Apakah dari teman-teman ada yang menyadari bahwa saat ini ada favicon suatu website yang terpampang di samping kiri halaman saat berada di Search Engine Result Page (SERP)?

Kalau ada yang menyadarinya, berarti Anda cukup teliti dalam melihat pembaruan yang dibawakan oleh Google!

Baru-baru ini Google memang telah merilis sebuah favicon yang diletakkan di samping kiri halaman website

Google Menambahkan Favicon di Desktop Search Results

Sebelumnya, Google telah meluncurkan favicon di SERP mobile pada bulan Oktober tahun lalu.

Setelah berhasil meluncurkan favicon lewat mobile, Google pun melakukan percobaan untuk menambahkannya juga pada tampilan desktop tepat sebulan setelahnya, yaitu pada bulan November.

Percobaan tersebut pun mendulang hasil yang maksimal. Alhasil, sekarang Google telah meresmikan favicon untuk tampilan desktop dan mobile SERP.

Favicon merupakan sebuah logo website. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, favicon ini terletak di samping kiri halaman website yang muncul di SERP.

Saat ini, apabila kamu melakukan pencarian di Google, maka tampilannya kurang lebih seperti ini:

Sebelum adanya rilisan ini, teman-teman hanya melihat headline-nya saja, tanpa ada favicon di samping kirinya.

Google Juga Mengubah Label Ads Pada Desktop

Tidak cuman memperkenalkan favicon, Google juga merilis label “Ads” baru pada konten beriklan di SERP.

Sebelumnya, kamu mungkin hanya melihat tulisan “ads” saja di atas halaman yang muncul di Search Results.

Kini, logo iklannya diubah menjadi “Sponsored” dengan font yang bold sehingga semakin mudah ditemukan oleh user. Ditambah, adanya favicon juga yang berada di samping kiri.

Baca Juga:   Tampilan Berubah: Google Akan Hadirkan Hasil Pencarian yang Lebih Personal

Sebagai gambarannya, berikut logo ads yang baru dirilis oleh Google:

Google favicon
Screenshot

Untuk diketahui oleh teman-teman, Google telah meluncurkan logo “Sponsored” tersebut pada bulan Oktober lalu di tampilan mobile.

Kemudian, kemarin baru meresmikan logo tersebut di desktop. Dengan demikian, maka logo “ads” yang sudah Anda lihat beberapa hari yang lalu telah digantikan oleh “Sponsored” dengan tambahan favicon di samping kiri.

Favicon Jadi Penting untuk Menampilkan Branding Website

Setiap adanya perubahan pada Google, baik itu dari segi algoritma maupun desain search engine sedikit banyaknya akan memengaruhi traffic yang masuk ke website teman-teman.

Dengan adanya favicon, para praktisi SEO perlu memantau secara terus-menerus angka CTR (Click through rate) yang ada di Google Search Console.

Apabila terjadi penurunan yang cukup drastis, bisa jadi Anda perlu mengubah tampilan favicon pada website teman-teman untuk menarik perhatian lebih banyak lagi dari user.

Selain langkah tersebut, teman-teman juga perlu terus memperkenalkan branding website Anda, misalnya lewat media sosial.

Branding juga penting untuk membedakan website Anda dengan website kompetitor yang sejenis. Ketika user sudah mengenali brand dan logo Anda dengan baik, maka mereka akan lebih mengklik halaman Anda di SERP dibandingkan kompetitor.

Upgrade Favicon Anda Sesuai Panduan dari Google

Dengan hadirnya favicon di SERP pada setiap halaman website yang muncul, maka teman-teman perlu memanfaatnya guna menjaring traffic lebih banyak.

Google merekomendasikan untuk membuat ikon yang berukuran sekitar 48 piksel. Selain itu, jangan terlalu sering mengubah URL favicon.

Terlepas dari semua itu, hal yang terpenting yaitu favicon tidak boleh mengandung unsur pornografi, sara, ataupun kebencian. Jika Google menemukannya, akan diubah secara otomatis dengan logo default.

Baca Juga:   Kelas Tiket SEOCon Jakarta 2022 Mempunyai Masing-masing Benefit yang Diberikan Peserta

Untuk panduan favicon yang lebih lengkap, teman-teman bisa melihatnya di Panduan Favicon Google.

Penutup

Desain SERP semakin variatif dengan adanya favicon di samping kiri halaman website. Adanya perilisan ini tentu bisa membantu Anda untuk mem-branding logo dengan baik melalui search engine seperti Google.

Logo yang bagus dan gampang diingat orang tentu berpotensi meraih traffic yang besar. Dengan hadirnya favicon ini, teman-teman perlu mempertimbangkan untuk memaksimalkan pembuatan logo yang apik supaya tampil fresh saat muncul di SERP.

Jika teman-teman ingin mendiskusikan perihal favicon maupun permasalahan SEO lainnya, Anda bisa langsung bergabung ke grup Telegram Daily SEO.

Ada banyak sekali praktisi SEO yang mempunyai pengalaman banyak di bidang SEO dan siap untuk diajak diskusi.

Tidak hanya itu, saat ini Daily SEO juga sudah mempunyai webinar yang bisa teman-teman ikuti. Sudah ada tiga kelas online yang dibawakan langsung oleh Founder DailySEO ID, Ilman Akbar, dan akan berlanjut lagi kelasnya.

Bagi Anda yang ingin daftar maupun mendapatkan recording dari kelas-kelas sebelumnya, teman-teman bisa langsung klik link ini, ya!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment