Ketika kita mengunjungi sebuah website, entah itu untuk tujuan kolaborasi ataupun mencari informasi tentang pemilik situs atau brand tersebut, kita seringkali menuju ke halaman seperti “About Us”, “Company Profile”, atau “Contact Us”.

Halaman-halaman ini menjadi sumber informasi penting tentang siapa yang mengelola, memiliki, atau bertanggung jawab atas situs tersebut.

Namun, muncul pertanyaan penting dalam konteks SEO: Seberapa pentingkah halaman seperti “Company Profile”, “About Us”, dan “Contact Us” untuk meningkatkan performa SEO sebuah situs?

Berikut jawabannya!

Jawaban Google

Menurut John Mueller, search advocate di Google, tidak terdapat dokumentasi resmi dari tim search developer Google yang menyatakan bahwa pemilik situs diwajibkan untuk menyertakan halaman seperti “Company Profile”, “Contact Us”, atau “About Us”.

Ini menandakan bahwa keberadaan halaman-halaman tersebut tidak diwajibkan oleh Google untuk tujuan SEO.

Namun, penting untuk kita mempertimbangkan nilai dalam konteks kepercayaan dan transparansi terhadap pengunjung situs.

Jadi, Apakah Laman Company Profile, About Us, atau Contact Us Tidak Penting?

Meski tidak ada dokumentasi dari search developer Google tentang kewajiban untuk mencantumkan laman company profile, about us, atau contact us, menurut hemat kami, sebaiknya situs Anda tetap memiliki laman tersebut karena memengaruhi user experience

Menurut Google’s quality raters guideline, Google secara terang-terangan meminta search rater mereka untuk melihat siapa yang bertanggung jawab atas suatu situs.

Dalam menentukan kualitas suatu laman, rater harus mempertimbangkan E-E-A-T:

  • Pengalaman langsung dari kreator kontennya 
  • Keahlian dari kreator kontennya 
  • Otoritas kreator konten dan situsnya
Baca Juga:   Algoritma Google Bocor? Ini Insight Berharga untuk Praktisi SEO

Ketiga aspek di atas tidak akan diketahui jika tidak ada informasi yang jelas tentang siapa pemilik/kreator situsnya yang mana informasi tersebut biasanya terdapat pada laman company profile, about us, atau contact us.

Dikutip dari Google’s quality raters guideline, search rater me-review informasi yang ada pada situs. Siapa pemilik situs dan kreator kontennya harus jelas informasinya, meskipun lewat alias (nama samaran) atau username.

Intinya, jika Anda ingin menerapkan E-E-A-T, maka Anda harus mengisi laman identitas pemilik situs pada situs Anda seperti company profile, about us, atau pun contact us.

Kesimpulan: Laman Company Profile, About Us, dan Contact Us Penting untuk SEO

Meski tidak ada dokumentasi search developer Google yang menyebutkan bahwa laman seperti company profile, about us, dan contact us wajib dicantumkan oleh pemilik situs, laman tersebut tetap penting untuk ada karena merupakan penerapan E-E-A-T.

Bayangkan jika Anda menemukan situs yang tidak jelas siapa yang bertanggung jawab atas situsnya atau situsnya diurus anonim.

Pastinya mencurigakan dan tidak mengimplementasikan unsur trust (kepercayaan dalam Google E-E-A-T).

Apalagi jika situs Anda merupakan milik perusahaan yang mana tujuan situsnya adalah menghasilkan prospek hingga revenue.

Perkenalkan lah situs Anda kepada user dengan jelas. Bukan justru membuat user curiga dengan ketidakjelasan identitas pemilik situs.

Akhir kata, semuanya kembali ke user experience.

Demikianlah artikel mengenai peran halaman About Us dan Contact Us terhadap SEO, jika teman-teman memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Baca Juga:   Seputar DuckDuckGo, Mesin Pencari yang Baru saja Diblokir Pemerintah

Referensi:

https://www.searchenginejournal.com/google-about-us-contact-pages-not-important/512241

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

4 Comments

Write A Comment