Sebelumnya, DailySEO ID pernah membahas URL slug dan cara mengoptimasinya. Baru-baru ini, terdapat diskusi menarik tentang penggunaan huruf kapital (uppercase) untuk URL. Apakah hal ini diperbolehkan oleh Google?
Yuk, simak artikelnya sampai selesai!
Tidak Masalah Menggunakan Huruf Kapital pada URL
Awal diskusi ini dimulai di Bluesky. Terdapat saran oleh Jon Clark bahwa URL sebaiknya harus menggunakan huruf kapital semua.
Bahkan, Jon Clark mengklaim bahwa huruf kapital dalam URL dapat menimbulkan masalah dalam SEO.
John Mueller menanggapinya dengan “URL tidak harus huruf kecil, konsistensi adalah yang terpenting.”
Jadi, dari statement John Mueller tersebut, implikasinya adalah tidak masalah untuk menggunakan huruf kapital dalam URL.
Pada tahun 2015 juga, Google pernah memberikan pernyataan bahwa huruf kapital di dalam URL tidak berpengaruh pada ranking di SERP (Search Engine Result Page).
Konsistensi adalah Kunci
Jadi, tidak masalah untuk memasukkan huruf kapital di dalam URL. Namun, yang terpenting adalah konsistensi.
Jadi, jangan menulis URL dengan huruf besar dan huruf kecil karena akan tidak enak dibaca oleh user.
Misalnya, di website teman-teman ada yang memakai URL seperti a.com/SalonPas-BEli-SeKarang. Hal ini juga mempersulit praktisi SEO jika suatu saat ingin melakukan redirect. Dikarenakan hal tersebut, URL secara umum, sebaiknya hanya menggunakan huruf kecil saja.
Oleh karena itu, teman-teman harus konsisten dalam menuliskan URL di setiap konten baru yang akan publish di website.
Jika teman-teman punya masalah mengenai URL atau permasalahan SEO lainnya, Anda bisa berdiskusi dengan para praktisi SEO di Indonesia lewat grup Telegram DailySEO ID.
Selain itu, Anda juga bisa mengikuti SEO Fundamental Course DailySEO batch 8 untuk mulai belajar SEO dari nol hingga mahir dibantu oleh founder kami, Muhammad Ilman Akbar.
References: