Penulisan artikel tidak hanya mementingkan aspek technical atau on-page saja. Teman-teman wajib mempertimbangkan bagaimana dampak konten yang Anda buat terhadap pembaca.

Jika artikel yang kita tulis berisi informasi yang sembarangan atau tidak akurat, besar kemungkinan hal ini bisa mencelakakan user kita karena mengikuti tips & saran yang kita berikan.

Terlebih, website teman-teman mempunyai niche kesehatan.

Dalam ranah ini, digunakanlah konsep Your Money Your Life (YMYL) guna meningkatkan value dari informasi yang diberikan dalam artikel.

Apa Itu YMYL (Your Money Your Life)?

YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Life, sebuah konsep yang digunakan oleh Google untuk mengkategorikan halaman web yang memiliki dampak signifikan pada kesejahteraan, kesehatan, dan stabilitas finansial seseorang. 

Konten yang masuk kategori YMYL mencakup topik seperti kesehatan, keuangan, hukum, dan keamanan.

Halaman YMYL harus memenuhi standar kualitas yang tinggi karena informasi yang tidak akurat atau menyesatkan dapat berdampak negatif pada kehidupan pembaca.

Seberapa Penting YMYL untuk SEO?

Google sangat memperhatikan konten YMYL karena informasi yang tidak akurat pada topik ini dapat membahayakan pengguna. 

Oleh karena itu, halaman YMYL harus memenuhi standar E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) yang ketat. 

Baca Juga:   5 Jenis Konten Local SEO untuk Tingkatkan Organic Traffic

Jika situs web Anda membahas topik YMYL, teman-teman wajib membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi yang valid serta dapat dipercaya.

Sebisa mungkin, writer mempunyai background di bidang tersebut dan sudah di-review oleh pakarnya langsung guna menghindari kesalahpahaman informasi.

Teman-teman bisa melihat contohnya yang dilakukan oleh Halodoc. Melalui artikelnya yang membahas tentang “cara mengobati sariawan“, Halodoc menyelipkan di atas artikel bahwa tulisannya sudah di-review oleh seorang dokter.

Dok. Screenshot

Dengan adanya elemen tersebut, tentu saja user tidak akan ragu untuk mempraktikkan tips yang diberikan karena sudah di-review langsung oleh dokter.

Google akan memprioritaskan konten yang kredibel untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya.

Mengidentifikasi Topik YMYL

Tidak semua konten dianggap sebagai YMYL. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui topik mana yang termasuk dalam kategori ini.

Teman-teman dapat menyimak pembagiannya berikut: 

1. Sudah pasti YMYL

Beberapa topik yang pasti masuk dalam kategori YMYL meliputi:

  • Kesehatan: Artikel tentang diagnosis, pengobatan, atau pencegahan penyakit
  • Keuangan: Informasi terkait investasi, asuransi, pinjaman, dan manajemen keuangan
  • Hukum: Panduan hukum, dokumen legal, atau saran yang dapat berdampak pada kehidupan seseorang

2. Mungkin masuk YMYL

Topik yang mungkin termasuk YMYL jika kontennya dapat mempengaruhi kesejahteraan pembaca, misalnya:

  • Tips diet dan gaya hidup sehat
  • Review produk kesehatan dan kecantikan
  • Konten terkait keamanan digital

3. Bukan atau tidak mungkin masuk YMYL

Topik yang umumnya tidak dianggap sebagai YMYL adalah:

  • Hobi dan hiburan
  • Resensi film atau musik
  • Tutorial do it yourself (DIY) yang tidak berhubungan dengan kesehatan atau keamanan

Praktik Terbaik Membuat Konten di Sekitaran YMYL

Untuk memastikan konten YMYL Anda mendapat peringkat yang baik di Google, ikuti praktik terbaik berikut ini:

Baca Juga:   Apakah Outbound Link ke Website Lain Merupakan Faktor Ranking Google?

1. Mendapatkan backlink dari situs web terkemuka

Google memperhatikan otoritas dari situs yang memberikan backlink ke konten Anda. Dapatkan tautan dari situs web terkemuka di industri teman-teman untuk meningkatkan kredibilitas konten YMYL.

Bagaimana caranya? Anda bisa menghubungi situs web tersebut dan memberikan penawaran untuk memasang backlink yang mengarah ke situs web teman-teman.

Selain itu, Anda juga perlu membuat konten yang berkualitas supaya orang lain tidak akan segan memberikan backlink atau bahkan memberikannya dengan sukarela.

2. Undang pakar untuk memberikan insight

Menambahkan insight dari pakar industri atau profesional yang diakui dapat meningkatkan kepercayaan pembaca dan sistem search engine terhadap konten.

Interview atau kutipan dari ahli dapat menunjukkan bahwa konten Anda berbasis pada pengetahuan yang kredibel. 

Jika niche Anda kesehatan, bisa juga meminta tolong kepada seorang dokter untuk me-review artikel teman-teman. Hal tersebut persis seperti yang dilakukan oleh Halodoc.

3. Masukkan informasi penulis dengan jelas

Pastikan profil penulis disertakan di setiap artikel, terutama untuk topik YMYL. Profil penulis harus menunjukkan keahlian (expertise) dalam topik yang dibahas.

Meski niche kami tidak termasuk ke dalam YMYL, tetapi kami juga memasukkan profil penulis guna meningkatkan E-E-A-T di dalam konten kami.

Sebab, Google akan mengetahui bahwa penulis A sudah sering menuliskan tema X karena terindeks di search engine.

Dok. Screenshot

4. Pastikan akurasi dan kelengkapan informasi

Konten YMYL harus akurat dan komprehensif. Selalu gunakan sumber yang dapat dipercaya dan hindari informasi yang tidak diverifikasi. Konten yang akurat meningkatkan kepercayaan pengguna dan Google.

5. Selalu update content

Google lebih menyukai konten yang terbaru dan relevan. Selalu perbaharui konten dengan informasi terkini untuk menjaga peringkat di hasil pencarian.

Baca Juga:   5 Tips Optimasi Gambar di SEO, Lakukan Semua Agar Google & User Happy!

6. Tetap sabar dan konsisten

SEO untuk konten YMYL membutuhkan waktu dan konsistensi. Jangan berharap hasil instan, karena Google memerlukan waktu untuk mengevaluasi kredibilitas dan kualitas konten Anda. Fokuslah pada peningkatan yang berkelanjutan.

Berikan Value yang Bermanfaat dalam Konten untuk YMYL

Membuat konten yang memenuhi standar YMYL tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. 

Hal yang terpenting adalah selalu tulis konten berdasarkan informasi yang kredibel, relevan, serta memenuhi persyaratan E-E-A-T dari Google.

Dengan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan kepercayaan pengguna pada situs Anda.

Teman-teman dapat berbagi komentar atau memberikan insight tambahan di kolom komentar. Jangan lupa untuk bergabung dengan grup Telegram DailySEO.

Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin diskusi maupun bertukar wawasan dengan praktisi SEO lainnya. 

Bagi teman-teman pemula dan ingin memperdalam pemahaman tentang SEO, ikuti SEO Fundamental Course DailySEO Batch 8.

Kelas ini dirancang khusus untuk pemula dengan kurikulum yang komprehensif dan mudah diikuti oleh Anda yang baru memulai belajar SEO.

References:

What Is YMYL & How Does It Affect SEO?

YMYL Pages

What is YMYL and why it matters for SEO

What is YMYL in SEO? (+How to Optimize YMYL Content)

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment