Praktisi SEO pasti sudah tidak asing dengan AI overview. Bahkan, tidak hanya mengejar ranking saja, fokus praktisi SEO perlahan mulai berganti ke bagaimana cara agar situsnya bisa muncul di AI overview.

Pada AI overview, Google mencantumkan sumber referensi dari informasinya, namun tidak pernah ada anchor text.

Baru-baru ini, anchor text muncul pada Google AI overview. Jadi, tidak hanya paperclip berisi referensi saja.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh Sachin Patel. Ia mengumumkan hal tersebut di akun X-nya.

Kueri Kesehatan Menampilkan Anchor Text pada Google AI Overview

Menurut cuitan Sachin Patel di X, ia menemukan anchor text pada Google AI overview pada kueri kesehatan, yaitu Nebulizer.

Anchor text-nya adalah Medline, Cleveland Clinic, dan WebMD yang merupakan sumber referensi termuka pada niche kesehatan.

Pada gambar di bawah ini, Sachin Patel melakukan penelusuran dengan sumber yang menggunakan bahasa Inggris.

Dok. akun X Sachin Patel

Hingga artikel ini ditulis, belum ada temuan serupa di niche lainnya yang memunculkan anchor text.

Tidak Ada Anchor Text dalam AI Overview di Pencarian Indonesia

Dok. Screenshot

Menurut penelusuran kami dengan kueri yang sama, tidak ada anchor text. Besar kemungkinan karena penelusuran dilakukan di Indonesia.

Tampilan AI overview berbahasa Indonesia masih sama, hanya ringkasan materi dari setiap kueri yang dicari.

Baca Juga:   Google: Hati-hati, Redesign Website Dapat Memengaruhi Ranking SEO!

Sementara itu, dari penelusuran Sachin Patel, semua sumbernya menggunakan bahasa Inggris.

Apa yang Praktisi SEO Bisa Pelajari dari Kasus Ini?

Dari kasus anchor text pada Google AI overview, praktisi SEO bisa m≥empelajari beberapa hal.

Contohnya, kita bisa lihat bahwa anchor text-nya adalah referensi yang terkemuka. Jadi, perlu branding yang kuat agar situs bisa masuk ke Google AI overview, termasuk dijadikan anchor text oleh Google AI overview.

Jadi, bisnis sebaiknya tidak hanya meningkatkan traffic dan konversi, tetapi juga membangun brand dengan membuat konten yang bermanfaat serta menerapkan strategi branded keyword.

Demikian sekilas temuan dari kami mengenai anchor text yang muncul di Google AI overview.

Kalau dari teman-teman kira-kira bagaimana menyikapi kasus di atas? Jika ada tanggapan atau diskusi perihal pembahasan ini, teman-teman bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO ID.

Di sana, ada banyak sekali praktisi SEO yang bersedia menjawab segala pertanyaan teman-teman mengenai seputar SEO.

Jika Anda ingin belajar 3-Day Intermediate Masterclass SEO, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri lewat halaman ini. Di sana, akan ada materi-materi menarik seputar SEO yang bisa meningkatkan skill SEO kalian.

Tak lupa juga, bagi Anda yang baru terjun ke dunia SEO, teman-teman bisa mendaftarkan waiting list SEO Fundamental Course batch 8.

References:

Google AI Overviews Testing Anchor Text Based Hyperlinks

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment