Di era digitalisasi, informasi beredar dengan sangat cepat, sehingga istilah Brand Mention (Penyebutan Merek) semakin akrab di telinga kita.

Apakah teman-teman sudah tahu definisi dari brand mention?

Lalu, apakah brand mention ini berpengaruh terhadap performa website dan bisnis Anda?

Untuk mengetahuinya, silakan teman-teman baca artikel ini dengan saksama hingga selesai.

Apa itu Brand Mention?

Sederhananya, brand mention adalah suatu referensi atau penyebutan nama brand (merek) di suatu platform online tanpa menyertakan backlink (tautan balik), brand mention juga sering disebut dengan istilah Brand Alerts.

Secara luas, brand mention berarti penyebutan brand setiap kali muncul di dalam teks, gambar, atau video, baik dalam ulasan produk, media sosial, atau di artikel sebuah website.

Istilah brand mention ini tidak hanya untuk menunjukkan eksistensi sebuah brand secara digital, tetapi juga dapat memengaruhi brand image (citra merek) dan membangun interaksi dengan audiens.

Interaksi yang dimaksud berupa rekomendasi dari pengguna hingga ulasan positif terhadap produk brand tersebut.

Setiap brand mention punya potensi untuk membangun kepercayaan dan promosi brand yang lebih luas.

Benefit Brand Mention untuk SEO

Meskipun formula yang digunakan Google dan search engine lainnya dalam menentukan ranking website dan brand tidak benar-benar diketahui secara pasti, kita cukup paham terkait apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak untuk meningkatkan performa website di search engine results page (SERP).

Baca Juga:   5 Red Flag Jasa Link Building yang Perlu Dihindari

Sampai saat artikel ini ditulis, Google dan Bing melihat brand mention sebagai sinyal ranking yang cukup kuat.

Walaupun backlink dianggap sebagai faktor yang lebih kuat, brand mention juga tidak kalah bermanfaat.

Brand mention adalah bukti bahwa ada sejumlah orang yang membicarakan sebuah brand, yang sudah lebih dari cukup untuk menyebutnya sebagai brand yang dikenal.

Faktanya, Google telah mengajukan paten yang mengacu bahwa penyebutan (merek) tanpa link sebagai “implied link (tautan tersirat)”, jadi kesimpulannya adalah brand mention itu penting.

Di lain sisi, Bing juga mulai mengasosiasikan brand mention tanpa menyertakan link memiliki pengaruh terhadap SEO.

Cara Melacak Brand Mention

Jika Anda merasa brand mention tanpa backlink ini penting, pastikan Anda menambahkan pelacakan brand mention ini ke dalam strategi SEO yang sedang berlangsung.

Teman-teman tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa tool dari yang gratis dan berbayar untuk membantu Anda menemukan brand mention tanpa backlink tersebut.

Berikut adalah tool populer untuk melacak brand mention yang bisa Anda coba:

Google Alerts

google alerts

Anda dapat menggunakan Google Alerts untuk melacak sejumlah kata atau frasa yang terkait dengan perusahaan Anda, kata atau frasa ini termasuk nama brand hingga nama produk.

Jika kata atau frasa yang Anda pilih disebut dalam suatu website, Anda akan mendapatkan notifikasi email pada hari berikutnya.

Hebatnya lagi, Google Alerts ini gratis, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sesuka hati tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Ahrefs

Ahrefs memiliki tool bernama Ahrefs Content Explorer, tool ini dapat membantu Anda mengetahui website mana saja yang me-mention brand Anda.

Dengan Ahrefs Content Explorer, Anda dapat dengan mudah mendapatkan hasil yang akurat dengan menerapkan pengecualian frasa, domain, atau keyword (kata kunci) tertentu apabila diinginkan.

Baca Juga:   Panduan Content Marketing Paling Lengkap tapi Praktis, Buat Praktisi & Pemilik Bisnis!

SEMRush

SEMRush memiliki fitur bernama Brand Monitoring yang dapat teman-teman gunakan untuk melacak dan mengidentifikasi brand mention website Anda.

Selain itu, kita juga dapat mengekspor brand mention yang didapat ke dalam format CSV yang tentunya akan memudahkan pekerjaan teman-teman dan membuat data yang ada lebih terorganisir.

BuzzSumo

BuzzSumo mirip dengan tool lainnya di atas, BuzzSumo memudahkan kita untuk melacak adanya brand mention dari berbagai jenis konten populer yang ada di internet.

Teman-teman bisa menggunakan tool ini untuk menemukan website yang menyebutkan nama brand, anggota tim, produk, tagline, dan yang lainnya.

Anda juga dapat menerapkan setting tertentu untuk mengecualikan hasil dari domain tertentu atau yang menyertakan keyword dan frasa tertentu.

Tips Memanfaatkan Brand Mention untuk Mendapatkan Backlink

Meskipun brand mention yang tidak memberikan backlink memberikan benefit tersendiri, teman-teman tetap bisa mengubah brand mention tersebut menjadi valuable backlink apabila:

  • Relevan, karena backlink dari website yang tidak relevan tidak akan ada artinya untuk SEO dan bahkan dalam beberapa kasus mungkin menyebabkan penalti.
  • Terpercaya, seperti brand mention dari website berita ternama dan website-website berkualitas lainnya.
  • Berpotensi mendatangkan traffic berkualitas tinggi ke website Anda.
  • Memiliki pagerank yang baik, artinya backlink tersebut memungkinkan Anda untuk mentransfer link equity.

Meskipun hal ini tidak mudah, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan backlink dari brand mention tersebut:

Merencanakan Proses Outreach Anda

Di dalam aktivitas digital marketing (pemasaran digital), biasakanlah untuk membuat perencanaan agar apa yang akan kita kerjakan lebih terukur dan dapat dipantau.

Rencanakan proses outreach (penjangkauan) teman-teman mulai dari pemilihan channel untuk menghubungi si pemilik website (misalnya: email), menyiapkan pesan, kapan waktunya, seperti apa benefitnya untuk mereka, dan seterusnya.

Baca Juga:   Mau Pakai Jasa Backlink yang "Katanya" Berkualitas? Perhatikan Hal Ini Dulu!

Menginformasikan Benefitnya

Informasikan benefitnya kepada mereka apabila mereka mau memberikan backlink kepada Anda.

Bisa saja benefit tersebut berupa materi atau non materi.

Sebagai contoh pesan benefit non materi: “Menyertakan link ke website kami berpotensi membuat artikel Anda menjadi lebih relevan, otoritatif, dan lebih bermanfaat untuk para audiens Anda”.

Lakukan Dengan Sopan

Semakin Anda sopan, maka semakin baik.

Cobalah ucapkan salam dan terima kasih yang tulus, dibarengi dengan beberapa pesan yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar membaca dan menikmati konten yang mereka punya dari awal hingga akhir.

Memberikan backlink atau tidak, itu adalah hak mereka, kita hanya perlu menyampaikannya dengan sopan, tulus, dan jangan berlebih-lebihan.

Langsung ke Intinya

Selain melakukannya dengan sopan, teman-teman juga harus menyampaikan pesan secara singkat, jelas, dan padat.

Selain menghindari kalimat yang berlebih-lebihan, hindari juga kalimat yang bertele-tele, karena mereka mungkin tidak akan membaca pesan Anda, bahkan mengabaikannya.


Demikian artikel tentang brand mention ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

https://rockcontent.com/blog/brand-mentions/

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment