Pada tanggal 23 Januari 2025, Google melakukan simplifikasi berupa URL pada pencarian di HP, tidak ada lagi elemen breadcrumb. Hanya ada nama domainnya saja.

Lantas, bagaimana kita sebagai praktisi SEO harus menyikapi pembaruan dari Google yang satu ini?
Daftar Isi
Mengapa Google Melakukan Simplifikasi Ini?
Menurut klaim Google, simplifikasi ini dilakukan karena menurut mereka, breadcrumb tidak bermanfaat bagi user yang melakukan pencarian melalui HP karena terpotong akibat layar yang kecil.
Meski demikian, elemen breadcrumb pada URL tetap ada pada hasil pencarian di desktop.
Menurut Google, jika Anda menerapkan breadcrumb markup, tidak ada yang perlu dilakukan karena breadcrumb tetap ada pada hasil pencarian di desktop. Rich result test juga masih bisa Anda lakukan untuk mengetes breadcrumb markup.
Dari sisi technical SEO sendiri, breadcrumb tetap menjadi pilihan yang baik untuk optimasi, terutama pada website besar atau crawl depth yang tinggi.
Google Selalu Melakukan Perubahan pada Fitur-fiturnya
Google terus melakukan update pada fiturnya. Oleh karena itu, praktisi SEO sebaiknya tidak ketinggalan informasi jika ada pembaharuan seperti ini. Terus pantau website kami supaya terus mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia SEO.
Di tengah-tengah perubahan yang terus terjadi, kita harus terus beradaptasi agar tidak tertinggal dengan para kompetitor.
Untuk itu, teman-teman bisa berdiskusi mengenai dunia SEO dengan para praktisi SEO di seluruh Indonesia melalui grup Telegram DailySEO ID.
Tidak hanya itu, bagi Anda yang mau belajar SEO dari nol, teman-teman bisa mendaftarkan diri di SEO Fundamental Course DailySEO ID batch 8.
Reference:
Simplifying the visible URL element on mobile search results