Di era kemajuan teknologi AI (Artificial Intelligence) seperti sekarang, traffic (lalu lintas) dari beragam platform AI seperti ChatGPT, Gemini, Copilot, Claude, Perplexity, hingga DeepSeek sangat mungkin muncul di website kita.

Bagi para webmaster dan praktisi SEO, memahami cara melacak traffic AI di Google Analytics 4 (GA4) menjadi penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruh AI terhadap performa situs dan dari mana saja sumber traffic website berasal.

Penasaran bagaimana cara tracking-nya? Simak langkah-langkah berikut dan segera praktikkan di situs kamu!

Cara Konfigurasi untuk Melihat AI Traffic di GA4

Teman-teman dapat melacak AI traffic website Anda di Google Analytics 4 dengan cara mengonfigurasi channel dan source baru.

Track AI Sebagai Traffic Channel

Caranya, mulailah dengan menyiapkan channel group.

1. Buka Channel Groups Menu Admin

Buka menu Admin​ di GA4. Lalu klik “Data Display” ¹, kemudian pilih “Channel Groups” ².

Klik menu titik tiga di sebelah Default Channel Group ³, lalu pilih “copy to create new”.

Dok: Ahrefs

2. Buat AI channel group dan AI channel

Selanjutnya:

  • Beri nama new group tersebut dengan nama “Channel group with AI”, bebas namun pastikan untuk mudah dimengerti.
  • Klik “add new channel” dan namai dengan “AI Traffic”.
  • Atur Channel Conditions ke “Source”, lalu klik Add a condition dengan “match regex”.
  • Copy-paste regular expression ini: .*chatgpt\.com.*|.*perplexity.*|.*gemini\.google\.com.*|.*copilot\.microsoft\.com.*|.*openai\.com.*|.*claude\.ai.*|.*writesonic\.com.*|.*copy\.ai.*|.*deepseek\.com.*|.*huggingface\.co.*|.*bard\.google\.com*

Dok: Ahrefs

Regex ini akan menjaring traffic dari ChatGPT, Perplexity AI, Google Gemini, hingga Microsoft Copilot.

Baca Juga:   Pengertian Keyword Density, Jumlah Ideal, dan Cara Hitungnya

Kemudian yang harus teman-teman lakukan adalah melihat report (laporan) AI Anda.

3. Cek AI Traffic Anda

Klik menu Reports, lalu pilih Acquisition, kemudian klik Traffic Acquisition, dan pastikan teman-teman memfilter dengan “Channel group with AI”

Dok: Ahrefs

Filter ini akan menunjukkan AI Traffic website Anda dibandingkan dengan channel lainnya.

Cara Melacak Berbagai Sumber AI Traffic

Setelah melacak AI Traffic secara umum (dari platform AI ternama), teman-teman juga bisa melacaknya secara lebih dalam untuk mengetahui platform AI mana yang paling banyak mendatangkan traffic.

Cara melakukannya:

1. Membuat Custom Segment “AI traffic source”

Klik menu “Explore”, kemudian:

  • Klik “Start a new exploration” > Blank.
  • Klik tanda “+” di samping “Segments”.
  • Klik “create a new segment”.
  • Klik “Session segment”.
  • Pilih Traffic Source > Session source > Match Regex, kemudian copy-paste regular expression ini: .*chatgpt\.com.*|.*perplexity.*|.*gemini\.google\.com.*|.*copilot\.microsoft\.com.*|.*openai\.com.*|.*claude\.ai.*|.*writesonic\.com.*|.*copy\.ai.*|.*deepseek\.com.*|.*huggingface\.co.*|.*bard\.google\.com*

Dok: Ahrefs

  • Namai segment dengan “AI traffic source”.
  • Klik “Apply”.
  • Segment “AI traffic source” teman-teman harusnya sudah tampil di dalam kolom Segments.

2. Melihat Tren “AI traffic source” Website Anda

Konfigurasikan seperti gambar di bawah ini:

Dok: Ahrefs

  1. Set dimension: Pilih “Traffic source”.
  2. Set metrics: Pilih “Sessions”.
  3. Set visualization: Pilih “line chart icon”.
  4. Set breakdown: Pilih  “Session source/Medium” sebagai breakdown dimension.
  5. Set values: Pilih “Sessions”.
  6. Adjust the date range: Pilih rentang waktu yang Anda inginkan.
  7. Set the granularity: Pilih daily (harian), weekly (mingguan), atau monthly (bulanan).

Demikianlah tulisan mengenai tutorial cara melacak AI traffic di Google Analytics (GA4) ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Baca Juga:   Apakah Google MUM Memengaruhi Ranking di Google Search?

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

References:

https://ahrefs.com/blog/track-analyze-ai-traffic/#configure-ai-traffic-report-ga4

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment