Pernahkah Anda mendengar tentang SEO TikTok? Apakah kita bisa melakukan SEO pada platform tersebut?

Jawabannya adalah iya. SEO dapat diterapkan pada platform yang memiliki search engine, begitu pun TikTok.

Tiktok telah menjadi salah satu platform media sosial paling banyak digunakan saat ini, terutama oleh audiens muda. 

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, media sosial ini memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menjangkau lebih banyak orang melalui pemasaran konten, terutama konten video.

Agar konten teman-teman mudah ditemukan oleh audiens yang tepat, penting untuk memahami dan menerapkan SEO pada TikTok dengan baik.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk melakukan optimasi search engine TikTok?

Apa Itu SEO TikTok?

Sederhananya, SEO TikTok adalah serangkaian strategi optimasi untuk meningkatkan visibilitas konten di hasil pencarian dan FYP (For You Page) TikTok sehingga dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Optimasi pada search engine TikTok kurang lebih sama seperti pada Google atau platform lainnya, yaitu bertujuan untuk membuat konten Anda muncul di peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian ketika pengguna mencari kata kunci tertentu.

Sementara, FYP merupakan suatu homepage pada TikTok yang menyediakan konten-konten berdasarkan perilaku dan interaksi audiens seperti views, likes, dan comment.

Contoh FYP pada SEO TikTok
Dok. Screenshot

Melakukan optimasi terhadap hal-hal tersebut dapat meningkatkan engagement konten Anda di dunia online.

Tidak hanya di dalam TikTok, dampaknya juga bisa berpengaruh pada hasil pencarian di luar platformnya, misal Google.

Dok. Screenshot

SEO pada TikTok bukan hanya tentang menggunakan kata kunci yang tepat, tetapi juga memahami bagaimana algoritmanya bekerja dalam menyajikan konten yang disukai audiens.

Penggunaan kata kunci yang strategis, hashtag, serta konten yang relevan dan menarik dapat membantu meningkatkan peringkat konten teman-teman di TikTok.

Faktor Ranking pada SEO TikTok

Apa saja yang memengaruhi SEO TikTok? Ada berbagai faktor yang TikTok gunakan untuk menentukan peringkat konten di platformnya.

Berikut adalah beberapa faktor utamanya:

1. Interaksi pengguna

Interaksi yang dimaksud mencakup berbagai hal, seperti like, comment, share, dan durasi audiens menonton video Anda. 

Algoritma TikTok menganggap setiap bentuk interaksi tersebut sebagai penilaian untuk menentukan apakah konten Anda menarik atau tidak bagi pengguna.

Neil Patel mengungkapkan bahwa engagement adalah kunci pada platform ini.

Jadi, semakin tinggi tingkat interaksi pada sebuah video, semakin besar kemungkinan TikTok untuk mempromosikan video tersebut kepada audiens yang lebih luas.

Baca Juga:   Mengenal Content Strategy, Content Planning, & Content Calendar. Sama atau Berbeda?

2. Informasi pada konten

Algoritma TikTok juga dipengaruhi oleh beberapa hal seperti caption, hashtag, sound yang digunakan, maupun audio di dalam video.

Memasukkan kata kunci yang tepat dan relevan ke dalam caption, menggunakan hashtag yang sedang trending, serta menggunakan sound atau audio yang tepat bisa meningkatkan visibilitas konten Anda di mata audiens.

Untuk mencari konten-konten yang sedang trending, teman-teman bisa eksplor FYP TikTok lebih dalam lagi, mencari pembicaran yang sedang hangat di X ataupun mencari hal apa yang lagi tren melalui Google Trends.

3. Pengaturan device dan akun user

Pengaturan perangkat dan akun milik user juga bisa berpengaruh dalam hal ini.

Lokasi geografis, bahasa yang digunakan, bahkan jenis perangkat yang digunakan pengguna juga termasuk faktor yang dipertimbangkan algoritma TikTok dalam menyajikan konten yang kira-kira relevan dengan audiens.

Maka dari itu, menyesuaikan isi konten dengan wilayah dan bahasa audiens Anda merupakan hal yang cukup penting dalam SEO TikTok.

4. Ketertarikan audiens terhadap konten

Ini adalah faktor yang tidak kalah penting. Jika audiens menonton video dari awal sampai akhir, kemungkinan besar video tersebut dinilai sebagai konten yang menarik bagi audiens, apalagi jika sampai ditonton ulang.

Hal ini dapat meningkatkan potensi konten untuk muncul di FYP. Oleh karena itu, SEO TikTok juga berkaitan dengan bagaimana Anda bisa membuat konten yang menarik dan relevan dengan audiens.

Untuk membuat konten yang menarik, teman-teman bisa memikirkan konsep konten terlebih dahulu, membuat skrip yang menarik serta mengedit video dengan visual yang unik agar audiens melihat video sampai akhir.

Bagaimana Cara Optimasi SEO untuk TikTok?

Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO TikTok agar konten Anda lebih mudah ditemukan audiens yang tepat.

1. Eksplor hashtag yang cocok

Hashtag merupakan elemen yang penting dalam SEO TikTok. Menggunakan hashtag yang relevan dapat meningkatkan potensi konten Anda sampai ke audiens yang dituju.

Selain itu, hashtag juga membantu algoritma TikTok dalam menentukan kategori konten.

Masukkan hashtag trending dan hashtag yang lebih spesifik pada konten. Dengan begitu, konten Anda bisa ditemukan oleh lebih banyak orang sekaligus, serta menyasar juga ke niche audiens.

Namun, jangan sampai terlalu banyak mencantumkan hashtag. Pilihlah hashtag yang sekiranya paling relevan dengan pengguna.

Sebagai contoh, teman-teman sedang membuat konten carousel yang membahas mengenai “5 Skill Content Writing”.

Untuk konten itu, teman-teman bisa menggunakan hashtag yang relevan seperti #contentwriter #contentwriting, dll.

Hashtag-nya pun bisa teman-teman eksplorasi saat sedang upload konten. Nantinya, dari TikTok akan merekomendasikan beberapa hashtag yang sekiranya relevan.

2. Lakukan keyword research

Lakukan keyword research untuk mengetahui apa kata atau frasa yang audiens gunakan ketika mencari sesuatu di TikTok dan berkaitan dengan bisnis Anda.

Masukkan keywordkeyword yang Anda pakai ke dalam judul video, caption, audio, dan hashtag.

Hindari juga melakukan keyword stuffing pada konten TikTok karena berpotensi dianggap spam dan mengganggu user experience.

3. Riset tren dan buat konten yang serupa

Mengikuti tren yang sedang populer di TikTok bisa meningkatkan peluang konten teman-teman dilihat lebih banyak orang.

Baca Juga:   Apakah Heading Tag (H2-H6) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Cobalah buat video dengan memakai beberapa elemen di TikTok yang sedang viral, misalnya sound, filter, atau template editing video.

Perlu diperhatikan bahwa tren TikTok bisa datang dan berlalu dengan cepat, jadi Anda perlu sering-sering memantau tren terkini.

4. Buat konten yang menarik & shareable

Jumlah share adalah salah satu faktor yang algoritma TikTok lihat dalam menentukan apakah konten itu menarik atau tidak, begitu pun dengan berapa banyak konten teman-teman difavoritkan pengguna.

Jadi, membuat konten yang menarik sangatlah penting. Jika konten Anda menarik dan relevan bagi audiens, mereka tidak akan segan-segan untuk membagikannya ke orang lain lewat WhatsApp, DM Instagram, atau lainnya.

Untuk melakukannya, Anda bisa coba dengan mengenali tipe konten seperti apa yang kira-kira disukai audiens Anda, misalnya konten edukasi, video lucu, atau lainnya.

Setelah menemukan formatnya, buat konten se-unik mungkin yang berbeda dengan konten-konten lainnya

5. Jangan lupa berinteraksi dengan audiens

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, algoritma TikTok mempertimbangkan beberapa faktor interaksi dalam menentukan kualitas performa konten. Salah satunya comment.

Berdasarkan Semrush, TikTok melihat banyaknya percakapan dan interaksi saling balas komentar pada suatu konten sebagai pertanda bahwa konten tersebut menarik bagi orang-orang.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu membalas komentar dari user untuk meningkatkan engagement konten.

6. Kolaborasi dengan TikTokers lain

Untuk meningkatkan potensi konten agar lebih cepat menjangkau audiens yang lebih luas, teman-teman bisa coba lakukan kolaborasi dengan Tiktokers atau influencer yang sudah memiliki banyak followers.

Cara ini bisa membuka peluang untuk menemukan audiens baru yang mungkin masih asing dan tertarik dengan konten-konten Anda.

Jika ingin tetap meraih niche audiens, carilah influencers yang membuat konten tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Salah satu contohnya adalah TikToker Iben yang mempromosikan restoran Sambal Bakar Indonesia pada akunnya. Alhasil, ketika mengetikkan “Iben” di kolom search TikTok, kata kunci “sambel bakar” ikut muncul.

ajak influencers untuk membuat konten TikTok
Dok. Screenshot

7. Optimasi thumbnail video

Terakhir, pastikan thumbnail video TikTok teroptimasi dengan baik.

Pada laman hasil pencarian di TikTok, thumbnail atau cover adalah hal yang pertama kali audiens lihat sebelum memutuskan untuk menonton isi video.

Jadi, buatlah thumbnail video yang memiliki daya tarik untuk membuat audiens berhenti scrolling dan mengeklik konten Anda.

Pastikan juga judul pada thumbnail mencerminkan keseluruhan isi konten dengan elemen hook yang menarik.

Dok. Screenshot

Cara Mengukur Kinerja SEO TikTok

Setelah menerapkan strategi SEO TikTok, penting untuk mengukur seberapa sukses optimasi yang sudah dilakukan. Ini beberapa caranya jika Anda ingin melakukannya:

1. Tentukan KPI yang cocok

Sebelum memulai, tentukan dulu KPI (Key Performance Indicators) yang akan dipantau. KPI yang digunakan biasanya meliputi tingkat konversi, pertumbuhan revenue, dan lainnya. 

Baca Juga:   Update Algoritma Google Search: May 2022 Core Update

Untuk hal yang lebih spesifik pada performa konten, teman-teman bisa perhatikan metrik-metrik seperti jumlah view, engagement rate (like, comment, dan share), dan follower growth.

Ini akan membantu Anda menilai efektivitas strategi SEO TikTok Anda.

2. Gunakan TikTok search bar untuk mengetahui ranking konten

Ada satu cara sederhana untuk mengetahui peringkat konten Anda di hasil pencarian TikTok.

Caranya yaitu dengan mencari sendiri di search bar TikTok menggunakan kata kunci seputar bisnis Anda.

Nantinya, teman-teman bisa melihat apakah video Anda muncul di hasil pencarian atau tidak. Ini adalah indikasi langsung dari seberapa baik SEO TikTok Anda.

Dengan cara ini, Anda juga bisa melihat apa saja dan bagaimana konten orang lain maupun kompetitor yang muncul lewat kata kunci yang Anda pakai tadi.

3. Analisis audiens lewat tab viewers

Pada menu Video analysis, TikTok menyediakan berbagai tab yang memperlihatkan data performa konten. Salah satunya tab “Viewers”.

Tab ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa banyak jumlah total viewer dari konten Anda, baik itu dari follower lama maupun baru dan melihat persenannya.

Selain itu, melalui tab ini juga teman-teman bisa melihat data demografi audiens yang menonton video Anda, mulai gender, umur, hingga lokasi.

Dok. Search Engine Land

Dengan memahami audiens seperti apa yang menjadi viewers, Anda dapat menyesuaikan strategi SEO yang lebih relevan dengan minat mereka.

4. Analisis engagement melalui tab “Performance”

Selain tab “Viewers”, pada menu Video analysis Anda juga bisa melihat tab “Performance” untuk menggali insight terhadap performa konten Anda.

Ada beberapa metrik yang bisa dilihat melalui tab ini, mulai dari watch time, jumlah share, hingga retention rate.

Indikator-indikator tersebut cukup penting untuk mengevaluasi efektivitas konten Anda dan melihat apakah ada peningkatan seiring waktu setelah SEO TikTok diterapkan.

Penutup

SEO TikTok adalah kunci bagi Anda yang ingin meningkatkan visibilitas dan engagement konten di platform ini.

Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi peringkatnya, menjalankan strategi optimasi yang efektif, serta melakukan analisis performa konten, potensi bisnis Anda muncul di hasil pencarian TikTok dan FYP akan semakin meningkat.

Namun, perlu diingat bahwa hal yang terpenting adalah membuat konten yang menarik dan relevan bagi audiens.

Cari tahu lebih dalam soal SEO pada TikTok dengan bergabung di grup Telegram DailySEO, komunitas para pegiat SEO dan digital marketer se-Indonesia.

Teman-teman masih awam tentang dunia SEO? Ingin belajar ilmu SEO terkini bersama ahlinya? Yuk, daftarkan diri Anda ke kelas SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7 dengan klik di sini.

References:

TikTok SEO: The Ultimate Guide to Boosting Your Profile Visibility

TikTok SEO: Expand Your Brand’s Reach on TikTok

TikTok SEO: The ultimate guide


Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment