Local citation (kutipan lokasi) atau NAP (Name, Address, Phone Number) adalah informasi penting bagi bisnis lokal yang tampil di direktori online.
Keakuratan dan konsistensi NAP dapat memengaruhi visibilitas bisnis pada hasil pencarian Google, terutama untuk pencarian di lokasi sekitar bisnis tersebut, hal ini juga umum disebut local SEO.
Lalu, apakah benar pengutipan nama lokasi bisa mendongkrak ranking Google website Anda?
Mari kita cari tahu jawabannya bersama-sama!
Daftar Isi
Klaim: Local Citation Memengaruhi Ranking di Google Search
Beberapa citation (kutipan) hanya memperbolehkan untuk menampilkan nama lokasi, alamat, dan nomor telepon.
Namun, di lain tempat teman-teman mungkin dapat menambahkan domain website, deskripsi bisnis, foto, dan informasi lainnya, tergantung pada direktori atau platform yang Anda pilih.
Sejumlah alasan mengapa local citation dianggap dapat memengaruhi ranking di SERP (Search Engine Results Page) di lokasi teman-teman adalah:
- Informasi NAP bisnis Anda tampil di banyak website eksternal
- Informasi NAP yang akurat
- Terdapat detail pendukung selengkap mungkin di website atau di direktori tersebut
Survei industri yang dilakukan WhiteSpark mengenai faktor ranking lokal memberikan wawasan yang baik dan menggambarkan berbagai pertimbangan ketika kita berbicara tentang local citation signal.
Citation dievaluasi berdasarkan beberapa hal yaitu:
- Konsistensi
- Kualitas dan authority (otoritas)
- Kuantitas
- Perbaikan dan kelengkapan (informasi)
Bukti: Apakah Local Citation Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search?
Local citation telah lama diterima secara luas oleh para profesional SEO sebagai faktor utama ranking lokal.
“Consistency of citation” berada di urutan #5 dalam survei industri Moz tahun 2020 tentang apa yang diyakini oleh para profesional SEO sebagai faktor ranking lokal. (Mereka juga menduduki peringkat kelima dalam survei tahun 2018, untuk fitur pencarian organik Local Packt/Finder dan Terlokalisasi.)
Namun, hal terpenting tentang citation telah menjadi perdebatan yang cukup lama.
Saat BrightLocal mensurvei industri pada tahun 2016, 90% responden mengatakan keakuratan citation “sangat penting” hingga “kritikal” untuk ranking pencarian lokal.
Terlebih lagi, 86% mengatakan kualitas citation tersebut lebih penting daripada kuantitasnya.
Pada video di bawah ini, Google mengonfirmasi bahwa hasil pencarian lokal didasari pada relevansi, jarak, dan prominence (mudah dilihat atau diketahui).
Meskipun kita tidak dapat mengontrol semua faktor yang ada, mereka menyatakan:
Pertama, pastikan semua informasi bisnis Anda lengkap. Penting untuk memiliki informasi yang akurat termasuk nomor telepon, alamat, dan kategori bisnis Anda.
Google juga merekomendasikan kita untuk memastikan keakuratan informasi Google Business Profile (GBP) teman-teman dan “membantu bisnis Anda lebih tampil menonjol” dengan melakukan:
- Jam operasional yang akurat
- Gunakan jam khusus untuk hari libur dan tanggal merah
- Tambahkan foto lokasi, layanan, atau produk dan layanan Anda
- Verifikasi lokasi Anda untuk memberi tahu Google bahwa Anda adalah pemilik bisnis yang sesungguhnya
Di halaman bantuan “Tingkatkan peringkat lokal Anda di Google”, rekomendasinya cukup jelas, yaitu:
Hasil pencarian lokal lebih menyukai hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Bisnis dengan informasi yang lengkap dan akurat lebih mudah dicocokkan dengan pencarian yang tepat.
Bukti Sanggahan: Local Citation Bukan Faktor yang Memengaruhi Ranking
Mungkin, teman-teman bisa berpendapat bahwa local citation ini tidak berpengaruh apa-apa.
Mungkin saja pendapat teman-teman benar.
Alasannya adalah karena cukup sulit untuk memastikan bahwa semua citation di seluruh platform sudah diperbarui atau belum.
Dengan banyaknya aggregator, saran pengguna, kesalahan manual, dan elemen lain yang “merusak” informasi citation, bagaimana Google dapat percaya bahwa informasi yang mereka temukan tentang suatu lokasi bisnis adalah akurat?
Inilah sebabnya mengapa pengelolaan informasi bisnis lokal sangat penting, dan memberikan Google satu referensi bisnis lokal terpercaya dengan membuat dan mengelola akun GBP Anda adalah solusinya.
Menjaga konsistensi informasi bisnis lokal itu penting, jangan sampai keliru atau kurang update sehingga website aggregator menyebarkannya secara luas.
Inkonsistensi informasi bisnis lokal dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain:
- Lokasi bisnis pindah ke lokasi baru
- Jadwal buka dan tutup toko yang kurang jelas
- Staf dan pemilik memasukkan informasi tanpa mendokumentasikannya, dan informasi tersebut menjadi kurang relevan seiring berkembangnya bisnis
- Konsumen membuat kesalahan ejaan saat mencoba memberikan ulasan
- User Google menyarankan pengeditan informasi dengan niat baik namun informasinya salah
Google menyadari bahwa semua masalah ini dapat memengaruhi keakuratan local citation.
Itulah sebabnya Google bergantung pada berbagai sumber referensi untuk menentukan apakah informasi tersebut dapat dipercaya atau tidak.
Kesimpulan: LOCAL CITATION MUNGKIN MEMENGARUHI RANKING
Sudah dikonfirmasi secara resmi oleh Google bahwa Google menggunakan local citation sebagai faktor ranking di Local Pack/Finder dan hasil pencarian organik di lokasi sekitar user.
Tujuan Google adalah memberikan jawaban terbaik dan paling terpercaya kepada setiap user.
Citation adalah sinyal penting mengenai apakah lokasi dan informasi bisnis tersebut faktual dan merupakan jawaban yang tepat bagi kueri yang user ketikkan.
Demikianlah tulisan mengenai apakah local citation memengaruhi ranking di Google Search ini.
Jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.
Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!
References: