Salah satu hal yang harus diperhatikan di Search Engine Optimization (SEO) adalah proses crawling (perayapan) Google melalui googlebot-nya.

Untuk memantau bagaimana Google meng-crawl website kita, tidak ada cara lain adalah dengan menggunakan Google Search Console (GSC).

Mungkin dengan adanya hubungan di atas munculah sebuah pertanyaan:

“Apakah dengan website yang terverifikasi di Search Console akan membuat Google lebih sering melakukan crawling?”

Jawabannya ya atau tidak?

Mari kita cek jawaban dari John Mueller di bawah.

Apakah Penggunaan Google Search Console Memengaruhi Proses Crawling?

DailySEO ID menulis artikel ini berdasarkan apa yang ditanyakan oleh salah satu pengguna Twitter kepada John Mueller.

John Mueller, Search Advocate Google, ditanya jika sebuah website terverifikasi di Search Console apakah website tersebut akan menjadi lebih sering di-crawl atau memiliki prioritas yang lebih tinggi.

Hai, @JohnMu apabila kita tidak pernah mendaftarkan website ke Google Search Console, apakah Google tetap melakukan proses crawling website dalam interval tertentu? Apakah nanti frekuensi crawl-nya menjadi lebih lambat dibanding dengan website yang sudah terdaftar di Google Search Console? #AskGoogleBot

Secara singkat, John Mueller menjawab tidak.

Crawling tidak bergantung pada Google Search Console.

Proses crawling itu independen dan tidak tergantung dengan apa yang website Anda lakukan di Google Search Console.

Penutup

Search Console adalah sebuah tool (alat) yang dapat membantu Anda untuk melihat bagaimana performa dan trafik website Anda.

Selain itu, GSC juga bisa digunakan untuk mengecek sejumlah poin penting yang ada di website teman-teman seperti Security Issues, Manual Actions, lalu juga ada Enhancements, Page Experience, Web Vitals, Mobile Usability, hingga Sitemap.

GSC juga digunakan untuk melihat perilaku Google dalam melakukan crawling website kita, serta isu-isu yang mereka temui.

Baca Juga:   Template/Theme yang Sama, Aman Kok Dipakai Di Berbagai Website, Kata Google

Walaupun fitunya sebanyak itu, intinya, penggunaan Google Search Console sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan proses crawling.

Demikianlah artikel mengenai pengaruh Google Search Console terhadap proses crawling, jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas!

Sumber:

https://www.seroundtable.com/google-crawl-search-console-34328.html

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment