Google News merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh Google. Melalui layanan ini, Anda dapat mengakses berbagai berita berkualitas dari dalam negeri maupun mancanegara.
Uniknya, layanan Google yang satu ini memberikan berita yang sesuai dengan minat audiens. Jadi, hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan user dalam mengeksplor berita.
Lantas, apa lagi keistimewaan Google News dibandingkan layanan penyedia berita yang lain? Bagaimana cara kerja algoritmanya?
Mari kita bahas satu per satu!
Daftar Isi
Apa Itu Google News?
Seperti penjelasan singkat sebelumnya, Google News adalah sebuah layanan dari Google yang mengumpulkan beragam berita berkualitas dari dalam dan luar negeri.
Google News bisa diakses melalui browser dan handphone, baik itu Android atau iOS.
Dengan begitu, teman-teman bisa leluasa eksplor berita terbaru lewat Google News di mana saja dan kapan saja.
Tidak hanya itu, layanan Google yang satu ini juga menyediakan puluhan bahasa yang bisa digunakan oleh user dalam mengakses berita.
Keistimewan lainnya dari Google adalah layanan ini juga sudah mengkategorikan berita-berita mana yang sesuai dengan minat para user-nya.
Untuk melihat hal tersebut, teman-teman bisa langsung mengklik tab “Untuk Anda”.
Lebih lengkapnya lagi, Google News sudah membuat kategori berita-berita yang bisa dibaca oleh user mulai dari teknologi, sains, olahraga, hingga kesehatan.
Buat teman-teman yang selalu kebingungan dalam mencari berita setiap harinya, Google News bisa menjadi salah satu opsi yang tepat untuk menemukan berita yang aktual dan terpercaya.
Manfaat Google News untuk SEO
Jika menyimak pembahasan di atas, tampaknya memang Google News sangat berguna sebagai platform sumber berita up-to-date, relevan dan kredibel.
Keunggulan ini bisa dimanfaatkan untuk para praktisi SEO dalam menjalankan campaign-nya! Terlebih, bagi teman-teman yang bekerja di industri media.
Berikut manfaat apabila berita atau konten masuk ke Google News:
Muncul di platform seperti Google News dapat meningkatkan domain authority kredibilitas merek Anda.
Sebab, situs berita umumnya dianggap lebih dapat dipercaya dan nantinya dapat meningkatkan reputasi.
2. Diversifikasi sumber traffic
Google News merupakan saluran di mana pengunjung akan menemukan situs web Anda selain search engine.
Secara tidak langsung, muncul di Google News ikut membantu diversifikasi sumber traffic.
3. Menjangkau audiens dengan cepat
Google News menawarkan opsi personalisasi untuk pengguna. Berarti konten berita hanya ditunjukkan kepada orang-orang yang paling tertarik dengan topik Anda.
4. Sarana analisis kompetitor
Google News juga dapat menjadi alat yang efektif untuk memantau dan menganalisis apa yang dipublikasikan oleh kompetitor.
Berbagai berita yang tersedia bisa diolah menjadi insight tentang tren industri saat ini, topik yang menarik perhatian, dan strategi konten yang mungkin efektif.
Fitur-fitur di Google News
Ketika Anda mengakses Google News, teman-teman akan menemukan beberapa fitur yang dapat memudahkan dalam mengikuti perkembangan berita.
1. Rundown
Fitur pertama ada rundown yang menyediakan berita terpenting yang wajib atau sekiranya perlu diketahui oleh pengguna di hari ini.
Daftar berita yang ditampilkan hanya dalam bentuk judul utama dan konteks jenis berita. Pengguna perlu mengetuk judul yang bersangkutan jika ingin membacanya.
2. Timeline
Berikutnya adalah “Timeline” untuk mengatur berita secara kronologis. Melalui fitur ini, pembaca dapat melihat bagaimana berita berkembang dari waktu ke waktu.
Fitur ini sangat berguna dalam memberikan penjelasan atas berita dengan rentetan panjang yang sedang berlangsun serta memberikan konteks historis dan menunjukkan perkembangan kejadian.
3. Bullets
Fitur lain yang tak kalah berguna adalah “Bullets”, dengan kegunaan utamanya menyederhanakan cerita berita yang kompleks menjadi poin-poin yang menyoroti fakta paling penting.
Format poin membantu pengguna yang ingin pemahaman terhadap suatu berita dengan cepat.
“Related Articles” menawarkan artikel tambahan yang serupa atau terkait dengan yang sedang dibaca.
Dengan begitu, pengguna lebih leluasa menjelajahi topik secara mendalam serta memperoleh perspektif yang berbeda dan cakupan luas dari berbagai sumber.
5. Extended access
Tidak semua berita yang ada di Google News dapat diakses gratis. Terdapat berita berbayar atau biasa disebut paywalled content. Pengguna perlu berlangganan atau membayar untuk membaca berita ini.
Biasanya tipe paywalled content termasuk kemitraan dengan published atau pihak media dengan Google.
6. Follow publisher
Lewat fitur “Follow Publisher”, pengguna dapat mengikuti media yang menerbitkan berita agar selalu menerima pembaruan dan artikel baru dari sumber langsung di feed Google News.
Cara Kerja Algoritma Google News
Mengutip dari laman resminya, cara kerja Google News menggunakan algoritma khusus untuk menentukan berita mana yang ditampilkan.
Mula-mula, sistem akan mengumpulkan dan memindai berbagai sumber untuk menemukan konten berita terbaik.
Setelah konten dipilih, algoritma akan memberi peringkat berdasarkan berbagai faktor.
Faktor-faktor tersebut mencakup relevansi bagi pengguna, waktu berita diterbitkan, dan kredibilitas sumber. Berita yang paling sesuai akan muncul di peringkat pertama.
Selanjutnya algoritma juga mempersonalisasi feeds untuk setiap pengguna. Personalisasi didasarkan pada interaksi pengguna dengan layanan Google, seperti histori penelusuran dan konten apa yang telah dibaca, tonton, atau klik.
Data ini membantu sistem memprediksi jenis berita apa yang paling pas untuk pengguna.
Selanjutnya, Google News turut menyesuaikan konten dengan wilayah dan bahasa tertentu.
Dengan begitu, pengguna bisa menerima berita yang tidak hanya relevan secara global, namun juga sesuai dengan konteks lokal yang ada.
Syarat untuk Masuk ke Google News
Dikutip dari Search Engine Land, fokus dengan prinsip E-E-A-T dalam pembuatan konten berita adalah aspek yang paling fundamental.
Selain itu memang ada aspek penting lain yang perlu Anda pahami, yaitu:
1. Original
Konten yang Anda publikasikan harus original, yang berarti harus diciptakan oleh tim redaksi teman-teman dan tidak boleh merupakan salinan dari karya orang lain.
Untuk hal ini, DailySEO ID telah mengaplikasikannya ketika sedang ada event-event yang berkaitan dengan SEO seperti SEOCon, Singapore SEO Summit hingga Google Search Central Live Jakarta yang baru saja digelar beberapa bulan lalu.
Untuk mengetahui artikel liputannya, teman-teman bisa baca di bawah ini:
12 “Oleh-oleh” dari Konferensi SEO Ahrefs, Singapore SEO Summit 2023
Yuk Intip Keseruan & Insights dari Hari Pertama SEOCon Jakarta 2023!
Liputan Google SCL Jakarta 2024: Cara Kerja Penelusuran Google (Versi Lebih Panjang)
Itu beberapa liputan yang kami lakukan guna untuk mengangkat konten yang original. Apabila teman-teman mengambil sumber lain, sebaiknya cantumkan sumber atau rujukan.
2. Berdasarkan fakta
Penting untuk memastikan bahwa semua fakta yang disajikan dalam artikel Anda telah diverifikasi dengan sumber yang dapat dipercaya.
Akurasi ini penting untuk membangun kepercayaan pembaca dan kredibilitas jurnalistik.
3. Relevan, kredibel, dan terkini
Artikel harus relevan dan terkini mengikuti perkembangan terbaru dalam berita atau tren yang sedang dibahas.
Artikel yang tepat waktu menunjukkan keterlibatan penerbit dengan isu-isu saat ini dan meningkatkan relevansi mereka bagi pembaca.
Tidak hanya itu, artikel juga harus kredibel, tidak mengandung unsur hoax sehingga mengakibatkan misinformasi bagi pembaca.
Sejauh ini, DailySEO ID terus berusaha untuk mengangkat berita-berita yang terkini dan kredibel demi meningkatkan industri SEO di tanah air.
Setiap kali ada update algoritma dari Google, kami selalu menuliskan artikel tersebut supaya audiens di Indonesia bisa langsung membacanya dengan bahasa Indonesia (seperti yang kita tahu, kebanyakan berita SEO datang dari website luar negeri seperti Search Engine Journal, Search Engine Land, dll)
Berikut beberapa artikel kami yang membahas seputar tema berita terkini terkait SEO:
Google Core Update Agustus 2024 Resmi Dirilis: Apa yang Harus Anda Ketahui?
Update Algoritma “Helpful Content”: Konten Harus Bermanfaat Dulu untuk Manusia, Bukan Google
Mesin Pencari DuckDuckGo Diblokir Pemerintah
Berkat liputan kami yang membahas mengenai mesin pencari DuckDuckGo yang sempat diblokir pemerintah, artikel DailySEO ID berhasil menembus ke top stories!
4. Memiliki nilai jurnalistik
Konten Anda harus menyediakan nilai informatif yang tinggi serta mendukung pemahaman yang lebih baik tentang isu atau topik yang dibahas.
5. Mudah dibaca dan dipahami
Berita harus ditulis dengan cara yang mudah dibaca dan dipahami. Hindari elemen yang tak berhubungan langsung dengan berita. Contohnya, iklan pop-up yang terlalu ramai dan berlebihan.
Fokus pada penyajian konten yang rapi dan profesional akan meningkatkan user experience.
6. Menampilkan identitas penulis dengan jelas
Terakhir, profil atau bio singkat penulis harus tersedia dan menunjukkan kredibilitas atau keahlian dalam subjek yang ditulis.
Informasi singkat terkait penulis membantu pembaca memahami latar belakang penulis dan mengapa mereka merupakan sumber yang tepat untuk topik tersebut.
Berkaitan dengan ini, DailySEO ID sudah menampilkan profil para penulisnya dan ditempatkan di bagian akhir artikel.
Selain memberitahu kepada pembaca siapa penulisnya, profil ini juga ditunjukkan sebagai apresiasi kepada para penulis.
Tidak hanya itu, pada profil penulis juga tersedia link menuju ke LinkedIn, website, dan akun media sosial dari penulis agar pembaca bisa mengenalnya lebih dekat.
Cara Mendaftar ke Google News
Lewat Publisher Center Help, Google menjelaskan secara singkat dan padat mengenai cara agar berita web dimuat dalam Google News.
- Buka website Publisher Center, lalu login dengan akun Google. Setelah login, Anda akan dihadapkan tampilan seperti ini
- Kemudian, klik “Add” untuk mulai mendaftar, lalu teman-teman akan diminta untuk mengisi formulir
- Isi formulir dengan lengkap, kemudian klik “Add Publication”
- Setelah semuanya selesai, Anda perlu verifikasi website dengan Google Search Console
- Jika sudah, Anda tinggal menunggu proses review dari Google
Penutup
Itulah ulasan lengkap tentang Google News, mulai dari pengertiannya, keistimewaannya, cara kerjanya, hingga bagaimana Anda bisa mendaftarkan konten Anda agar tampil di platform ini.
Lewat Google News, Anda tidak hanya meningkatkan visibilitas dan kredibilitas merek atau konten, tetapi juga memperoleh kesempatan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan.
Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menulis di kolom komentar di bawah ini.
Jangan lupa untuk bergabung ke grup Telegram DailySEO ID untuk diskusi dan obrolan santai mengenai digital marketing dan SEO.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa belajar SEO langsung dengan Ilman Akbar, founder DailySEO ID.
Kelas SEO ini akan merujuk ke intermediate class, di mana kelas ini dikhususkan untuk Anda yang sudah menjadi SEO Specialist, SEO Content Writer, dan sebagainya yang ingin naik level.
Daftarkan diri Anda sekarang juga di sini!
References:
https://searchengineland.com/google-news-optimization-boost-content-visibility-traffic-395031
https://support.google.com/news/publisher-center/?hl=id&sjid=16304833420279327201-AP#topic=10630761
1 Comment
Untuk proses sekarang jadi jauh lebih simple ya hanya masukan URL dan verifikasi kepemilikan lewat search console?