Di era sekarang, Google Voice Search kerap kali orang gunakan untuk mencari suatu informasi di dunia maya.

Fitur ini memudahkan pengguna yang ingin melakukan pencarian di Google pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengetik, misalnya saat olahraga atau menyetir.

Bagi teman-teman praktisi SEO, fitur ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan visibilitas situs web dan menjangkau lebih banyak audiens.

Kira-kira seperti apa cara kerja Google Voice Search? Lalu, bagaimana langkah mengoptimasinya? Semua akan DailySEO ID kupas tuntas dalam artikel ini.

Apa Itu Google Voice Search?

Google Voice Search merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan speech recognition atau pengenalan suara untuk memungkinkan pengguna melakukan pencarian lewat Google cukup dengan berbicara langsung ke perangkat mereka.

Fitur ini bisa digunakan melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, smart speakers (misalnya Google Home), dan bahkan komputer dengan teknologi voice assistant.

Pengguna hanya perlu mengucapkan pertanyaan mereka ke perangkat yang memiliki fitur ini.

Sebagai contoh, teman-teman bertanya “restoran sushi terdekat”. Google akan menangkap suara tersebut, mengubahnya menjadi teks yang dapat dianalisis oleh search engine, dan mencocokkannya dengan data yang ada di mesin pencari mereka.

Setelah itu, Google akan memproses teks tersebut dengan algoritmanya untuk mencari jawaban yang paling relevan, misalnya dengan langsung memberikan daftar restoran yang sesuai.

Dok. Screenshot

Berdasarkan Search Engine Journal, untuk keseluruhan proses kerjanya kira-kira seperti ini:

  1. Pengambilan suara melalui mikrofon perangkat
  2. Pengenalan suara dengan fokus pada yang diucapkan pengguna untuk mengenali voice query atau kata kunci suara
  3. Mendigitalkan voice query menjadi teks data dan menganalisisnya
  4. Mencocokkan data yang sudah diolah dengan indeks pencarian mereka dan mencoba menemukan jawaban yang paling relevan
  5. Penerjemahan informasi untuk memenuhi search intent pengguna
  6. Pembandingan data kueri dengan sampel di database
  7. Penyampaian hasil pencarian dalam bentuk teks atau dibacakan oleh Google Assistant
Baca Juga:   Mengungkap Fenomena Jasa Klik Organik di Website

Pentingnya SEO untuk Google Voice Search

Optimasi untuk voice search sangat penting, sebab cara pengguna melakukan pencarian lewat fitur ini berbeda dengan cara mereka mengetik seperti biasa.

Saat orang berbicara, mereka cenderung menggunakan kalimat yang lebih panjang dan lebih natural.

Sebagai contoh, saat ingin mengetahui cuaca Bandung hari ini, orang biasanya hanya menuliskan kata kunci “cuaca Bandung”.

Berbeda dengan pencarian lewat suara, mereka bisa mengucapkan “Gimana cuaca di Bandung hari ini?”

Oleh karena itu, strategi SEO biasa yang hanya fokus pada short tail keyword dan singkat mungkin tidak cukup efektif pada voice search.

5 Langkah Optimasi untuk Google Voice Search

Agar bisa muncul di hasil pencarian Google Voice Search, tentunya posisi website harus berada di peringkat yang tinggi.

Dengan kata lain, suatu website harus memberi konten yang paling relevan dengan search intent pengguna.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat website lebih menonjol di hasil pencarian voice search.

1. Pakai conversational keyword

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pengguna melakukan cara yang sedikit berbeda saat mencari sesuatu lewat fitur voice search.

Pada voice search, pengguna seringkali mengajukan pertanyaan penuh dan lebih seperti obrolan sehari-hari. Maka dari itu, pakailah conversational keywords atau kata kunci yang bersifat percakapan dalam optimasi ini.

Conversational keyword biasanya berupa long-tail keyword, jadi fokuslah pada kata kunci atau frasa yang lebih panjang dan berbentuk percakapan untuk meningkatkan potensi website muncul di hasil pencarian Google Voice Search.

Menyadur dari Semrush, salah satu trik cepat untuk menemukan conversational keyword adalah lewat fitur “People also ask” Google.

Ini caranya:

  • Misalnya teman-teman punya restoran sushi di Jakarta. Coba tulis “restoran sushi Jakarta” di kolom pencarian Google
  • Lalu, scroll ke bawah sampai Anda menemukan section “People also ask” berisi list pertanyaan yang mungkin orang cari
Dok. Screenshot
  • Kemudian, lihat bagaimana website lain menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
  • Selanjutnya buat list kata kunci yang relevan dan cocok dipakai di website Anda
Baca Juga:   SEO Vs PPC: Mana yang Lebih Optimal untuk Strategi Marketing?

2. Optimasi konten Anda

Tujuan optimasi di voice search kurang lebih sama dengan SEO tradisional, yaitu meraih peringkat tertinggi di hasil pencarian.

Jadi, langkah optimasi berikutnya adalah memastikan konten yang Anda buat relevan, informatif, dan mampu menjawab langsung pertanyaan diajukan pengguna.

Jangan lupa untuk membuat konten teman-teman mudah diindeks search engine dan dipahami dengan baik oleh pembaca.

Perhatikan juga metrik E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) dari Google untuk meningkatkan ranking website di SERP.

3. Buat skema FAQ

Salah satu cara efektif mengoptimalkan situs Anda untuk Google Voice Search adalah dengan membuat halaman berisi FAQ (Frequently Asked Questions).

Halaman ini dapat mencakup pertanyaan-pertanyaan umum tentang bisnis Anda di website. Bisa jadi ketika pengguna sedang menggali informasi tentang bisnis Anda, Google akan menarik jawaban dari skema FAQ yang telah dibuat.

Maka dari itu, cobalah buat daftar pertanyaan umum terkait produk atau layanan teman-teman yang kemungkinan orang ingin cari tahu jawabannya.

4. Buat website Anda mobile-friendly

Sebagian besar pengguna Google Voice Search menggunakan perangkat mobile. Jadi, pastikan situs web Anda cukup kompatibel untuk berbagai jenis perangkat seperti smartphone dan lainnya.

Kecepatan loading yang lambat atau desain yang tidak responsif dapat berpengaruh buruk pada ranking website, baik di SERP maupun voice search.

Merangkum dari Search Engine Journal, berikut hal-hal yang perlu dilakukan untuk membuat website lebih mobile-friendly dan memberikan user experience yang baik bagi pengguna:

  • Gunakan laman yang mobile-responsive
  • Pastikan konten pada website memiliki keterbacaan yang baik, terutama jika dibuka lewat HP
  • Pakai desain, foto, video, dan layout yang simpe dan ringan
  • Kurangi loading time laman situs web
  • Tempatkan informasi kontak di area yang mudah dilihat
  • Lakukan tes untuk memastikan laman situs web terlihat baik saat diakses lewat device, platform, dan OS yang berbeda
Baca Juga:   Joe Handaya: SEO Campaign yang Scalable Adalah tentang Mindset, Resources, dan Komunikasi

5. Maksimalkan Google Business Profile (GBP)

Google sering kali menampilkan data di GBP untuk pencarian lokal, terutama jika pengguna mencari bisnis atau layanan di sekitar mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan local SEO dengan mengoptimasi Google Business Profile Anda.

Pastikan semua informasi bisnis seperti alamat, jam operasional, dan nomor telepon sudah ter-update serta diisi dengan benar dan lengkap.

Ini beberapa hal lain yang perlu teman-teman optimalkan pada GBP:

  • Tulis deskripsi tentang produk, layanan, dan bisnis
  • Tambahkan foto yang berkaitan dengan lokasi, aktivitas, dan tim karyawan
  • Bagikan update tentang produk atau layanan baru serta info promosi
  • Meminta dan merespon review orang-orang terhadap bisnis Anda
  • Tambahkan FAQ dan jawab pertanyaannya

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Google Voice Search dan langkah-langkah optimasinya. Mengoptimalkan situs web untuk Google Voice Search adalah langkah penting dalam strategi SEO modern.

Dengan memahami cara kerja voice search dan menerapkan langkah-langkah optimasi yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs web di search engine dan menarik lebih banyak pengunjung.

Jika Anda masih ingin mencari tahu lebih dalam soal Google Voice Search, atau penasaran bagaimana langkah SEO yang tepat untuk wesbite Anda, coba cari tahu jawabannya dengan gabung Telegram DailySEO ID.

Di sana, Anda bisa bertemu teman-teman sesama pegiat digital marketing dan bertukar insight seputar SEO dan lainnya.

Jangan lupa, ada kelas SEO Fundamental Course DailySEO ID bagi teman-teman yang ingin mendalami dasar-dasar SEO. Yuk, langsung daftarkan diri Anda melalui halaman ini!

References:

Google Voice Search: How to Optimize for Voice Queries

Voice Search: What Is It & How Does It Work?

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment