Teman-teman bisa mengecek traffic suatu website dengan berbagai tools seperti Google Analytics, Ahrefs, Semrush, Similarweb, dan berbagai situs lainnya. Namun, mungkin Anda pernah merasa heran karena setiap tools memberikan hasil yang berbeda-beda.
Mengapa hasil pengecekan traffic website berbeda-beda pada setiap tools? Berikut hasil observasi dari saya. Simak artikelnya sampai selesai!
Daftar Isi
Penyebab Setiap Tools Memberikan Hasil Traffic Website yang Berbeda
Penyebab utama dari perbedaan atau selisih traffic website antar tools adalah perbedaan antara crawler atau bot perayap dari tools tersebut.
Jadi, wajar saja jika ada perbedaan antara traffic hasil pengecekan Similarweb dengan pengecekan yang diimplementasikan dengan tools Ahrefs.
Tools Apa yang Jadi Rujukan Utama untuk Mengetahui Traffic?
Google Analytics atau search console mesin pencari (seperti Google Search Console dan Bing Webmaster Tools) menjadi rujukan utama untuk mengetahui traffic yang akurat karena merupakan 1st party tools.
Sementara itu, Similarweb, Ahrefs, Semrush, dan Ubersuggest adalah 3rd party tools.
Jadi, jika data Google Analytics dan Similarweb berbeda, data yang lebih akurat adalah yang berasal dari Google Analytics.
Jadi, Apakah 3rd Party Tools untuk Mengecek Traffic Masih Diperlukan?
3rd party tools masih penting untuk mengecek/mengestimasi traffic kompetitor. Lagipula, tidak mungkin kompetitor memberikan data dari 1st party tools mereka secara cuma-cuma, apalagi sengaja.
Meski tidak seakurat 1st party tools, 3rd party tools bisa membantu untuk benchmark kompetitor serta melakukan analisis kompetitor, terutama ketika teman-teman sedang meracik strategi SEO.
Kesimpulan: Jadikan 1st Party Tools sebagai Acuan Utama
Meski terdapat berbagai perbedaan traffic antar tools, acuan utama traffic website tetap 1st party tools seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Bing Webmaster Tools.
Perbedaan adalah yang wajar karena setiap tools punya crawler yang berbeda. Namun, hal yang paling penting adalah teman-teman bisa memakai data dari tools tersebut dengan baik.
Apabila teman-teman ingin mendiskusikan pembahasan di atas dengan para praktisi SEO di Indonesia, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram DailySEO ID.
Kemudian, buat Anda yang masih awam dengan dunia SEO dan ingin mempelajarinya dari nol, kami sarankan untuk mendaftarkan diri di SEO Fundamental Course DailySEO ID batch 8.
Materi yang dibawakan akan mulai dari basic hingga advance dan materinya langsung dibawakan oleh founder DailySEO ID, Muhammad Ilman Akbar.