Apakah website teman-teman terasa lambat dan bounce rate tinggi?

Jika ya, maka hal tersebut dapat menyebabkan pengalaman pengguna yang kurang baik. Pasalnya, kecepatan sebuah website sangat berpengaruh terhadap performa SEO maupun pengalaman pengguna.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut tentu kita perlu meningkatkan kecepatan situs website yang kita kelola. Sehingga website kita memiliki kecepatan akses yang ideal walaupun diakses banyak orang dalam waktu bersamaan.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan menggunakan CDN (Content Delivery Network).

Nah, kali ini DailySEO ID akan membahasa apa itu CDN, cara kerja, dan manfaatnya di SEO, jadi baca hingga akhir ya!

Apa itu CDN (Content Delivery Network)?

ilustrasi CDN
Sumber: SEObility

Content Delivery Network (CDN) adalah sebuah sistem server yang tersebar di beberapa penjuru dunia yang memiliki fungsi untuk mengirimkan halaman web dan konten web lainnya (contohnya seperti video streaming) berdasarkan lokasi geografis user (pengguna).

Artinya, dengan memanfaatkan CDN, sebuah konten mampu dikirim dalam jumlah besar secara cepat dan tanpa gangguan apa pun.

Sebagai contoh, jika website Anda berada di sebuah server yang berlokasi di Jakarta, user yang mengaksesnya dari Bandung akan menerima konten lebih cepat dibandingkan user yang mengaksesnya dari Turin.

Semakin jauh jarak user mengakses sebuah website atau aplikasi, maka akan semakin lama waktu loading-nya dan user experience (pengalaman pengguna) menjadi cukup terganggu.

CDN sendiri sudah sejak lama menjadi elemen penting bagi sebuah bisnis yang ingin berekspansi dan menjangkau internet users (pengguna internet) secara global.

Baca Juga:   Mengenal Anchor Text dan Cara Optimasinya, Pemula Wajib Paham!

Layanan CDN ini memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis untuk menjangkau jutaan user internet di mana pun di seluruh dunia hanya dalam hitungan detik.

CDN sanggup menyajikan website perusahaan teman-teman kepada banyak orang dengan lebih cepat.

Penggunaan CDN harus menjadi opsi prioritas bagi setiap bisnis yang ingin berkembang secara luas, dan tentunya untuk para praktisi SEO seperti teman-teman.

Apakah CDN Serupa dengan Web Hosting?

Meskipun CDN tidak meng-hosting (menyimpan) konten dan tidak dapat menggantikan kebutuhan hosting web yang sebenarnya, CDN bisa membantu Anda dalam menyimpan konten ke dalam cache di network edge (tepi jaringan yang dekat dengan pengakses), yang artinya dapat meningkatkan performa speed website.

Dengan memanfaatkan caching untuk mengurangi bandwidth hosting, CDN juga membantu mencegah terjadinya gangguan dalam layanan hosting, meningkatkan security (keamanan).

Intinya, CDN adalah layanan pendukung untuk mengurangi beberapa masalah utama yang sering muncul pada server hosting konvensional.

Bagaimana Cara Kerja CDN?

Content Delivery Network merupakan jaringan beberapa server yang dihubungkan secara bersamaan dengan tujuan untuk mengirimkan konten secepat, semurah, reliabel, dan seaman mungkin.

Untuk meningkatkan kecepatan dan konektivitas, CDN akan menempatkan server di sejumlah exchange points (titik pertukaran) antara jaringan yang berbeda-beda.

Internet exchange points (IXPs) adalah lokasi utama di mana berbagai penyedia internet saling terhubung untuk memberikan akses ke beberapa trafik yang berasal dari jaringan mereka yang berbeda-beda.

Dengan memiliki koneksi ke lokasi internet berkecepatan tinggi dan saling terhubung ini, penyedia CDN mampu mengurangi biaya dan waktu transit di dalam high speed data delivery (pengiriman data berkecepatan tinggi).

mengenal cdn content delivery network - cloudflare
Sumber: Cloudflare

Selain menempatkan server di IXP, CDN melakukan sejumlah optimasi pada proses transfer data klien/server standar.

Baca Juga:   Cara Masuk Google Discover: Buat Konten Berkualitas & Relevan

CDN menempatkan Data Center (Pusat Data) di sejumlah lokasi strategis di seluruh dunia, meningkatkan performa keamanan, dan dirancang untuk tetap survive (bertahan) dari berbagai jenis gangguan dan kemandekan yang terjadi internet.

Manfaat Menggunakan CDN untuk SEO

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, CDN mampu meningkatkan kecepatan penyajian konten ke user.

Jika konten disajikan secara cepat tanpa kendala, maka user experience (pengalaman pengguna) pun meningkat.

Oleh sebab itu, teman-teman harus memandang CDN ini sebagai salah satu solusi untuk taktik teknis SEO Anda.

Apalagi kita tahu bahwa Pagespeed merupakan salah satu faktor yang memengaruhi ranking di Google Search.

Dan tentunya, ada juga yang namanya Core Web Vitals yang menjadi guideline Google untuk meningkatkan performa website teman-teman di Search Engine Results Page (SERP).

Manfaat CDN Secara Umum

Berikut adalah sejumlah manfaat CDN yang bisa teman-teman dapatkan secara umum:

  • Mengurangi beban bandwidth: Beban konsumsi bandwidth untuk hosting website merupakan pengeluaran biaya utama yang boros. Melalui fitur caching dan pengoptimalan aspek lainnya, CDN sanggup mengurangi jumlah data yang harus ditransfer oleh server, sehingga mengurangi biaya hosting bagi pemilik website.
  • Meningkatkan ketersediaan konten: Trafik yang datang dalam jumlah besar atau kerusakan hardware (perangkat keras) bisa mengganggu fungsi website. Dan karena sifat CDN yang terdistribusi, CDN mampu menangani trafik dalam jumlah besar tersebut dan menangani kerusakan hardware dengan lebih baik daripada server aslinya.
  • Meningkatkan keamanan website: CDN dapat meningkatkan keamanan dengan menyediakan DDoS mitigation (mitigasi DDoS), peningkatan security certificates (sertifikat keamanan), dan pengoptimalan aspek lainnya.

Apakah CDN Menyebabkan Duplicate Content (Konten Duplikat)?

Meskipun jumlah halaman yang terafiliasi dengan konten CDN tertentu mungkin unlimited (tidak terbatas), tenang saja, karena konten tersebut tidak dianggap sebagai duplicate content.

Kenapa?

Baca Juga:   Apakah Latent Semantic Indexing (LSI) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Karena CDN menggunakan canonical header (header kanonik) yang berfungsi untuk merujuk search engine ke konten asli yang terletak di server asal.

Haruskah Anda Menggunakan Layanan CDN?

Jika teman-teman menargetkan trafik secara global (audiens internasional) maka jawabannya adalah ya (harus), Anda harus menggunakan layanan CDN ini.

Karena CDN dapat memberikan sejumlah benefit bagi siapa saja yang memiliki website atau aplikasi seluler yang dapat diakses oleh banyak user sekaligus dalam satu waktu.

CDN sangat berguna untuk website yang memiliki konten dalam jumlah besar dengan tipe konten yang berbeda-beda, dan website kompleks yang memiliki trafik dari berbagai lokasi geografis.

Dan yang terpenting, CDN akan meningkatkan kecepatan loading website, yang berpotensi meningkatkan ranking website teman-teman.

Lalu bagaimana jika Anda hanya menargetkan trafik dari Indonesia?

Jawabannya adalah tetap ya (opsional – tidak harus). Alasannya? Silakan baca kembali manfaat CDN di atas.

Demikian artikel Pengertian CDN, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk SEO ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

https://www.cloudflare.com/learning/cdn/what-is-a-cdn/

https://www.searchenginejournal.com/content-delivery-networks-cdns-can-impact-seo/143595/

https://www.seobility.net/en/wiki/Content_Delivery_Network_%28CDN%29

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

Write A Comment