Pada podcast Search Off The Record tanggal 23 Februari 2023 lalu, tim Search Relation Google mengangkat pembahasan terkait potensi masalah ketika melakukan perubahan website.

Walaupun permasalah perubahan website ini bukan lagi hasil asing bagi para webmaster dan praktisi SEO, namun kali ini dibahas dari sudut pandang yang cukup berbeda.

Podcast kali ini diisi oleh John Mueller dari Google Search Advocate, Gary Illyes, dan Senior Technical Writer Lizzi Sassman, mereka membahas potensi risiko dari memindahkan website ke top-level domain yang baru.

Pastinya sangat menarik untuk dibahas dan sayang untuk dilewatkan, jadi baca artikel ini hingga selesai ya!

Tentang Migrasi/Ganti Domain Website

Diskusi terkait hal ini dimulai ketika John Mueller melontarkan sebuah skenario hipotesis.

Apakah yang akan terjadi jika Anda melakukan perubahaan domain berbarengan dengan perubahaan URL?

John Muller menyatakan:

Apa yang akan terjadi jika saya melakukan perubahaan domain, dan memindahkannya dari “.ch”, yang mana merupakan top level domain Swiss, ke “.com”? Apakah ini masalah? Sama halnya jika saya menggabungkan perubahan domain dengan perubahan (besar) lainnya?

Dari tanggapan Gary Illyes, dapat kita simpulkan kita harus melakukan perubahan-perubahan ini secara bertahap atau dicicil dalam jangka beberapa bulan.

Artinya, melakukan perubahan terlalu banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan penurunan trafik dan penurunan ranking website teman-teman di search engine results page (SERP).

Untuk menghindari dampak negatif, Anda bisa mengikuti saran dari Gary Illyes berikut ini.

Baca Juga:   Apakah Urutan Link di Dalam Konten Memengaruhi Ranking di Google Search?

Jangan Ganti Domain Website Bersamaan dengan Perubahan Besar Lainnya

Sebisa mungkin, Anda disarankan untuk memisahkan tindakan perubahan domain website dari perubahan website lainnya.

Agar lebih aman, Gary Illyes menyarankan kita untuk melakukan perubahan dalam porsi lebih kecil dan tahap demi tahap, apalagi jika perubahan tersebut cukup rumit.

Contohnya, jika sebuah website melakukan migrasi dari domain “dailyseo.ch” dan “dailyseo.fr” menjadi “dailyseo.com”, beliau menyarankan untuk memindahkan domain “dailyseo.fr” terlebih dahulu kemudian menunggu beberapa waktu sebelum memindahkan domain “dailyseo.ch”.

Memisahkan Setiap Perubahan Website Di Waktu Terpisah

John Mueller dan Lizzi Sassman kemudian bertanya kepada Gary Illyes, mengapa dia begitu khawatir tentang pemisahan setiap tindakan perubahan website.

Gary Illyes menjawabnya dengan membuat pengakuan bahwa banyak perubahan website yang dia ikut terlibat di dalamnya, ternyata berdampak pada penurunan trafik website.

Kemudian dia menambahkan, ketika sebuah website bisnis sudah terlanjur mengalami penurunan trafik, menunggu waktu hingga setahun bukanlah pilihan tepat.

Para stakeholder kemungkinan akan menekan para webmaster untuk melakukan debug (mengidentifikasi) perubahan dan mengidentifikasi setiap kesalahan yang mungkin ada.

Gary Illyes juga menyebutkan bahwa kesalahan konfigurasi, seperti penerapan redirect yang keliru, merupakan kesalahan yang umum terjadi terkait hilangnya atau penurunan trafik.

Trafik website sebenarnya bisa tidak turun selama pergantian domain jika semuanya dilakukan dengan baik dan benar.

Tidak Ada Kepastian Waktu Kapan Traffic Akan Pulih

Jika yang Anda lakukan hanyalah redirect URL dari satu website ke website lainnya, kemungkinan risikonya rendah.

Namun, jika Anda mengalami penurunan ranking dan trafik, berhati-hatilah karena tidak ada kepastian jangka waktu untuk memulihkan ranking & performa website kembali seperti semula.

John Mueller sendiri mengklaim bahwa kini Google semakin pintar dan lebih baik dalam menangani website yang melakukan migrasi domain, dan sudah jarang ada yang komplain lagi tentang ini.

Baca Juga:   Apakah Halaman About Us dan Contact Us Penting untuk SEO?

Pengalaman kami sendiri, Ilman baru saja melakukan migrasi blog istrinya awal November 2022, dari https://istiana.sutanti.com/ ke https://momopururu.com/. Di awal Januari 2023, setelah 2 bulan, trafik SEO-nya di sudah kembali, bahkan lebih tinggi dari traffic awal sebelum migrasi)

Teman-teman bisa mendengarkan podcast lengkapnya untuk mendapatkan lebih banyak insight terkait perubahan atau migrasi website dari tim Google Search Relation.

Demikianlah artikel terkait dampak buruk perubahan domain yang dibarengi perubahan website lainnya ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

https://search-off-the-record.libsyn.com/transcript-for-site-moves-are-they-getting-any-easier

https://www.searchenginejournal.com/google-dont-combine-site-moves-with-other-big-changes/481001/

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

1 Comment

  1. Untung banget ketemu artikel ini, jadi saya pertimbangkan dulu untuk migrasi domain lama ke domain baru yang ini. Tapi kalau terpaksa buat migrasi ya harus siap nerima resikonya, entah stuck atau trafik naik

Write A Comment