Ketika AI atau artificial intelligence (kecerdasan buatan) menjadi lebih canggih, sejumlah aspek perlu melakukan adaptasi.
Termasuk juga di Search Engine Optimization (SEO).
SEO harus beradaptasi dengan hadirnya AI.
Kenapa? Karena AI mampu menganalisis data dengan kecepatan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.
Anda ingin memahami bagaimana dampak AI terhadap SEO? Silakan baca artikel ini hingga selesai.
Daftar Isi
- Apa itu AI SEO?
- Potensi Pengaruh dan Manfaat AI Terhadap SEO
- Manajemen Keyword dan Anchor Text
- Pembuatan dan Analisis Konten
- Menganalisis Traffic dan Ranking
- Membantu Alur Kerja SEO
- Memprediksi Ranking
- Analisis Algoritma Search Engine
- Memantau dan Menganalisis Persaingan
- Kontrol yang Lebih Leluasa Terhadap Ranking SERP
- Ranking yang Stabil dan Konsisten
- Mengontrol Fokus SEO
Apa itu AI SEO?
Artificial Intelligence SEO atau AI SEO adalah sebuah istilah yang merujuk kepada proses optimasi search engine (mesin pencari) dengan memanfaatkan teknologi AI.
Dengan AI, aktivitas SEO berpotensi akan menjadi lebih efisien dan efektif.
AI mampu memberikan saran terbaik, lebih terfokus terhadap mana yang lebih penting mana yang tidak, mampu belajar dari setiap aktivitas SEO yang kita lakukan dan dari sumber-sumber yang ia dapatkan.
Potensi Pengaruh dan Manfaat AI Terhadap SEO
Seperti apa pengaruh AI terhadap search engine optimization? Dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk aktivitas SEO yang efisien dan efektif di masa mendatang?
Berikut adalah ulasannya:
Manajemen Keyword dan Anchor Text
Potensi pengaruh dan manfaat AI di SEO adalah tentang keyword (kata kunci) dan anchor text (teks jangkat).
Keyword research (riset kata kunci) merupakan salah satu aspek terpenting dari SEO. Aktivitas ini selalu memakan waktu dan terkadang membosankan, tetapi dengan bantuan AI, proses ini akan menjadi lebih mudah dan efisien.
Riset keyword berbasis AI tidak hanya membantu Anda dalam menganalisis keyword, tetapi juga membantu Anda dalam penerapan anchor text (teks jangkar), pemilihan variasi keyword, hingga semantic keyword (kata kunci semantik).
Pembuatan dan Analisis Konten
Menyajikan konten yang berkualitas dan bisa dipercaya bagi audiens tetap menjadi hal yang penting dan utama.
Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan konten adalah dengan menggunakan bantuan AI.
Contoh yang paling hangat adalah ChatGPT yang saat artikel ini ditulis masih terus mengembangkan GPT-3 dan GPT-4.
Menganalisis Traffic dan Ranking
Memahami ranking dan pertumbuhan traffic website merupakan hal yang sangat penting di SEO.
Saat ini para praktisi SEO menggunakan Google Analytics (GA), GA adalah tool SEO yang sangat bermanfaat, tetapi cukup memakan waktu dalam menginterpretasikan data.
Sementara dengan bantuan AI, nantinya Anda akan mendapatkan prediksi dan juga peringatan tentang ranking website sekaligus dapat mengidentifikasi kendala serta tindakan lanjutan secara otomatis.
Membantu Alur Kerja SEO
SEO adalah proses yang kompleks yang memiliki banyak langkah di dalamnya, mulai dari keyword research, link building, hingga optimasi on page.
Dengan adanya tool berbasis AI, Anda akan dibantu dalam mengotomatiskan berbagai SEO tasks tersebut sehingga Anda bisa fokus pada aspek bisnis lainnya.
Memprediksi Ranking
Ada sejumlah faktor yang memengaruhi ranking sebuah website, misalnya seperti: backlink, optimasi on page, hingga social signal (sinyal dari media sosial).
Dengan begitu banyaknya faktor ranking tersebut, sulit bagi kita untuk menentukan tindakan mana yang akan berdampak paling besar terhadap ranking website Anda.
Nah dengan AI, Anda akan dibantu dalam menganalisis semua faktor yang ada dan memprediksi bagaimana masing-masing faktor akan memengaruhi ranking website Anda.
Kemudian informasi yang didapat ini bisa digunakan untuk mengembangkan strategi SEO yang efektif yang lebih mungkin untuk mendapatkan ranking terbaik.
Analisis Algoritma Search Engine
Teman-teman pasti tahu bahwa algoritma Google terus berubah dan akan selalu diperbarui, ditambah lagi kita terkadang sulit untuk mengikuti pembaruan tersebut.
Hal ini sering berdampak pada proses audit website yang memakan waktu.
Meskipun tool audit yang ada saat ini memungkinkan Anda untuk mengetahui perubahan algoritma terbaru, di masa yang akan datang, AI akan membantu Anda dalam menganalisis website secara menyeluruh dan mengidentifikasi tanda bahaya yang berpotensi menyebabkan hukuman atau penalti dari Google.
Informasi yang kita dapat ini kemudian bisa digunakan untuk melakukan perubahan yang diperlukan.
Memantau dan Menganalisis Persaingan
Sampai saat artikel ini ditulis, ada sejumlah tool yang dapat membantu teman-teman dalam memantau dan menganalisis persaingan dengan kompetitor, namun sayangnya ada banyak tindakan yang harus dilakukan secara manual.
Di masa yang akan datang, AI dapat melakukan semua pekerjaan kompleks tersebut untuk Anda.
AI akan mengidentifikasi setiap perubahan yang kompetitor Anda buat sekaligus menganalisis bagaimana dampaknya terhadap website Anda.
Terdengar sangat menarik bukan?
Kontrol yang Lebih Leluasa Terhadap Ranking SERP
Kita memiliki keterbatasan dalam mengontrol ranking website di Search Engine Results Page (SERP).
Jika Anda ingin mendapat ranking yang lebih baik, teman-teman perlu memprioritaskan strategi SEO, memilih taktik, kemudian menerapkannya, lalu berharap algoritma Google akan memberikan benefit positif.
Di masa depan, para praktisi SEO berpotensi memiliki kontrol lebih besar terhadap ranking website di SERP.
AI akan menganalisis website Anda, mengidentifikasi aspek penting untuk meningkatkan ranking, hingga memprioritaskan dan melakukan implementasi strategi secara otomatis.
Ranking yang Stabil dan Konsisten
Salah satu kendala yang dihadapi SEO adalah ranking yang sifatnya fluktuatif (selalu berubah-ubah). Hal ini tentunya dapat menyulitkan kita untuk memantau progres yang sedang berjalan.
Namun, kendala ini tidak akan Anda hadapi lagi ketika menggunakan AI.
Nantinya AI akan mengurangi fluktuasi ranking dan membantu Anda mempertahankannya dengan lebih konsisten.
Mengontrol Fokus SEO
Teknologi AI berpeluang untuk memberikan dampak besar pada strategi SEO di waktu yang akan datang.
Hal ini tentu akan mengubah cara bisnis dalam menjalankan SEO dan bagaimana seorang SEO specialist membantu bisnis mencapai hasil yang lebih baik.
Bisnis yang menggunakan teknologi AI memiliki peluang untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan.
Sementara untuk praktisi SEO, mereka akan mendapatkan kemudahan terkait strategi SEO yang sedang dan akan dikerjakan hingga kemudahan lainnya dibanding melakukannya secara manual.
Demikian artikel terkait artificial intelligence SEO dan potensi pemanfaatannya ini, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!
Sumber:
https://searchengineland.com/how-ai-will-change-the-future-of-search-engine-optimization-385543
1 Comment
Semenjak adanya AI, praktik SEO memang menjadi lebih mudah, terlebih untuk urusan produksi konten. Jika pakai Chat GPT, ya cukup pastikan prompt yang diberikan berkualitas. Terpenting, hasil dari Chat GPT tetap diberikan poin uniknya tersendiri.