Apakah teman-teman merasa bahwa industri SEO di Indonesia ini sudah maju? Sebagian besar dari Anda mungkin menjawab sudah sadar.
Pasalnya, saat ini bisa dibilang banyak sekali kursus online yang dikhususkan untuk membahas SEO.
Di sisi lain, SEO juga sudah mulai menjadi perhatian para bisnis-bisnis besar untuk mengembangkan strateginya secara online.
Namun, benarkah hanya dari benchmark di atas kita bisa mengatakan bahwa industri SEO di Indonesia sehat dan maju?
Izinkan saya beropini mengenai hal tersebut melalui artikel ini. Saya melakukan observasi dengan melihat industri SEO yang berada di USA dan UK, di mana negara tersebut bisa dibilang menjadi kiblat industri SEO di dunia.
Dari hasil observasi saya, setidaknya ada lima tanda industri SEO di suatu negara bisa dikatakan maju.
Daftar Isi
Tanda-tanda Ekosistem Industri SEO Semakin Maju
1. Banyaknya SEO agency dengan spesialisasi industri
Industri SEO yang sudah maju itu memiliki nilai yang sangat besar. Dengan begitu, maka perannya di dunia marketing tidak hanya dimakan oleh digital marketing agency yang sifatnya 360 alias fokus ke berbagai strategi marketing, tidak hanya spesifik di SEO.
Ada SEO agency yang sifatnya niche hanya melayani klien industri tertentu.
Di Iuar negeri, ada salah satu SEO agency yang mempunyai spesialisasi industri sendiri seperti Hennessey Digital yang berfokus pada industri pengacara/firma hukum.
Selain itu, ada juga SEO agency yang fokus industri hospitality seperti Hotel SEO agency, SEO agency khusus menangani travel seperti Get Found dan SEO agency yang khusus menangani industri finansial seperti FirstPageSage.
Sementara itu, di Indonesia sendiri saat ini yang masih banyak yaitu agensi digital marketing. Agensi SEO bisa dibilang masih bisa dihitung jari seperti Search Agency yang dibangun sama Ridho Putradi S’Gara, kemudian Batara Ismaya punya Reza Putra serta DailySEO ID punya saya sendiri.
Jadi, kalau kita lihat secara langsung, masih sedikit agensi khusus SEO yang ada di Indonesia.
Dari sini kita bisa simpulkan bahwa industri SEO kita perlu ditingkatkan lagi supaya dapat menyamai industri SEO di luar negeri.
2. Banyaknya individu yang punya keahlian SEO di bidang tertentu
Kalau kita melihat di luar negeri, sudah ada beberapa SEO Specialist yang menguasai bidang tertentu. Contohnya, Brian Dean yang menguasai link building, Eli Schwartz yang menguasai bidang strategic SEO dan Aleyda Solis yang menguasai SEO Internasional dan lain-lain yang mempunyai reputasi dan keahlian di masing-masing bidangnya.
Sayangnya, di Indonesia sendiri masih bisa dihitung jari untuk orang-orang yang expert di bidang tertentu.
Oleh karena itu, ini bisa menjadi kesempatan teman-teman untuk mengambil alih bidang SEO tertentu dan memajukan industri SEO di Indonesia.
Untuk belajar SEO, teman-teman bisa memulainya lewat SEO Fundamental Course DailySEO ID batch 8.
Di kelas tersebut, Anda bisa belajar SEO dari nol sampai advance dan bisa langsung bertanya atau sharing pengetahuan Anda mengenai SEO di dalam kelas.
3. Banyaknya content creator di bidang SEO
Lagi-lagi, di luar negeri sudah banyak sekali konten-konten yang membicarakan tentang SEO di berbagai platform seperti YouTube, LinkedIn, podcast maupun media sosial lainnya.
Bisa dikatakan, sudah banyak content creator yang bertebaran dengan bahasa Inggris dan memberikan edukasi mengenai SEO ke audiens.
Dengan keadaan seperti itu, maka tak heran jika industri SEO di sana semakin maju karena semakin banyak orang yang mengerti SEO lewat content creator.
Sementara itu, di Indonesia lagi-lagi content creator untuk SEO masih bisa dihitung jari, salah satunya DailySEO ID.
Seperti slogan yang saya bawa “belajar SEO setiap hari” saya akan terus mencoba untuk konsisten dalam membuat konten mengenai SEO kepada audiens melalui berbagai channel agar pesan yang saya sampaikan dapat diterima dengan baik oleh banyak orang.
Selain itu, ada beberapa rising star yang sudah mencoba untuk rutin membuat konten mengenai SEO. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut perlu dibuktikan dengan tingkat konsistensi mereka dalam pembuatan konten.
4. Tingkat kerutinan event/conference tentang SEO
Apakah teman-teman pernah mendengar event-event SEO seperti Brighton SEO, Search Marketing Expo (SMX Munich), PubCon, hingga MozCon?
Event-event tersebut merupakan event yang berisi pembahasan SEO mendalam dan rutin bertahun-tahun diadakan di luar negeri.
Berkat adanya event tersebut, tentu saja semakin banyak orang-orang yang ingin belajar SEO lebih dalam lagi karena ada wadah yang tersedia.
Sementara itu, di Indonesia sendiri event SEO yang rutin diadakan tahunan ada SEOCon yang sudah ada sejak 2019, kemudian ada event tahunan dari TurnBacklink.com dari Radius Arianto, event bulanan Digital Talkline dari Erwin Petas, dan event mingguan Warkop KSI di Komunitas SEO Indonesia.
Lagi-lagi, masih bisa dihitung jari dan kita perlu memperbanyak event SEO lagi di Indonesia supaya semakin banyak orang yang mengetahui tentang industri ini.
5. Banyaknya kursus SEO
Saya melihat dalam 2-3 tahun terakhir sudah banyak bermunculan kursus SEO, baik dalam bentuk pelatihan, kelas online, hingga bootcamp.
Semakin banyak praktisi SEO yang menyediakan kursus SEO dan rutin diadakan, seperti kursus SEO dari DailySEO ID, Belajarlagi, Ilmi Digital Course dan lain-lain.
Selain itu, ada juga kelas SEO yang diadakan oleh individu seperti kelas SEO dari Fadhil Dzikri Muhammad, Nur Anasta Rahmat, serta Ridho Putradi S’Gara.
Melalui wadah di atas, kita jadi bisa mengakses SEO lebih dalam dan lebih mudah sehingga dapat mempelajarinya dengan baik.
Tanda di Indonesia Baru Muncul Satu, Sisanya Harus Menyusul!
Jika dilihat dari kelima tanda di atas, tanda nomor lima sudah terlihat di Indonesia. Tinggal empat tanda lagi maka kita bisa membuat industri SEO di Indonesia semakin maju dan sehat.
Sebagai satu bagian (kecil) dari industri SEO di tanah air, saya dan tim DailySEO ID mempunyai misi untuk bisa berkontribusi dalam memajukan ekosistem ini.
Saya ingin praktisi SEO di Indonesia makin dihargai mahal. Saya ingin perusahaan/klien juga semakin paham SEO sehingga mau menghargai praktisi SEO-nya mahal. Inilah pendorong ekosistem SEO Kita supaya semakin maju ke depannya.
Kalau menurut teman-teman bagaimana? Setuju atau tidak dengan opini saya mengenai industri SEO di Indonesia? Kira-kira, apa lagi tanda-tanda ekosistem industri SEO kita semakin maju?
Teman-teman bisa menuangkan pendapat Anda mengenai industri SEO di Indonesia dengan para praktisi SEO Indonesia dengan join grup Telegram DailySEO ID.
Di sana, ada banyak praktisi SEO yang siap untuk diajak diskusi perihal pembahasan di atas ataupun SEO secara global.