Apakah ada teman-teman yang sedang menjalankan UMK (usaha mikro & kecil)? Jika demikian, mungkin salah satu tantangan terbesarnya yaitu memikirkan strategi marketing yang tepat.
Di era digital saat ini, platform untuk promosi bisnis kita bisa dibilang sangat luas. Kita bisa membuat konten yang menarik melalui media sosial supaya dapat menarik konsumen baru ataupun membuat website yang berisi informasi produk/jasa, beserta artikel edukasinya, untuk memberikan awareness kepada konsumen.
Ya, opsi marketing lewat website sendiri tentu akan mengarah pada penggunaan jasa praktisi SEO.
Kalau menurut teman-teman sendiri, apakah UMK perlu menggunakan jasa SEO pihak ketiga untuk meningkatkan strategi marketing?
Daftar Isi
- UMK Tidak Perlu Menggunakan Jasa SEO Pihak Ketiga
- Solusi buat UMK yang Ingin Coba SEO dengan Budget Terbatas
- 1. Miliki ekspektasi yang benar tentang SEO
- 2. Apakah UMK Anda memang benar-benar butuh SEO?
- 3. Set ekspektasi terhadap kualitas jasa SEO yang Anda dapatkan
- 4. Dengan budget segitu lebih baik digunakan untuk belajar SEO
- 5. Jangan cari “jasa SEO”, cari jasa yang lebih spesifik
- 6. Berpartner dengan praktisi SEO individu yang bisa dipercaya
- Pengalaman dari Praktisi SEO yang Pernah Kerjasama dengan UMK
- Pakai Jasa SEO dengan Bijak bagi UMKM
UMK Tidak Perlu Menggunakan Jasa SEO Pihak Ketiga
Mengapa opini saya seperti ini? Sederhana saja karena budget usaha mikro & kecil ini terlalu sedikit untuk bisa mendapatkan jasa SEO yang layak. Bahkan, bisa dibilang hampir sebagian besar belum membutuhkan SEO.
Saya sempat kepikiran untuk menghitung berapa budget SEO per bulan berbagai bisnis di Indonesia menurut omzetnya, berdasarkan UU No.20/2008. Dari omzet, saya mengasumsikan budget marketing bulanan, lalu budget SEO-nya.

Dari hasil gambar di atas, ternyata hanya usaha menengah dan ke atas yang bisa mempunyai budget layak untuk menggunakan jasa SEO pihak ketiga.
Sementara itu, usaha kecil diperkirakan hanya sanggup membayar jasa SEO pihak ketiga paling banyak 1 juta per bulan!
Dalam artian lain, hampir sebagian besar praktisi SEO, baik itu freelancer ataupun agensi yang tidak menerima budget dengan nominal itu.
Akan tetapi, bukan tidak menutup kemungkinan dengan budget seperti itu Anda bisa mencoba untuk menerapkan strategi SEO untuk meningkatkan bisnis teman-teman.
Solusi buat UMK yang Ingin Coba SEO dengan Budget Terbatas
Saya mempunyai beberapa solusi yang mungkin bisa teman-teman UMK terapkan jika ingin mencoba SEO (Search Engine Optimization) dengan budget terbatas.
1. Miliki ekspektasi yang benar tentang SEO
Sebagian besar orang, khususnya orang yang awam terhadap SEO mungkin beranggapan bahwa SEO merupakan channel marketing yang bisa mendapatkan traffic secara gratis.
Itu memang benar kalau optimasi SEO kita sudah berhasil dan mendapatkan ranking di SERP (Search Engine Result Page) Google.
Akan tetapi, di balik layar itu harus ada beberapa hal yang membutuhkan biaya seperti merekrut orang untuk optimasi SEO, waktu hingga mengasah skill untuk bisa mencapai titik itu.
Jadi, bisa dibilang SEO tidak murni gratis. Hal ini yang perlu teman-teman UMK terapkan jika ingin mencoba strategi SEO.
2. Apakah UMK Anda memang benar-benar butuh SEO?
Hal lain yang perlu teman-teman ketahui yaitu bahwasanya tidak semua bisnis cocok dioptimasi dengan SEO.
Seperti apa contohnya? Ketika teman-teman masih dalam situasi bertahan dalam menjalankan bisnis dan belum yakin bahwa bisnis ini bisa sampai tahun depan, maka Anda tidak terlalu membutuhkan SEO untuk strategi jangka panjang.
Selain itu, teman-teman juga tidak memerlukan SEO kalau Anda masih menjual barang-barang dari produk orang lain alias masih affiliate dan tidak mempunyai produk dan brand sendiri.
Di sini menjadi titik utama yang perlu mendapat perhatian lebih bagi teman-teman yang hendak menggunakan SEO.
Pasalnya, jika Anda masih memutarkan modal untuk bisnis Anda, sebaiknya tunda rencana Anda untuk mengimplementasikan strategi SEO.
3. Set ekspektasi terhadap kualitas jasa SEO yang Anda dapatkan
Jika memang teman-teman UMK ingin coba jasa SEO, tetapi budget-nya terbatas, saya sarankan untuk tidak mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap hasil yang didapatkan.
Seperti kata kebanyakan orang, ada harga, ada rupa. Kalau kita lihat dari segi praktisi SEO, memang ada saja freelancer yang menyediakan jasa SEO untuk UMK dengan budget yang tidak begitu besar.
Akan tetapi, hasil yang berkualitas tentu saja membutuhkan harga yang sepadan.
Jadi, untuk masalah ini sebaiknya Anda memikirkannya dengan matang daripada sudah keluar uang sekian tetapi hasil SEO yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.
4. Dengan budget segitu lebih baik digunakan untuk belajar SEO
Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu mempunyai kalkulasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis teman-teman.
Dibanding menggunakan jasa SEO dengan budget seadanya yang berpotensi mendapatkan hasil yang tidak diinginkan, lebih baik gunakan untuk belajar SEO.
Anda pasti percaya bahwa investasi dengan return terbaik adalah investasi ke diri sendiri.
Mulai pertimbangkan untuk ikut kursus SEO dan praktikkan ilmu yang teman-teman dapatkan untuk menjalankan SEO secara sendiri untuk bisnis. Faktanya, banyak yang melakukan hal seperti itu, lho!
Saat ini, ada banyak sekali pilihan kursus SEO yang bisa Anda ikuti, salah satunya yaitu SEO Fundamental Course DailySEO ID batch 8.
Kursus SEO dari DailySEO akan menyajikan berbagai materi SEO yang bisa Anda terapkan untuk bisnis, mulai dari basic SEO hingga advance.
5. Jangan cari “jasa SEO”, cari jasa yang lebih spesifik
Kalau sudah belajar SEO, teman-teman akan tahu bahwa proses SEO tidak sesederhana yang Anda bayangkan.
Anda bisa “mencicil” proses SEO itu dengan mencari jasa yang lebih spesifik serta lebih masuk dengan budget teman-teman.
Sebagai contoh, Anda cari jasa seperti keyword research, jasa content writing, jasa website audit, jasa local SEO, jasa backlink, dan lain sebagainya yang lebih spesifik ketimbang hanya “jasa SEO” saja.
6. Berpartner dengan praktisi SEO individu yang bisa dipercaya
Teman-teman punya kenalan seorang praktisi SEO? Cobalah untuk ajak berkolaborasi untuk mengembangkan bisnis Anda.
Nantinya, sistem yang dipakai yaitu bagi hasil berdasarkan penjualan dari SEO. Jadi, sifatnya bukan “membeli jasa”, melainkan “partnership”.
Dengan begitu, maka dari pihak Anda dan pihak rekan Anda sama-sama diuntungkan. Anda bisa meningkatkan bisnis dengan budget terbatas, kemudian rekan Anda bisa mengembangkan skill-nya dengan menambah jam terbang SEO.
Akan tetapi, namanya berpartner, tentu harus menemukan partner yang memang cocok (persis seperti jodoh).
Lalu karena kita bicara duit, pastikan adanya perjanjian kerjasama yang mengatur hak & kewajiban masing-masing.
Pengalaman dari Praktisi SEO yang Pernah Kerjasama dengan UMK
Ade Rizki Yulianto, SEO Consultant di DailySEO ID sekaligus Founder UMKM Visit Kemuning membagikan pengalamannya sebagai pemilik bisnis UMK sekaligus praktisi SEO.
Menurut hemat Ade, ia memaparkan bahwa tidak semua UMKM itu membutuhkan jasa pihak ketiga SEO, tetapi ada beberapa UMKM yang memerlukannya tergantung dengan budget dan kebutuhan bisnisnya.
Selain itu, Ade juga menambahkan bahwa UMKM yang sifatnya jasa atau B2B bisa saja memakai jasa SEO, asalkan sudah dipikirkan alokasi budget, konsekuensinya dan ROI-nya seperti apa.
Lalu, dari sudut pandang praktisi SEO, Ade juga menambahkan bahwa tidak masalah jika kita mengambil job dari UMKM dengan harga yang tidak begitu besar. Hal tersebut bisa menambah jam terbang kita sebagai SEO Specialist.
Bahkan, Ade sebelumnya juga pernah bekerjasama dengan UMKM, yaitu Visit Kemuning dengan sifat partnership, di mana awalnya tidak meminta biaya apapun dan pada akhirnya sampai sekarang Ade menjadi Founder di Visit Kemuning.
Pakai Jasa SEO dengan Bijak bagi UMKM
Kesimpulannya yaitu tidak ada salahnya bagi UMKM untuk memakai jasa SEO dengan tujuan meningkatkan strategi marketing, khususnya melalui online.
Akan tetapi, hal ini perlu diperhatikan dengan saksama. Apakah budget kita memenuhi untuk memakai jasa SEO yang berkualitas? Atau sebaiknya dananya dipakai untuk keperluan yang lain seperti ikut kursus SEO supaya mempunyai pengetahuan terlebih dahulu sebelum memakai jasanya.
Jika ada keraguan di dalam diri Anda mengenai hal tersebut, Anda bisa berdiskusi dengan para praktisi SEO melalui grup Telegram DailySEO ID.
Satu lagi, kalau sudah yakin untuk mengikuti kelas SEO, segera daftarkan diri Anda di SEO Fundamental Course DailySEO ID batch 8!