Pernahkah teman-teman memperhatikan format informasi yang ditampilkan oleh search engine result page (SERP)? Satu di antara format yang sering muncul ialah dalam Google Knowledge Panel. 

Lewat Google Knowledge Panel, pengguna dapat membaca informasi komprehensif tentang suatu tempat umum, wilayah, atau bisa juga tentang public figure. 

Mari pelajari bersama-sama tentang Google Keyword Panel dan bagaimana caranya agar fitur ini berdampak positif pada website teman-teman! 

Apa Itu Google Knowledge Panel?

Dilansir dari situs resmi Google, Google Knowledge Panel adalah kotak informasi yang muncul di sisi kanan halaman hasil pencarian Google ketika seseorang mencari entitas tertentu, seperti perusahaan, individu, organisasi, atau tempat. 

Panel ini menampilkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya di internet untuk memberikan gambaran singkat dan informatif tentang entitas tersebut.

Knowledge Panel biasanya mencakup informasi seperti nama, deskripsi, gambar, tautan resmi, serta detail tambahan seperti alamat, nomor telepon, dan media sosial.

Dengan munculnya informasi lengkap dalams satu panel, Google membantu pengguna mendapatkan jawaban secara langsung tanpa harus membuka beberapa situs.

Contoh Google Knowledge Panel

Dok. Pribadi

Agar lebih jelas, mari simak contoh Google Knowledge panel di atas yang menunjukkan informasi tentang sebuah mall di bilangan Jakarta Barat, yakni Central Park. 

Baca Juga:   Jangan Ganti Domain, Ubah Struktur URL, dll Sekaligus: Traffic SEO Turun!

Pada kolom search terlihat bahwa query pencarian yang dimasukkan adalah “central park jakarta”.

Dengan pencarian tersebut, tentu dapat ditebak bahwa hasil pencarian akan menampilkan hasil yang berkaitan erat dengan mall tersebut, seperti official website dan akun Instagram resminya. 

Di samping itu, pada bagian kanan, Google memang “dengan sengaja” membuat sebuah panel dengan informasi padat yang menjelaskan tentang apa itu Central Park, alamat, luas area, sampai siapa pengembang dari mall ini. 

Penyajian informasi yang lengkap dalam satu panel pada akhirnya memudahkan user mencari informasi dengan cepat dan akurat serta berdampak pada awareness brand atau website yang teman-teman kelola. 

Apa Manfaat Google Knowledge Panel untuk SEO?

Google Knowledge Panel mempunyai peranan penting dalam meningkatkan visibilitas di search engine. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang perlu teman-teman ketahui:

1. Meningkatkan kredibilitas

Kehadiran brand Anda di knowledge panel menunjukkan bahwa Google menganggap entitas teman-teman sebagai sumber terpercaya yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

2. Visibilitas yang lebih tinggi

Selanjutnya, muncul di knowledge panel membuat entitas Anda lebih terlihat di hasil pencarian yang dapat meningkatkan traffic ke situs web.

3. Meningkatkan Click-Through Rate (CTR)

Dengan memberikan informasi yang detail di knowledge panel, pengguna lebih mungkin untuk mengklik tautan yang relevan dengan bisnis Anda.

4. Penguatan brand authority

Menjadi bagian dari knowledge panel membantu membangun otoritas dan kesan profesional di industri Anda sehingga brand teman-teman terlihat trusted bagi para user yang mencari informasi. 

Bagaimana Cara Google Memunculkan Hasil Knowledge Panel?

Penentuan apakah sebuah merek, tempat, atau public figure bisa muncul di Google Knowledge Panel ditentukan oleh machine learning dari Google itu sendiri. 

Baca Juga:   SEOLasa Loker: Lowongan Kerja SEO Minggu Ini, 30 November 2021

Google mengumpulkan data dari berbagai sumber terpercaya, seperti Wikipedia, situs resmi, direktori bisnis, dan database publik lainnya. 

Kemudian, barulah sistem akan menilai informasi mana yang relevan untuk ditampilkan dalam Knowledge Panel. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemunculan Knowledge Panel meliputi:

  • Keaktifan profil media sosial dan entitas online lainnya
  • Keberadaan sumber eksternal yang valid yang mengkonfirmasi informasi
  • Relevansi konten pada website

Cara Supaya Bisa Masuk ke Google Knowledge Panel

Jika Anda ingin agar brand atau website teman-teman muncul di Google Knowledge Panel, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Pilih homepage untuk entitas utama

Pastikan situs web utama Anda menjadi halaman homepage dengan entitas yang teman-teman targetkan. Google cenderung menggunakan homepage sebagai sumber utama informasi.

2. Sajikan fakta dan informasi sebanyak mungkin

Google membutuhkan informasi yang akurat dan terperinci untuk menampilkan Knowledge Panel.

Sajikan data tentang entitas Anda, seperti profil perusahaan, sejarah, produk, layanan, penghargaan, dan informasi penting lainnya.

3. Validasi dan kuatkan faktanya

Perbarui situs web dengan data terbaru dan pastikan informasi teman-teman valid. Gunakan sumber terpercaya untuk memverifikasi fakta yang Anda sajikan, seperti Wikipedia atau media berita yang kredibel.

Cara Klaim Google Knowledge Panel

Setelah entitas teman-teman muncul di Knowledge Panel, Anda bisa mengklaim panel tersebut untuk mengelola informasi yang ditampilkan. Caranya yakni:

1. Dapatkan verifikasi di Google

Agar bisa mengklaim Knowledge Panel, teman-teman harus terverifikasi di Google terlebih dahulu.

Masuk ke akun Google Anda, cari entitas Anda, lalu klik “Claim this knowledge panel”. Ikuti langkah-langkah verifikasi yang diberikan oleh Google.

2. Menambahkan pengguna dan perwakilan resmi

Setelah terverifikasi, Anda bisa menambahkan pengguna atau perwakilan resmi lainnya untuk membantu mengelola panel. Pastikan mereka juga terverifikasi oleh Google.

3. Mengelola izin pengguna

Kelola izin akses untuk memastikan hanya pihak yang berwenang dapat memperbarui informasi di Knowledge Panel.

Baca Juga:   Branded Keyword: Strategi Efektif untuk Tingkatkan Visibilitas Brand di SERP

Hal ini sangat penting untuk menjaga keakuratan dan keamanan data dari panel yang sudah teman-teman klaim.

Cara Mengedit Google Knowledge Panel Anda

Selanjutnya, apabila Anda ingin memperbarui atau mengedit informasi yang ditampilkan, ikuti tips untuk mengelola panel:

1. Perbarui informasi secara berkala

Tambahkan data terbaru tentang perusahaan atau entitas Anda, seperti prestasi terbaru, perubahan lokasi, atau produk baru.

2. Gunakan sumber terpercaya

Jika Anda ingin memperbaiki informasi yang salah di Knowledge Panel, gunakan situs resmi atau profil media sosial yang terverifikasi sebagai referensi.

3. Optimalkan profil media sosial

Tautkan profil media sosial Anda ke situs web resmi dan pastikan informasi di sana sesuai dengan yang ditampilkan di Knowledge Panel.

Itulah ulasan singkat terkait Google Knowledge Panel. Jangan ragu untuk tinggalkan komen di kolom komentar apabila ada yang ingin teman-teman tanyakan atau tambahkan, ya! 

Kalau mau lebih mudah saling terkoneksi dengan sesama praktisi maupun SEO enthusiast, Anda bisa bergabung di grup Telegram DailySEO.

Teman-teman bisa berdiskusi di sana dengan praktisi SEO di Indonesia mengenai SEO dan perkembangannya. 

Anda yang ingin belajar dari nol tidak perlu khawatir.

DailySEO menyediakan kelas SEO Fundamental Course DailySEO Batch 8 (waiting list) yang secara khusus dibuat bagi para pemula yang ingin switch career menjadi SEO Specialist profesional maupun Anda yang sedang mengelola website. 

Di sisi lain, buat teman-teman yang mau meningkatkan skill SEO bisa mengikuti 3-Day Intermediate SEO Masterclass.

References:

Google Knowledge Panel

What is Google’s Knowledge Panel?

About knowledge panels

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment