Istilah copywriting mungkin sudah banyak orang yang tahu, terutama orang yang berkutat di bidang digital marketing dan advertising.
Ternyata, konsep copywriting yang identik dengan sosial media ini juga bisa dipadukan dengan strategi SEO.
Penasaran lebih lanjutnya bagaimana? Mari simak penjelasan di bawah ini!
Daftar Isi
- Apa Itu SEO Copywriting?
- Perbedaan SEO Copywriting & SEO Content Writing
- Manfaat SEO Copywriting
- Contoh SEO Copywriting yang Paling Umum Digunakan
- Tips & Trik SEO Copywriting untuk Bisnis
- 1. Pahami audiens terlebih dahulu
- 2. Lakukan keyword research dan sesuaikan dengan search intent
- 3. Buat copy yang berbeda dengan kompetitor
- 4. Bangun bukti dan kredibilitas konten Anda
- 5. Tarik minat pembaca dengan formula PAS
- 6. Tambahkan bagian FAQ untuk membuat konten lebih helpful
- 7. Optimasi untuk featured snippets
- 8. Buat judul artikel yang unik dan menarik
Apa Itu SEO Copywriting?
SEO copywriting adalah teknik penulisan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari dengan tetap mempertahankan konsep copywriting yang menarik audiens. Biasanya copy yang ditulis untuk keperluan SEO tidak terlalu panjang.
SEO copywriting bertujuan untuk meningkatkan peringkat konten di search engine result page (SERP) sekaligus menarik pembaca untuk melakukan tindakan, seperti mengklik, membaca lebih lanjut, ataupun membeli.
Dalam penulisan copywriting untuk SEO pula sangat penting untuk menemukan keseimbangan antara menulis konten sesuai algoritma mesin pencari namun tetap menarik dan catchy bagi pembaca.
Perbedaan SEO Copywriting & SEO Content Writing
Meski SEO copywriting dan SEO content writing sama-sama berfokus pada tulis-menulis dalam sektor SEO, keduanya memiliki tujuan dan pendekatan yang sedikit berbeda.
SEO copywriting menitikberatkan pada konten persuasif yang mengarah pada tindakan, seperti landing page, deskripsi produk, atau call-to-action.
Dengan demikian, tujuan dari teknik yaitu untuk meningkatkan conversion rate lewat kata-kata yang dibuat sehingga memicu aksi dari audiens.
Sementara SEO content writing pada biasanya berfokus pada memberikan informasi yang bermanfaat dan mendalam, seperti artikel blog, panduan, atau panduan industri yang membantu audiens memahami suatu topik secara lebih komprehensif.
Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa menggabungkan antara content writing dan copywriting dalam penulisan konten SEO.
Keduanya bisa digunakan dalam satu laman untuk memberikan informasi yang tepat guna bagi audiens.
Manfaat SEO Copywriting
Secara umum, teknik SEO copywriting memberikan manfaat yang signifikan untuk website teman-teman, seperti:
1. Meningkatkan ranking di search engine
Ketika konten teman-teman dioptimalkan dengan baik lewat teknik copywriting, website Anda berpeluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Pasalnya, teman-teman menggunakan diksi yang menarik perhatian audiens lewat copywriting sehingga hal tersebut memungkinkan audiens mengunjungi website Anda.
2. Meningkatkan konversi
Copywriting yang persuasif dapat mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mendaftar, mengisi formulir, atau membeli produk.
Dengan catatan teman-teman perlu memilih kata-kata yang mengandung hook agar audiens mau melakukan aksi terhadap website Anda.
Contoh SEO Copywriting yang Paling Umum Digunakan
Lantas, di mana saja letak copy dengan sentuhan SEO ini disematkan pada website? Penggunaan SEO copywriting sendiri sangat beragam, bisa diaplikasikan di landing page, product page, ataupun button di artikel.
Inilah contoh-contoh umumnya:
Siapa yang tidak tahu website travel yang satu ini. Traveloka menyajikan teknik SEO copywriting yang bisa diamati oleh teman-teman.
Di landing page-nya, traveloka hanya menyematkan kalimat “Wujudkan Perjalanan dengan Caramu”, tetapi di bawahnya mereka juga menyematkan beberapa keyword seperti “tiket pesawat”, “tiket kereta api” dan seterusnya.
Contohnya saja banner dari website OLX ini. OLX yang kini menawarkan layanan jual beli mobil bekas menggunakan banner untuk menarik pengunjung website-nya dengan copy yang berima dan bernada sedikit jenaka, namun tetap menyebutkan kata kunci “mobil bekas” yang memang dicari banyak orang
Bukan hanya itu saja, contoh lain bisa dilihat dari banner landing page SEO Fundamental Course DailySEO.
Untuk menarik minat pemula yang ingin menggali knowledge mendalam seputar SEO, DailySEO menyematkan kata kunci “belajar SEO” pada copywriting di banner.
Kata kunci ini sendiri memiliki search volume yang cukup baik, yakni 1500 jika diriset menggunakan Ahrefs.
2. Judul artikel
Penerapan SEO copywriting berikutnya yang sangat familiar dan mudah ditemukan adalah pada judul artikel SEO-friendly.
Seperti teman-teman ketahui, judul sebuah artikel SEO wajib terdapat kata kunci utama. Judul yang membuat users penasaran akan cenderung menarik lebih banyak pembaca.
3. Deskripsi produk
Bukan cuma pada artikel saja, copy SEO pun juga perlu digunakan pada penulisan deskripsi produk.
Penulisan deskripsi produk yang kaya akan kata kunci relevan dan informasi detail membantu mesin pencari memahami konten halaman serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli.
Tips & Trik SEO Copywriting untuk Bisnis
Berikut adalah beberapa tips dan trik penulisan SEO copywriting yang dapat meningkatkan efektivitas optimasi website:
1. Pahami audiens terlebih dahulu
Sebelum mulai menulis, kenali audiens teman-teman secara mendalam. Cari tahu kebutuhan, preferensi, dan bahasa yang mereka gunakan.
Semakin Anda memahami audiens, semakin relevan konten Anda untuk mereka.
Pemahaman tentang siapa audiens utama pun akan akan memudahkan dalam penentuan nada dan gaya penulisan yang sesuai, sehingga konten terasa personal dan tepat sasaran.
2. Lakukan keyword research dan sesuaikan dengan search intent
Riset kunci sangat penting untuk SEO copywriting. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau SEMrush untuk menemukan kata kunci yang paling relevan.
Pahami juga search intent di balik kata kunci tersebut. Memahami intensi pengguna akan membantu Anda menulis copy yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan audiens.
3. Buat copy yang berbeda dengan kompetitor
Amati baik-baik susunan dan gaya bahasa dari copy yang telah dipublikasikan oleh kompetitor Anda.
Cobalah untuk membuat sesuatu yang lebih unik atau memberikan perspektif berbeda. Misalnya, teman-teman bisa menambahkan data tambahan atau mengemasnya dengan sudut pandang yang menarik.
4. Bangun bukti dan kredibilitas konten Anda
Kredibilitas adalah faktor penting dalam SEO copywriting. Tambahkan data, studi kasus, atau testimoni pelanggan untuk mendukung klaim Anda.
Teknik ini tidak hanya membuat konten lebih terpercaya, tetapi juga meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink dari situs lain, yang membantu meningkatkan authority.
5. Tarik minat pembaca dengan formula PAS
Formula PAS (Problem, Agitate, Solve) adalah salah satu teknik copywriting yang efektif. Adapun komponennya adalah:
- Problem: Identifikasi masalah yang audiens hadapi.
- Agitate: Jelaskan mengapa masalah itu penting dan bagaimana hal itu berdampak pada mereka.
- Solve: Tawarkan solusi yang relevan, misalnya produk atau layanan Anda.
Pendekatan PAS membantu mengarahkan pembaca dari masalah yang mereka alami langsung ke solusi yang teman-teman tawarkan.
6. Tambahkan bagian FAQ untuk membuat konten lebih helpful
Jika topik Anda sering menimbulkan pertanyaan umum, tak lupa tambahkan bagian FAQ.
Selain membantu pembaca, ini juga meningkatkan peluang konten Anda muncul di featured snippets, yang sering ditampilkan Google di bagian atas hasil pencarian sebagai jawaban singkat.
7. Optimasi untuk featured snippets
Featured snippets adalah jawaban singkat yang muncul di posisi teratas hasil pencarian Google. Untuk meningkatkan peluang mendapatkan featured snippet, buat copy atau paragraf pendek yang menjawab pertanyaan atau memberikan informasi penting.
8. Buat judul artikel yang unik dan menarik
Seperti yang sudah disebutkan, judul artikel termasuk dari SEO copywriting. Judul yang baik dapat mempengaruhi CTR (click-through rate). Maka dari itu, pastikan judul Anda relevan dengan kata kunci, informatif, dan menarik perhatian.
Contoh formula untuk judul menarik adalah:
- “Bagaimana Cara…”
- “Panduan Lengkap untuk…”
- “10 Tips Terbaik untuk…”
Itulah pembahasan singkat tentang SEO copywriting. Jangan sungkan untuk berkomentar ataupun menambahkan di bawah kolom komentar, ya!
Yuk, bergabung di grup Telegram DailySEO. Teman-teman dapat berdiskusi maupun bertukar pengalaman dengan sesama praktisi SEO tentang strategi optimasi dan tren di industri digital marketing.
Teman-teman yang ingin memperdalam ilmu tentang SEO juga bisa bergabung pada kelas khusus SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7.
Kurikulumnya dirancang spesifik untuk teman-teman yang baru saja memulai belajar SEO sehingga cocok untuk pemula yang ingin berkarir di bidang SEO atau memiliki website pribadi.
References:
SEO Copywriting: The Definitive Guide
1 Comment
terima kasih min artikel ini sangat bagus, saya jadi lebih tahu lagi tentang seo