Google baru saja mengumumkan untuk melakukan update (pembaruan) terkait helpful content system miliknya.

Update tersebut dimulai pada tanggal 14 September 2023 waktu setempat, dan akan memakan waktu selama dua pekan sampai benar-benar rampung.

Google menyatakan:

“Update helpful content system September 2023 sedang dilakukan dengan peningkatan classifier (alat pemisah). Pembaruan ini akan selesai dalam dua pekan. Kami akan memperbarui halaman ranking release history kami ketika update ini selesai dilakukan.”

Sebagai informasi, terakhir kali helpful content system mendapatkan update adalah pada update helpful content Desember 2022.

Apa Saja yang Baru di Helpful Content System?

Pada update kali ini, Google menambahkan sejumlah detail-detail baru mengenai helpful content, antara lain:

  • Menambahkan panduan baru tentang hosting third-party content (konten di hosting pihak ketiga) dan penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang harus dilakukan setelah helpful content system update ini terlaksana.
  • Penambahan poin-poin baru terkait penghapusan konten atau pergantian tanggal untuk membantu Anda dalam bagaimana cara membuat konten yang bermanfaat, terpercaya, dan berorientasi pada audiens.
  • Google akan menghapus kata-kata “written by people” dan hanya menulis “helpful content created for people in search results.” Hal ini sepertinya berkaitan dengan AI-generated content (konten yang dibuat menggunakan AI) tidak dilarang.
helpful content system update september 2023

Update ini sebenarnya tidak mengejutkan, karena pada bulan Mei lalu Google telah menyampaikan bahwa helpful content system update akan dilakukan pada tahun ini (2023).

Pada halaman tersebut Google menyatakan:

“kami akan menerapkan pembaruan pada sistem ini dengan perspektif pemahaman konten yang dibuat oleh seseorang atau seorang ahli secara lebih mendalam.”

Baca Juga:   Cara Membuat Content Brief untuk Website Anda & Beberapa Contohnya

“Kami juga meningkatkan bagaimana cara kami memberikan ranking hasil pencarian secara menyeluruh, dengan fokus yang lebih besar pada konten yang memiliki expertise (keahlian) dan experience (pengalaman) yang unik.”

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terdampak Google Helpful Content System Update?

Google menyediakan daftar pertanyaan mengenai helpful content update, silakan baca pertanyaan-pertanyaan tersebut di sini.

Setelah itu, coba tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah konten yang Anda miliki sejalan dengan update yang Google lakukan atau tidak.

Jika jawabannya ya, kemungkinan besar konten Anda tidak akan terdampak apapun.

Namun jika jawabannya tidak, kemungkinan besar konten Anda akan terdampak.

Jika konten Anda terdampak, yang harus teman-teman lakukan adalah dengan memperbaiki atau mengubah konten yang Anda miliki agar sesuai dengan panduan Google helpful content.

Harap dicatat, proses pemulihan performa konten kemungkinan akan memakan waktu hingga berbulan-bulan setelah diperbaiki.

Catatan Lainnya Terkait Google Helpful Content System Update

Update ini secara khusus menargetkan “konten yang dibuat untuk mendapatkan ranking yang tinggi di search engine ketimbang untuk membantu atau memberikan informasi kepada audiens.”

Google ingin “menghadiahkan” konten yang lebih baik dan bermanfaat yang dibuat untuk manusia, dan update ini dilakukan untuk membantu audiens menemukan high-quality content (konten berkualitas tinggi) tersebut.

Itu artinya Google menyadari suatu hal, yaitu mereka mendapati para audiens merasa frustasi atau jengkel akibat mengonsumsi konten yang sama sekali tidak membantu mereka karena konten tersebut dibuat untuk mendapatkan ranking saja, konten jenis ini biasanya disebut dengan sebutan “search engine-first content” atau “SEO content.”

Dengan adanya Google helpful content system update ini, bisa dipastikan Google akan “menghukum” website yang berisi konten jenis ini dan “mendukung” website yang memiliki konten bermanfaat dan didesain untuk manusia.

Baca Juga:   Update Algoritma Google Search: May 2022 Core Update

Demikian artikel Update Google Helpful Content System September 2023 ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

https://searchengineland.com/google-september-2023-helpful-content-system-update-rolling-out-431978

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

5 Comments

  1. Dari FAQ yang saya pelajari dari Google Helpful Content, saya bisa simpulkan bahwa salah satu cara terbaik untuk menghadapi perubahan ini adalah membuat konten SEO semakin lebih manusiawi, dan bahasa yang digunakan lebih ke arah yang memancing diskusi..

  2. Gampang-gampang susah. Berbicara Konten yang lebih Helpful terkadang dikalahkan oleh konten biasa yang didorong oleh backlink perkasa, Tapi ada satu hal yang pasti yaitu tetap ciptakan konten yang memiliki nilai unik, entah di tunjang dengan SEO onpage/offpage ataupun tidak.
    Dari pengalaman saya pribadi, Ada beberapa artikel yang saya terbitkan bulan in (sept), sangat abai dengan standar SEO baik onpage/offpage. Tapi saya memastikan bahwa konten tersebut banyak dicari dan belum dibahas di website manapun (gap keyword).
    Hasilnya, meduduki page one sangat mudah. Tetapi, Untuk dapat “mempertahankan” posisi tersebut, harus tetap ditunjang dengan SEO onpage/offpage.
    Kesimpulannya, Utamakan terlebih dahulu kualitas konten, Jika sudah mendapatkan tempat, barulah memaksimalkan SEO.

  3. Pingback: Cara Client Reporting SEO Agency dengan Kaya Informasi Ala Ridho Putradi - DailySEO ID

  4. Pingback: Update Algoritma Google Search: Core Update Oktober 2023 - DailySEO ID

  5. Pingback: Cara Mengembalikan Traffic Anjlok karena Update Algoritma Google - DailySEO ID

Write A Comment