Google Analytics (GA) bukan hanya digunakan untuk memantau website, Google Analytics juga bisa mendongkrak keyword ranking!

Kurang lebih, seperti itulah perkataan yang dilontarkan oleh para bos dan klien kepada seorang SEO Specialist.

Apakah Anda juga merasakan hal serupa?

Mungkinkah pernyataan mereka itu benar adanya?

Atau benarkah Google Analytics merupakan faktor yang memengaruhi ranking di Google Search?

Untuk mendapatkan jawabannya, silakan baca tulisan ini sampai akhir!

Klaim: Penggunaan Google Analytics Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Beredar kabar yang sampai ke telinga kita bahwa menghapus kode Google Analytics dari website akan menyebabkan penurunan ranking di search engine results page (SERP).

Lebih parahnya lagi akan menyebabkan penalti.

Juga ada kabar tentang Google menggunakan data Google Analytics sebuah website untuk me-ranking website tersebut.

Agar kita tidak tenggelam dalam asumsi kosong semata, mari kita cek sejumlah data dan faktanya di artikel ini.

Bukti: Apakah Penggunaan Google Analytics Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Google Analytics adalah sebuah tool untuk membantu Anda dalam mengukur Return On Investment (ROI), melihat user secara real-time, page view, dan seterusnya supaya kita dapat memahami user lebih baik lagi.

Tujuan Google sudah cukup jelas semenjak mengakuisisi Urchin Web Analytics di tahun 2005, dan saat ini kita mengenalnya dengan nama Google Analytics.

Baca Juga:   Wawancara Eksklusif Botify: Tren SEO bagi Bisnis di 2022, Mengenal Lebih Jauh Enterprise SEO, dan Platform SEO untuk Enterprise

Mantan kepala tim webspam Google, Matt Cutts, menjawab pertanyaan terkait Google Analytics sebagai faktor ranking di dalam video tahun 2010 ini:

Via Anna Crowe Screenshot

Matt Cutts menyatakan:

Google Analytics tidak digunakan dalam search quality dalam berbagai cara untuk memberikan ranking di Google.

Gary Illyes pun mengatakan hal yang serupa di tahun 2017:

Kami (Google) tidak menggunakan ‘apapun’ dari di Google Analytics ke dalam algoritma

Masih belum yakin juga?

Sekarang mari kita coba lihat apa yang disampaikan oleh Search Advocate Google, John Mueller, di Twitter pada tahun 2018:

Supaya jelas: tidak ada penalti dalam menggunakan atau tidak menggunakan Google Analytics yang berhubungan dengan Google Search

Agar tidak memunculkan kebingungan, John Mueller pun melanjutkan pernyataannya terkait Google Analytics tidak diwajibkan untuk Google Search.

Google Analytics memberikan Anda banyak wawasan mengenai website Anda dan tentang bagaimana user menggunakannya, namun Google Analytics tidak wajib bagi Google Search.

Mungkinkah Website Saya Terkena Penalti karena Menggunakan Google Analytics?

Cukup sulit ketika kita berbicara apa yang menyebabkan penalti di Google Search atau tidak, apalagi jika teman-teman DailySEO ID membaca artikel yang dibuat oleh kompetitor Google Analytics ini.

Artikel di atas membuat salah satu SEO Consultant ternama, Bill Hartzer, bertanya langsung dan meminta tanggapan John Mueller.

Anna Crowe Screenshot

Dan berikut adalah tanggapan dari John Mueller:

Anna Crowe Screenshot

Juga semakin jelas ketika di tahun 2010, Matt Cutts menyatakan hal berikut:

Jawabannya adalah tidak. Webspam tidak menggunakan Google Analytics, dan beberapa waktu yang lalu saya melakukan pengecekan search quality secara umum tidak menggunakan Google Analytics ke dalam ranking.

Intinya, Anda dapat menggunakan Google Analytics, Anda boleh tidak menggunakan Google Analytics, penggunaannya sama sekali tidak memengaruhi ranking website Anda di search results.

Anna Crowe Screenshot

Apakah Google Menggunakan Google Analytics untuk Meningkatan Indexing?

Mitos tentang Google Analytics lainnya adalah Google menggunakan Google Analytics untuk keperluan indexing. Padahal nyatanya tidak.

Baca Juga:   Update Algoritma Google Terbaru 31 Maret 2022: Page Experience untuk Desktop Ranking hingga Google Search Console URL Inspection API

Anda bisa membaca tweet-an John Mueller mengenai mitos di atas.

Anna Crowe Screenshot

Kesimpulan: Penggunaan Google Analytics TIDAK DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Sebagai akhir dari tulisan ini, kesimpulannya adalah penggunaan Google Analytics bukanlah faktor yang dapat memengaruhi ranking di Google Search.

Meskipun SEO itu bukan sesuatu yang pasti, tapi jika ada orang yang mengatakan penggunaan Google Analytics akan mendongkrak ranking, maka Anda harus mengabaikan perkataan tersebut.

Semua mitos dan konspirasi tentang Google Analytics adalah palsu!

Apa yang bisa kita dapatkan dari Google Analytics adalah wawasan menyeluruh mengenai website dan bagaimana user menjelajahi website kita.

Akhir kata, jika ada pertanyaan dan tanggapan terkait artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram Daily SEO di sini.

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/google-analytics/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment