Sebagai seorang SEO, kita pasti cukup sering mendengar Core Web Vitals (CWV) dibahas oleh para profesional SEO lainnya.

Mulai dari bahasan di artikel, video, hingga podcast, sehingga munculah pertanyaan “Apakah Core Web Vital merupakan faktor yang memengaruhi ranking di Google Search?”

Untuk dapat memahaminya lebih jauh mengenai Core Web Vitals ini, mari kita ulas apakah CWV ini sebuah faktor ranking atau bukan.

Baca juga: Apakah Panjang Konten Memengaruhi Ranking di Google Search?

Klaim: Core Web Vitals Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Apa itu Core Web Vitals/Data Web Inti

Sebelum masuk ke inti artikel, mari kita bahas apa itu Core Web Vitals (atau disebut Data Web Inti dalam bahasa Indonesia).

Core Web Vitals (CWV) adalah bagian dari Web Vitals yang diaplikasikan ke semua halaman web, CWV harus dipantau oleh semua site owner, dan akan ditampilkan di seluruh Google tools.

Web Vitals sendiri merupakan inisiatif Google untuk memberikan panduan lengkap terhadap quality signal yang penting & esensial untuk dapat menghadirkan user experience yang lebih baik.

core web vitals dailyseo
Via Google Web Dev

3 Metrics (Metrik) Google Core Web Vitals

  1. Largest Contentful Paint (LCP)
  2. First Input Delay (FID)
  3. Cumulative Layout Shift (CLS)

Largest Contentful Paint (LCP): Digunakan untuk mengukur performa loading. Untuk menghadirkan user experience yang baik, LCP harus terjadi maksimal 2,5 detik sejak halaman web mulai di-load.

First Input Delay (FID): Digunakan untuk mengukur interactivity (interaktivitas). Untuk menghadirkan user experience yang baik, halaman web harus memiliki FID setidaknya 100 milidetik atau kurang.

Baca Juga:   Konten Resep Masakan: Schema Markup Resep Kini Mengharuskan Waktu yang Spesifik

Cumulative Layout Shift (CLS): Digunakan untuk mengukur visual stability (stabilitas visual). Untuk menghadirkan user experience yang baik, halaman web harus memiliki CLS yaitu 0,1 atau kurang.

Baca juga: Apakah Informasi Kontak Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti: Apakah Core Web Vitals Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Pada tahun 2020, Google Search Central membuat sebuah pra-pengumuman page experience metric yang akan segera dihadirkan:

Awal bulan ini, tim Chrome memperkenalkan Core Web Vitals, suatu kumpulan metric yang berkaitan dengan speed, responsiveness, dan visual stability, untuk membantu pemilik website dalam mengukur user experience di web.

Hari ini, kami sedang mengembangkan proyek ini dan membagikan gambaran awal mengenai perubahan search ranking yang menggabungkan metrik page experience ini. Kami akan mengenalkan sebuah new signal yang menggabungkan Core Web Vitals dengan signal kami yang lebih dulu ada untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang user experience di halaman web.

Kemudian di tahun 2021, Google mengadakan sesi “ask me anything” (tanya apapun ke saya) selama setengah jam di Web Vitals. Selama sesi tersebut, ada partisipan yang bertanya apakah page experience merupakan sebuah binary ranking factor (website dengan page experience bagus ranking-nya akan naik, dan sebaliknya).

Jawabannya adalah tidak. Search Advocate Google, John Mueller mengonfirmasinya selama sesi tersebut bahwa Web Vitals dapat memengaruhi ranking, namun relevansi konten web juga tetap memainkan peran yang sangat penting.

Jika website ABC lebih cepat di-load dibanding website XYZ, tetapi website XYZ ini lebih relevan untuk pengguna, maka website XYZ akan mendapatkan ranking lebih baik ketimbang website ABC.

John Mueller juga menyinggung bahwa website yang beralih dari kondisi “perlu perbaikan” menjadi kondisi “baik” akan dapat melihat perubahan ranking tersebut. Namun, website yang sudah dalam kondisi bagus dan speed-nya meningkat satu atau dua milidetik mungkin tidak akan melihat perubahaan ranking.

Baca Juga:   Mengenal Sitemap.xml dan Satu Contoh Mengapa Sitemap Penting dalam SEO

Di tahun 2021, Google memperbarui blog yang memperkenalkan Core Web Vitals. Google mengonfirmasi bahwa page experience akan sepenuhnya rampung di bulan Agustus 2021.

Baca juga: Apakah “Code to Text Ratio” Memengaruhi Ranking di Google Search?

Kesimpulan Core Web Vitals DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Dari beberapa data di atas, maka kesimpulannya jelas, bahwa Google dengan tegas menyatakan Core Web Vitals ini dapat memengaruhi ranking di Google Search.

Google web.dev memberikan saran yang cukup baik untuk hal ini, yaitu teman-teman harus meningkatkan LCP, FID, hingga CLS website untuk dapat memberikan user experience yang baik dan meningkatkan ranking web Anda.

Mari bersama-sama membangun industri SEO di Indonesia yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/core-web-vitals/

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

Write A Comment