Tips bagi pemilik bisnis atau marketing leaders: jika mau hire SEO, baik in-house maupun vendor 3rd party, pastikan Anda minta portfolio SEO mereka.
Minta URL dari website yang mereka pernah optimasi: bisa website sendiri, atau yang pernah menjadi kliennya.
Strategi SEO yang pernah mereka implementasi di masa lalu & hasil yang mereka dapatkan bisa jadi gambaran tentang hasil apa yang akan Anda dapatkan kelak.
Tentu Anda tidak ingin mendapatkan karyawan atau vendor yang zonk. Sudah keluar duit, tapi tidak kunjung mendapatkan kenaikan traffic atau hasil bisnis yang diharapkan.
Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu tahu SEO seperti apa yang sudah mereka lakukan sebelumnya.
Mintalah portfolio URL website yang pernah mereka optimasi.
Karena kalau sudah dapat URL website portfolio mereka, kita bisa “reverse engineer” optimasi apa saja yang sudah mereka lakukan di website itu:
1. Kita bisa tahu traffic SEO mereka. Apakah tumbuh, apakah stagnan, apakah turun?
2. Kita bisa melihat strategi pemilihan topik/keywords-nya. Apa topik yang dikuasai? Apakah bidangnya serupa dengan bisnis saya?
3. Kita bisa melihat strategi kontennya. Apa topik yang diangkat, bagaimana kualitas penulisannya?
4. Kita bisa melihat kualitas technical SEO-nya. Apakah struktur website-nya mudah untuk users & crawler?
5. Kita bisa melihat strategi off-page-nya. Backlinks seperti apa yang didapatkan?
Jika Anda bisa mengevaluasi kelima hal ini, Anda bisa mendapat gambaran sejauh mana kapasitas & kemampuan SEO mereka.
Dan memutuskan apakah harga yang mereka tawarkan sebanding dengan (potensi) hasil yang akan mereka berikan.
“Tapi mas Ilman, saya sangat awam tentang SEO”.
“Saya kurang paham bagaimana SEO yang baik & tepat untuk bisnis saya”
Apakah Anda termasuk yang merasa seperti ini?
Ingin sekali memanfaatkan SEO untuk pertumbuhan bisnisnya, tapi khawatir salah langkah seperti cerita yang sudah-sudah?
Jika iya, bagaimana kalau kami di DailySEO ID membuat course SEO eksklusif untuk Anda?
Kami akan mengajarkan prinsip-prinsip SEO yang penting diketahui oleh pemilik maupun marketing leader di perusahaan.
Harapannya, jika kelak Anda hire in-house atau memakai vendor SEO, Anda bisa bekerjasama dengan baik untuk mencapai grow bisnisnya.
Apakah ide course SEO khusus pemilik bisnis ini menarik?
Jika iya & Anda tertarik ingin tahu lebih lanjut, bolehkah isi form berikut? https://bit.ly/45g4Azq
Saya ingin melihat seberapa banyak peminatnya sebelum kami buat course-nya.
Akhir kata, sangat penting bagi kita untuk bisa paham sesuatu sebelum terjun ke dalamnya. Sama pula halnya dengan SEO.
Pemilik bisnis harus paham SEO itu seperti apa sebelum melakukan SEO, agar SEO bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan return terbaik untuk bisnisnya.
Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar SEO dan mencari komunitas yang berisi para praktisi SEO dan blogger, silakan bergabung di telegram DailySEO ID untuk tetap terkoneksi dengan kami.