Lewat akun Youtube-nya (Google Search Central), Google baru saja membagikan rangkuman mengenai pembaruan penting dan menarik yang mereka lakukan beberapa bulan ke belakang.

Mulai dari search snippet untuk page ulasan produk, update algoritma ranking, sampai fitur laporan baru di Google Search Console.

Penasaran apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. E-commerce

Search Snippet Pros and Cons untuk Product Review Pages

Konten yang membahas ulasan tentang suatu produk dapat teman-teman temukan dengan mudah di Google. 

Biasanya, konten seperti ini akan memberikan informasi seputar kelebihan dan kekurangan suatu produk, yang akan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang dalam tahap pertimbangan untuk membeli produk tersebut. 

Nah, untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi ini, Google menambahkan item baru pada search snippet dari halaman yang dengan konten ulasan produk.

Snippet baru ini akan menampilkan informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk yang diulas dalam halaman web tersebut. Contoh tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Pros and Cons Search Snippet, Google Search Central

Teman-teman bisa memberitahu kepada Google secara manual mengenai informasi apa yang ingin teman-teman tampilkan dalam item ini dengan menambahkan pros and cons structured data.

Jika teman-teman tidak menambahkannya secara manual, maka Google akan secara otomatis menarik informasi ini dari halaman web teman-teman dan memunculkannya di search result.

Informasi lebih detail mengenai fitur baru ini bisa teman-teman baca di sini.

Muncul di Berbagai Fitur Shopping Google jadi Lebih Mudah

Sekarang, teman-teman hanya butuh menambahkan Product strutured data pada website ecommerce teman-teman untuk dapat muncul di berbagai fitur shopping di Google seperti Shopping knowledge panel dan Popular Products.

Popular Products, Google Search Central

Sebelumnya, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh website yang telah terdaftar atau memiliki akun Google Merchant Center.  

Baca Juga:   Kelas Tiket SEOCon Jakarta 2022 Mempunyai Masing-masing Benefit yang Diberikan Peserta

Berhubungan dengan update ini juga, Google mengubah bagian laporan Product di Google Search Console menjadi laporan Shopping.

Report Shopping di Google Search Console

Pada bagian ini, teman-teman dapat menemukan dua laporan baru yaitu:

  • Product snippets: laporan mengenai isu seputar structured data untuk product snippets.
  • Merchant listings: laporan mengenai isu seputar structured data untuk fitur free listing.  

Informasi selengkapnya bisa teman-teman temukan di sini

2. Ranking Pencarian

Helpful Content Update

Pada bulan Agustus lalu, Google meluncurkan update algoritma baru yang dinamakan “Helpful Content Update”. 

Tujuan dari update Google ini adalah untuk memastikan bahwa halaman-halaman web yang disajikan pada hasil pencarian Google benar-benar bermanfaat dan relevan dengan apa yang pengguna cari atau butuhkan.  

Konsekuensinya, website dengan searchenginefirst content (konten yang dibuat untuk memanipulasi hasil pencarian search engine) mungkin akan menerima dampak negatif dari update ini. 

Tips mengenai cara mengantisipasi update Google ini bisa teman-teman temukan di sini.

3. Google Search Console

Video Indexing Report

Video menjadi format konten yang paling diminati saat ini, dan Google meng-indeks video dari jutaan website agar pengguna lebih mudah dalam mencari dan mengonsumsi konten video di Google.

Nah, jika teman-teman memiliki konten video dalam website, sekarang teman-teman juga bisa melihat laporan indexing konten video teman-teman di Google lewat laporan baru di Search Console.

Video Indexing Report di Google Search Console, Google Search Central

Laporan ini bisa teman-teman temukan di bagian Video pages. Di situ, teman-teman bisa menemukan informasi dan rekomendasi dari Google agar konten video pada website teman-teman dapat di-indeks dengan baik.

Informasi lebih detailnya bisa teman-teman pelajari di sini.

HTTPS Report

Selain Video Indexing Report, Google juga telah menambahkan bagian khusus yang menampilkan laporan seputar halaman HTTPS website teman-teman. 

Baca Juga:   Update Terbaru Google Search Console: Report untuk Video yang Diindeks

Pada bagian laporan ini, teman-teman bisa menemukan informasi mengenai berbagai isu yang menghalangi halaman web teman-teman disajikan sebagai HTTPS di Google, beserta contoh URL-nya.

HTTPS Report di Google Search Console, Google Search Central

Bagian laporan baru pada Search Console ini sangat penting untuk teman-teman perhatikan mengingat HTTPS merupakan salah satu sinyal dari page experience, yang merupakan salah satu faktor yang memengaruhi ranking pencarian website teman-teman di Google.

Pengumuman resmi peluncuran laporan baru ini bisa teman-teman baca di sini ya.

Perubahan Kategorisasi Item dan URL

Google telah merubah pelabelan yang mereka gunakan untuk mengkategorisasi status isu dari item atau URL website di Search Console.

Sebelumnya, status URL atau item di Search Console dikategorisasi menjadi tiga label yaitu Valid, Warning, dan Error.

Namun berdasarkan feedback dari pengguna yang menganggap pengkategorian ini cukup membingungkan—terutama kegunaan label Warning dan Error, maka Google sekarang menyederhanakannya menjadi dua label saja, Valid dan Invalid.

URL atau item dengan label Invalid artinya memiliki isu penting yang perlu untuk teman-teman selidiki. Sedangkan label Valid berarti item atau URL mungkin memiliki isu, namun sifatnya tidak telalu mendesak untuk diperbaiki.

Untuk mempelajari implikasi lebih lanjut dari perubahan kategorisasi di Search Console ini, teman-teman bisa mengunjungi halaman penjelasan langsung dari Google.

International Targeting

Selain menambahkan beberapa laporan baru, pada akhir September lalu Google juga menghentikan pengunaan fitur report International Targeting pada Google Search Console.

International Targeting Report di Google Search Console

Dashboard yang sudah tersedia pada Google Search sejak tahun 2014 ini utamanya digunakan untuk mengelola website multi-bahasa atau multi-regional, huna mendeteksi kemunculan error pada tag hreflang.

Namun meskipun laporan geotargeting ini sudah tidak tersedia pada Search Console, Google akan tetap mempertimbangkan tag hreflang sebagai sinyal atas bahasa yang digunakan dalam web page tertentu. Jadi, penggunaan tag hreflang masih tetap relevan.

Baca Juga:   6 Tips dari Google untuk Optimasi Website E-commerce

Informasi mengenai tools alternatif yang bisa digunakan untuk memantau implementasi tag hreflang pada website teman-teman telah kami bahas pada artikel ini

4. Update Lainnya

Update Quality Raters Guidelines

Pada bulan Juli, Google melakukan pembaruan pada Quality Raters Guidelines mereka. Google Search Quality Rater adalah tim pihak ketiga yang bertugas membantu Google dalam mengevaluasi pembaruan pada algoritma mereka.

Quality Raters membandingkan antara hasil pencarian dengan penerapan algoritma baru dan hasil pencarian tanpa penerapan algoritma baru. Hasil perbandingan tersebut akan diterima Google sebagai feedback dari hasil pencarian.

Jika feedback yang diterima postif, maka algoritma atau fitur pencarian baru akan diimplementasi oleh Google.

 Membaca panduan Quality Raters ini bisa membantu teman-teman dalam memahami kualitas apa saja yang Google harapkan dimiliki oleh sebuah website. 

Batas Crawling Googlebot

Pada halaman dokumentasi Google Search Central, Google juga membocorkan bahwa Googlebot hanya akan men-crawl 15 MB awal dari file HTML untuk dimasukkan ke index.

Setelah batas 15 MB ini, Google tidak akan menghitungnya sebagai pertimbangan ranking.

Nah, mengetahui hal ini, apa yang bisa teman-teman lakukan utuk memaksimalkan SEO? Pembahasan ini telah kami bahas pada artikel ini.

Penutup

Demikian rangkuman singkat dari beberapa perubahan dari Google beberapa bulan ke belakang yang penting untuk teman-teman ketahui agar upaya SEO teman-teman bisa tetap relevan.

Untuk teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lengkapnya, bisa langsung menonton sumber video yang tercantum di bawah ya.

Teman-teman juga bisa bergabung di forum diskusi Telegram DailySEO untuk mendapatkan update dan isu terkini seputar SEO!

Sumber:

Author

SEO & SEM Specialist at Meson Digital

Write A Comment