Salah satu metode monetisasi dari sebuah website adalah dengan menayangkan iklan.

Bahkan, situs media maupun blogger “hidup” dari iklan yang tampil pada situs mereka. Semakin banyak yang melihat iklan, maka semakin besar potensi penghasilannya.

Pertanyaannya, apakah iklan yang ada di situs memengaruhi performa SEO? Kabar baiknya, Google baru-baru ini menjawab pertanyaan tersebut. Berikut jawabannya!

Google: Banyak Situs yang Berisi Iklan dan punya Ranking Bagus di Google

Menurut klaim Sullivan (Google Search Liaison), situs-situs yang menampilkan iklan tetap dapat mendapatkan ranking yang bagus di Google, baik itu situs yang berukuran kecil maupun besar.

Lebih lanjut, ia mengakatan bahwa sistem mereka memberikan reward terhadap situs yang memberikan user experience yang bagus.

Informasi lebih lanjut mengenai hal ini dapat ditemukan dalam dokumentasi Google di tautan ini.

Iklan Tidak Memengaruhi Performa SEO secara Langsung

Dalam dokumentasi Google yang membahas tentang page experience, diketahui bahwa Core Web Vitals merupakan ranking factor langsung yang diterapkan oleh Google.

Pasalnya, Core Web Vitals berfokus pada aspek-aspek penting yang berdampak langsung pada pengalaman pengguna seperti site-speed, interaktivitas website, dan stabilitas tampilan halaman web.

Sedangkan faktor lain, termasuk keberadaan iklan, tidak secara langsung berpengaruh sebagai ranking factor.

Artinya, meskipun iklan dapat mempengaruhi pengalaman pengguna, kehadiran mereka sendiri tidak secara langsung menentukan posisi sebuah situs dalam hasil pencarian Google.

Baca Juga:   10 Alasan Bisnis Anda Membutuhkan SEO untuk Marketing

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengoptimalkan Core Web Vitals untuk memastikan kinerja yang baik dalam halaman web, sekaligus mempertimbangkan bagaimana iklan dapat memengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan tanpa mengganggu peringkat pencarian.

Bagaimana Iklan Memengaruhi Performa SEO?

Meskipun tidak berpengaruh secara langsung terhadap ranking pencarian, iklan dapat memengaruhi performa SEO Anda melalui beberapa hal, seperti:

#1 Jumlah Iklan yang Muncul

Terlalu banyak iklan akan memengaruhi user experience, belum lagi loading speed juga akan ikut terpengaruh.

Iklan dengan jumlah yang banyak berpotensi untuk meningkatkan revenue dari situs, namun akan sangat mengganggu user experience.

#2 Posisi Iklan

Posisi iklan juga memiliki peran penting, iklan yang berada pada above the fold atau di tengah konten, menghalangi tombol atau teks penting pada website dapat mengganggu pengalaman pengguna.

Pemosisian yang strategis, di mana iklan tidak mengganggu isi konten, lebih disukai oleh user dan secara tidak langsung akan berdampak pada performa SEO yang baik.

#3 Ukuran Iklan

Ukuran iklan yang terlalu besar akan menghalangi tombol atau teks penting, sehingga mengganggu user experience.

Sementara itu, iklan yang terlalu kecil akan membuat mereka susah untuk diklik dan iklannya lebih baik tidak usah ada sama sekali. Tentunya iklan yang terlalu kecil dan susah diklik akan merugikan jika penghasilan datang dari klik.

#4 Niche Iklan

Niche iklan terlarang seperti judi dan pornografi berpotensi membuat situs kita di-banned oleh pemerintah. 

Tentunya optimasi SEO yang Anda lakukan akan sia-sia jika situs Anda di-banned oleh pemerintah.

Pastikan Iklan dan User Experience Menemui Win-Win Solution

Situs yang sepenuhnya mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan tentu enggan membatasi jumlah iklan, karena hal tersebut dapat berpotensi menurunkan pemasukannya.

Baca Juga:   15 Formula Google Sheet yang Berguna untuk Praktisi SEO

Namun, di lain pihak, iklan yang terlalu banyak, apalagi jika posisi dan ukurannya mengganggu user experience. Kemungkinan besar akan menyebabkan user tidak suka dengan situsnya, sehingga berdampak negatif pada website maupun brand.

Sebagai pemilik situs, Anda sebaiknya harus memikirkan bagaimana win-win solution-nya. Contohnya adalah dalam Google Adsense, ada fitur setting iklan otomatis.

Bagaimana kalau Anda ingin punya iklan dari Google Adsense, Adsterra, MGID, dan dari berbagai brand sekaligus? Hal tersebut tidak masalah selam tidak mengganggu user experience.

Akhir kata, semua kembali ke user experience.

Yuk Gabung Komunitas SEO!

DailySEO ID adalah komunitas SEO yang sangat bermanfaat untuk networking, terutama jika kamu belajar dan mencari insights menarik seputar SEO.

Ayo bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk dapat berdiskusi tentang topik seputar SEO dengan praktisi SEO lainnya!

Saat ini, DailySEO ID juga memiliki series webinar dengan materi SEO ter-update untuk teman-teman yang tertarik belajar SEO langsung dari founder DailySEO ID, Ilman Akbar.

Jika tertarik, teman-teman bisa langsung mendaftarkan diri untuk belajar SEO di sini.

Referensi:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Specialist at sirka.io and currently developing farisyudza.com. I started diving into SEO in early 2022 and eager to learn more!

Write A Comment