Domain Name (Nama Domain) merupakan salah satu aspek penting yang pertama kali dipikirkan bagi orang yang ingin membuat website.

Sebagian orang akan menggunakan domain name sesuai dengan nama brand-nya, sebagai contoh adalah indomaret.co.id, alfamart.co.id, tokopedia.com, bukalapak.com, dan seterusnya.

Ada juga lainnya yang menggunakan exact match domain name (nama domain pencocokan persis) sesuai dengan keyword yang sedang ditargetkan semisal jual sepatu murah (jualsepatumurah.co.uk), jual dress wanita (jualdresswanita.it), jual obat herbal (jualobatherbal.us), dan lain sebagainya.

Exact match domain name seperti pada contoh di atas umumnya memasukkan keyword phrase yang ingin di-ranking di search engine results page (SERP) karena dianggap mempunyai pengaruh signifikan terhadap Google Search ranking.

Contoh lainnya, ini adalah produk Google yang menggunakan EDM:

Exact Match Domain Name
Via Zebratechies.com

Setelah tahu pembahasan dasar dari exact match domain, mari kita kupas lebih lanjut lagi mengenai domain name ini, apakah mampu memengaruhi ranking ataukah tidak, baca sampai akhir ya!

Baca juga: Apakah Domain History (Riwayat Domain) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Klaim: Domain Name Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Teman-teman DailySEO ID mungkin pernah mendengar beberapa orang yang mengatakan bahwa exact match domain mampu mendongkrak kredibilitas instan.

Memang ada fakta ketika nama domain Hotels.com laku terjual dengan harga 11 juta dollar pada tahun 2003 yang lalu, dan menjadikannya sebagai salah satu pembelian nama domain termahal sepanjang masa (setidaknya sampai artikel ini ditulis).

Baca Juga:   Panduan Lengkap Google Analytics untuk SEO: GA4 dan Universal Analytics

Karena hal tersebutlah muncul teori ketika kita memiliki keyword phrase pada domain name akan memberikan benefit ranking yang tinggi.

Dulu, bahkan hingga saat ini, ada sebagian orang yang mengatakan kepada penulis jika menggunakan domain name sesuai keyword itu sangat bermanfaat untuk SEO.

Tapi apakah benar seperti itu? Mari kita lihat bukti-bukti di bawah.

Baca juga: Apakah Domain Authority (DA) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti: Apakah Domain Name Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Apakah Domain Name Memengaruhi Ranking?

Pada tahun 2011, Bill Slawski menginvestigasi Google’s exact match domain patent dan memberikan sejumlah informasi yang bermanfaat di dalamnya.

Berdasarkan paten tersebut, Bill Slawski memuat teori bahwa cukup memungkinkan keyword pada domain mampu bekerja lebih baik.

Kemudian pada tahun yang sama, Matt Cutts dari Google membahas apa yang menjadi kekhawatiran mengenai domain name di Webmaster Hangout

Matt Cutts menyatakan:

Sekarang jika Anda masih ragu, biarkan saya memberikan sedikit saran, kami (Google) telah mengecek ranking dan bobot yang kami berikan terhadap keyword domain, dan sebagian orang mengeluh karena kami memberikan bobot lebih terhadap keyword pada domain.

Matt Cutts

Dari sejumlah bukti di atas, cukup jelas bahwa domain name mampu memengaruhi ranking (pada saat itu).

Namun di tahun 2012, Matt Cutts menginformasikan via Twitter bahwa keyword di domain name akan memberikan dampak negatif pada ranking jika dilakukan secara tidak benar.

Dan pada hari ini, domain name sama sekali tidak memberikan dampak apapun terhadap Google ranking.

Search Advocate Google, John Mueller telah menyatakan hal ini di tahun 2020:

Hanya karena sebuah website memiliki keyword di dalam domain, tidak berarti website itu lebih relevan dibanding website lainnya untuk keyword tersebut. Singkatnya, Anda tidak perlu memasukkan keyword ke nama domain.

John Mueller

Seberapa pentingkah Exact Match Domain Name?

Menggunakan exact match domain name saat memilih nama domain untuk website teman-teman ibarat Anakin Skywalker yang sedang meniti jalan untuk menuju sisi gelap (the dark side), alias menjerumuskan diri sendiri. Exact match domain bisa dikatakan hanyalah omong kosong dari sudut pandang ranking factor.

Baca juga: Apakah Domain Age (Umur Domain) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Baca Juga:   SEO Spammer Membuat Google Makin Lambat Melakukan Crawling & Indexing Setiap URL

Kesimpulan Domain Name TIDAK DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari dan membeli domain dengan keyword di dalamnya, karena exact match domain name kini sudah tidak relevan lagi untuk dipraktekkan dan tidak dapat memengaruhi ranking di Google Search.

Meskipun ada satu pengecualian terkait exact match domain, yaitu masih bisa mendapatkan ranking tertinggi jika kasus penggunaannya adalah terkait navigational search, navigational intent, atau navigational keyword.

Contoh paling mudahnya adalah ketika orang mengetikan “facebook” di Google Search, maka mereka bisa dipastikan bermaksud untuk membuka website Facebook, dan inilah yang dimaksud navigational.

Bagaimana? Apakah teman-teman masih menerapkan penggunaan keyword pada domain name? Yuk beritahu DailySEO ID dengan menuliskan tanggapannya pada kolom komentar di bawah.

Mari bersama-sama membangun industri SEO di Indonesia yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/domain-name/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment