Google menyarankan agar kita memprioritaskan speed (kecepatan) saat mereka membahas ranking website di Search Engine Results Page (SERP).

Itu artinya, Google akan mengutamakan website yang dapat di-load secara cepat dibanding website yang lambat.

Di sisi lain, optimasi page speed ini terbilang cukup menyulitkan kita sebagai seorang SEO Specialist, kenapa? Karena ada berbagai macam aspek yang perlu kita audit dan pastinya perlu diperbaiki, dan sayangnya itu tidak mudah, juga perlu waktu.

Rasanya kita bisa setuju dengan kesimpulan page speed ini cukup penting di SEO. Pertanyaannya, seberapa kuatkah dampaknya terhadap performa SEO website yang kita kelola? Mari kita cari tahu jawabannya bersama-sama.

Klaim: Page Speed (Kecepatan Situs) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Sebuah website atau halaman yang memenuhi batas standar loading speed seringkali dianggap akan mendapatkan ranking yang lebih baik di Google Search.

Kecepatan load sendiri diukur berdasarkan waktu yang dibutuhkan sebuah halaman sesaat setelah user meng-click link di SERP (apalagi sekarang Core Web Vitals sudah diterapkan dalam mengukur kecepatan load, interaksi halaman, hingga stabilitas visual).

Salah satu hal yang juga menjadi sebab page speed dijadikan faktor ranking adalah karena Google menawarkan tool bernama PageSpeed Insights yang dapat Anda pergunakan untuk mengaudit kecepatan website.

Klaim ini juga muncul karena Google sangat mengedepankan untuk menampilkan halaman dengan user experience (pengalaman pengguna) yang baik.

Sehingga, sangat masuk akal jika halaman dengan speed load yang baik akan mendapatkan benefit yang lebih.

Baca Juga:   Mengenal Sitemap.xml dan Satu Contoh Mengapa Sitemap Penting dalam SEO

Maka dari itu dahulu Google meluncurkan yang namanya AMP, di mana tujuannya adalah untuk membuka halaman secara instan ketika user melakukan klik link.

Saat AMP masih berjalan dan digunakan, layout SERP penuh dengan website yang tampil dengan icon petir, tapi sayangnya hal itu berpotensi menyingkirkan halaman yang lebih relevan namun speed-nya lambat.

Sehingga munculah dua pendapat berbeda, antara yang mengutamakan speed halaman dengan yang mengutamakan relevansi halaman.

Teman-teman sendiri mungkin pernah mendengar jika Google menjadikan relevansi konten sebagai salah satu faktor ranking mereka.

Jadi, jika Google lebih mengedepankan website yang cepat dibanding website yang relevan, maka ini akan membuat pengguna Google Search akan kecewa.

Karena selain kecepatan load, user juga menginginkan konten berkualitas yang menjawab apa yang menjadi pertanyaan mereka.

Singkatnya, ada klaim yang mendukung page speed dan juga ada klaim yang menentangnya, dan cukup menjadi perdebatan panas di industri SEO.

Teman-teman pilih mana? Speed atau relevansi konten? Mari kita cek bukti-buktinya terlebih dahulu.

Bukti: Apakah Page Speed Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Perlu Anda ketahui, speed telah menjadi faktor ranking Google sejak tahun 2010 lalu.

Pada bulan April tahun 2010, Google mengonfirmasi bahwa search algorithm akan memasukan faktor speed ke dalam perhitungannya.

Sebagaimana kami menyukainya, user kami juga sangat menyukai kecepatan, itulah mengapa kami memutuskan untuk memasukkan site speed ke dalam faktor perhitungan di search ranking kami.

Pembaruan ini diaplikasikan untuk desktop search results, walaupun akan berbeda jika dibandingkan antara speed website di desktop dan mobile.

Barulah di tahun 2018 Google menjadikan page speed sebagai ranking faktor mobile search results.

Google menyatakan:

User menginginkan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat dan data menunjukkan betapa pedulinya orang-orang dengan kecepatan load halaman web. Tim Search mengumumkan speed sebagai faktor ranking penelusuran desktop di tahun 2010, dan di bulan ini (Juli 2018), page speed juga akan diterapkan sebagai faktor ranking untuk penelusuran mobile.

Setelah itu Google menggunakan page speed sebagai faktor ranking mereka untuk menampilkan hasil penelusuran, hingga mereka mengonfirmasi bahwa kecepatan halaman telah diganti dengan page experience.

John Mueller, Search Advocate Google di Twitter menyampaikan:

Kami mencoba untuk menghindari duplikasi yang tidak diinginkan, sehingga Saya berasumsi (the page experience update) akan menggantikan faktor ranking speed sebelumnya.

Kesimpulan: Page Speed DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Pada bagian ini, teman-teman bisa ambil kesimpulan bahwa page speed secara jelas adalah sebuah faktor ranking.

Baca Juga:   Apakah Bounce Rate Merupakan Faktor Ranking Google?

Standar kecepatan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan benefit dari faktor ranking yang satu ini sendiri terus berubah.

Saat ini, hal tersebut dapat dicapai dengan memenuhi standar minimum Google dengan pakem Core Web Vitals-nya.

Namun yang perlu teman-teman catat adalah bahwa porsi page speed sebagai faktor ranking ini tidak sebesar dan sebanyak faktor relevansi konten.

Bagaimana? Apakah teman-teman DailySEO ID sudah memahami faktor ranking Google yang satu ini?

Jika belum, silakan beritahu kami dengan cara menuliskan komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram di sini, jangan lupa untuk ikut berperan aktif ya!

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/page-speed/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

1 Comment

  1. Saya sangat setuju, karena pun kita sebagai visitor di website lain.. Jika webnya lama dibuka, pasti kesel jga sehingga lebih memilih web yg lebih cepat.. Namun menurut saya pribadi, relevansi dan speed web sangat bagus untuk diterapkan bagi para webmaster untuk web yg mereka kelola.

Write A Comment