarian di Google tetap relevan demi menghadirkan pengalaman pencarian yang lebih baik, secara keseluruhan. Alhasil, imbas yang dirasakan dari update ini juga biasanya lebih luas.

Hal ini yang membedakan core update dengan update algoritma spesifik lainnya yang hanya menargetkan sebagian aspek atau jenis konten saja. Misalnya Product Reviews Update yang secara khusus ditargetkan untuk konten ulasan produk.

Dampak dari Core Update

Core update dapat menyebabkan perubahan posisi ranking halaman web di hasil pencarian, baik itu meningkat maupun menurun, atau bahkan tidak mengalami perubahan sama sekali.

Namun Google menegaskan, penurunan ranking setelah peluncuran core update bukan merupakan penalti manual atau kesalahan pada halaman web atau konten tersebut.

Baca Juga:   Topical Authority adalah Sistem Ranking Google

Terjadinya perubahan posisi ranking setelah core update adalah karena adanya penyesuaian pada algoritma Google sehingga sebagian halaman web mungkin akan mendapatkan reward lebih besar dari sebelumnya, yang mengakibatkan ranking-nya meningkat dan menggeser posisi halaman web lain di atasnya.

Di Indonesia sendiri, hasil pemantauan kami di berbagai grup/komunitas SEO 2 hari terakhir, belum ada yang melaporkan perubahan signifikan dari traffic-nya.

Hal ini berbeda dibanding Core Update Maret 2023 kemarin yang dalam satu hari sudah berdampak ke beberapa website.

Cara Menanggapinya

Karena perubahan algoritma core update bersifat umum, tidak ada langkah spesifik yang perlu teman-teman terapkan untuk menanggapinya.

Tetapi jika teman-teman menemukan traffic website teman-teman mengalami penurunan setelah perilisan core update, Google menyarankan untuk coba meninjau kembali apakah masih ada ruang untuk memperbaiki kualitas konten web teman-teman.

Hal ini bisa teman-teman lakukan dengan langkah berikut:

  1. Mengidentifikasi halaman web mana saja yang mengalami penurunan traffic
  2. Menemukan search queries spesifik yang mengalami penurunan ranking
  3. Melakukan audit kualitas konten untuk semua halaman yang mengalami penurunan performa lewat pertanyaan-pertanyaan di sini.

__________

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk ikut series webinar selanjutnya di sini ya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Baca Juga:   Resmi! Google Luncurkan July 2022 Product Review Update
Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment