Salah satu cara untuk memberikan user experience yang baik bagi pengunjung website kita adalah dengan memberikan mereka informasi yang tepat ketika mereka ingin menghubungi kita melalui email maupun telepon.

Hal ini memungkinkan pengunjung untuk menghubungi kita dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak mereka dapati di website, dan juga meningkatkan peluang terjadinya transaksi.

Dengan demikian, mungkin ada sebagian orang atau organisasi yang memilih untuk tidak mempublikasikan contact information (informasi kontak) mereka dengan alasan tertentu.

Pertanyaannya adalah, apakah informasi kontak yang lengkap atau kurang/tidak lengkap dapat memengaruhi ranking website Anda di SERP (search engine results page).

Mari cari tahu jawabannya, jadi baca sampai habis ya!

Baca juga: Apakah “Code to Text Ratio” Memengaruhi Ranking di Google Search?

Klaim: Informasi Kontak Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Teman-teman perlu ingat, sebenarnya ada dua perbedaan yang harus Anda ingat tentang informasi kontak ini:

  1. Informasi kontak pada akun Google My Business (GMB) Anda.
  2. Informasi kontak yang ada di website Anda.

Baca juga: Apakah Click-Through Rate (CTR) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti: Apakah Informasi Kontak Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Ketika teman memiliki informasi kontak (nama bisnis, alamat, hingga email dan nomor telepon) yang tampil secara online, maka semua itu disebut atau dikenal dengan istilah citation (kutipan).

Teman-teman mungkin juga sudah tahu jika citation adalah salah satu faktor ranking untuk local search dan telah diterapkan sejak 2009.

Baca Juga:   Apakah Click Depth Memengaruhi Ranking di Google Search?

David Mihm mengeluarkan laporan survei local search ranking factor kelimanya yang dipublikasikan pada tahun 2012, di dalam survei tersebut ia memberikan gambaran tentang kemungkinan informasi kontak sebagai local ranking factor pada waktu itu.

Seorang profesional SEO bernama Nyagoslav Zhekov (sekarang menjadi Director of Local Search di WhiteSpark) mengatakan bahwa pentingnya memiliki kode area lokal di place page Anda:

“Meskipun ini adalah faktor peringkat minor, informasi kontak dapat secara signifikan memengaruhi rasio click-to-call Anda, dan konversi secara umum, seperti ketika orang menelusuri bisnis lokal, mereka lebih memilih untuk menemukan informasi ini.”

James Svoboda, partner di WebRanking mengatakan:

“Faktor place page seperti Business Title, Category, Nomor telepon, dan alamat merupakan hal yang sangat penting dalam membuat profil bisnis yang akurat dan terpercaya yang dapat meningkatkan ranking Anda di local search (market) untuk keyword-keyword terkait. ”

Teman-teman bisa mempelajari tentang citation di sini.

Hal ini akan menjadi sedikit lebih rumit ketika Miranda Miller mencoba menentukan apakah memasukkan informasi kontak ke dalam website Anda dapat menjadi faktor yang memengaruhi ranking.

Sebenarnya ada beberapa bukti yang menyatakan pernyataan di atas adalah benar.

Pada Google Quality Raters Guidelines (halaman 15) tertulis:

“Tipe dan jumlah informasi kontak yang dibutuhkan bergantung pada jenis website. Informasi kontak dan informasi customer service merupakan elemen yang sangat penting untuk website yang menangani topik keuangan, seperti toko online, bank, kartu kredit, dan seterusnya. Pengguna pasti membutuhkan informasi untuk bertanya sesuatu atau untuk mendapatkan bantuan ketika mereka menghadapi suatu permasalahan.”

Berdasarkan pernyataan di atas, bukan berarti informasi kontak menjadi bagian dari algoritma search engine seperti Google. Informasi kontak merupakan pedoman yang diberikan untuk human quality raters yang sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk memengaruhi ranking di SERP.

Baca Juga:   Apakah Heading 1 (Tag H1) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Namun sedikit banyak memberitahu kita bahwa Google menganggap informasi kontak ini adalah bagian penting dari user experience, apalagi ketika mereka mengunjungi website terkait Your Money Your Life (YMYL).

Kemudian masih di Google Quality Raters Guidelines pada halaman 35 menegaskan betapa pentingnya informasi kontak dalam mengevaluasi trustworthiness (kepercayaan) dari sebuah halaman web ketika membahas YMYL.

“Penting: Bagi halaman web YMYL dan halaman lainnya yang mengharuskan kepercayaan user tingkat tinggi, nilai yang tidak memuaskan dari salah satu hal berikut ini adalah alasan untuk memberikan kualitas rating rendah pada halaman web: informasi customer service, contact information, informasi tentang siapa yang bertanggung jawab pada website atau informasi mengenai siapa yang membuat konten.”

Kemudian dinyatakan lagi pada halaman 42:

“…kami berharap semua website memiliki informasi seputar siapa (contoh: individu, perusahaan, bisnis, foundation apa, dst.) yang bertanggung jawab terhadap website dan siapa yang membuat main content (MC), juga beberapa informasi kontak, kecuali ada alasan tertentu untuk anonimitas.”

Baca juga: Apakah Click Depth Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti Sanggahan: Informasi Kontak Bukan Faktor yang Memengaruhi Ranking

Pada acara Google Webmaster Central hangout di tahun 2016, John Mueller sebagai Search Advocate Google ditanya, “Mungkinkan tanpa adanya informasi kontak pada news magazine menyebabkan ranking web yang buruk di Google News atau di Google News Snippet pada organic search?”.

Jawaban John Mueller:

“Saya tidak tahu tentang Google News, jadi Saya tidak dapat mengomentari hal itu. Sehubungan dengan normal web search, Saya tidak menganggap kami (Google) melihat beberapa hal seperti informasi kontak pada halaman web. Jadi hal tersebut mungkin bukanlah sesuatu yang harus kami fokuskan untuk web search ranking.”

Secara personal John menambahkan, bahwa dia sangat menghargai sebuah website yang menampilkan informasi kontak karena memungkinkan Google untuk menghubungi secara langsung jika Google melihat adanya major site error seperti adanya tag noindex yang diterapkan di seluruh website.

Baca Juga:   Apakah Latent Semantic Indexing (LSI) Memengaruhi Ranking di Google Search?

John juga menyampaikan, khususnya terhadap news website, tidak memberikan informasi kontak bisnis tampak seperti memberikan user experience yang buruk.

Baca juga: Apakah Bookmark Website di Chrome Memengaruhi Ranking di Google Search?

Kesimpulan Informasi Kontak  MUNGKIN DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Google menggunakan informasi kontak di local listing sebagai local ranking factor.

Meskipun John Mueller menyatakan keraguan bahwa informasi kontak di web dapat digunakan dalam web (organic) search ranking, namun hal itu terjadi pada tahun 2016.

Apalagi Google telah mengeluarkan E-A-T dan standar yang lebih tinggi untuk YMYL yang lebih menonjol dalam rilisan Quality Raters Guidelines di tahun 2015.

Pada intinya, semua alasan di atas menjadi bukti bahwa menampilkan informasi kontak pada website bisa menjadi faktor yang dapat memengaruhi ranking apalagi jika informasi di dalamnya terkait kesehatan dan kehidupan seseorang.

Mari bersama-sama membangun industri SEO di Indonesia yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/contact-information-ranking/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment