Branded traffic merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kesuksesan strategi marketing.

Banyaknya branded traffic menunjukkan bahwa orang-orang yang mengunjungi situs web Anda sudah familiar dengan merek Anda dan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas topik-topik seperti apa manfaat branded traffic, cara mengukur kinerjanya, dan cara meningkatkannya untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan.

Dengan memahami dan menerapkan konsep ini, Anda dapat meningkatkan brand awareness Anda dan meningkatkan jumlah traffic berkualitas yang datang ke situs web Anda.

Konten ini merupakan konten kolaborasi dengan Dewaweb, yakni perusahaan yang menyediakan layanan Domain, Cloud Hosting, Cloud Server, DewaCloud (Platform-as-a-Service untuk Developers & DevOps), SSL Certificate, dan masih banyak lainnya. Kunjungi webiste nya untuk mendapatkan promo menarik!

Apa itu Branded Traffic?

Branded traffic adalah jenis traffic yang datang ke situs web Anda melalui pencarian dengan menggunakan keywords nama merek perusahaan atau produk Anda maupun pencarian menuju ke link website brand.

Contohnya, jika seseorang mencari “Nike” di mesin pencari, traffic yang datang ke situs web Nike dari hasil pencarian tersebut dianggap sebagai branded traffic

Branded traffic sangat erat kaitannya dengan branded keyword. Untuk itu, kamu perlu juga memahami lebih dalam apa itu branded keyword.

Apa Itu Branded Keyword Beserta Contohnya

Branded keyword adalah kata kunci yang berisi nama brand perusahaan, variasi nama brand, atau produk Anda.

Masih dengan contoh brand Nike, berarti keyword seperti “Nike”, “Nike.com” “Sepatu Nike” adalah contoh dari branded keyword.

Contoh lain dari branded keyword jika brand anda menjual gadget bernama ABC Gadget, maka “ABC Gadget”, “ABC”, “Earphone ABC” menjadi contoh dari branded keyword.

Baca Juga:   Mau Jadi SEO Specialist? Ini Langkah-langkah untuk Menguasai Berbagai Skills-nya!

Adapun variasi brand keyword-nya dapat berupa long tail keyword seperti di bawah ini:

  • Toko ABC Gadget
  • Review ABC Gadget
  • Service handphone ABC Gadget

Branded keyword digunakan oleh user atau para pencari yang telah mengetahui atau pernah mendengar brand Anda.

Mereka ingin mengetahui lebih lanjut soal brand atau produk / jasa yang anda jual.

Manfaat dan Pentingnya Branded Traffic

Berikut adalah manfaat dan alasan mengapa branded traffic perlu ditingkatkan dalam situs anda:

1. Meningkatkan brand awareness

Branded traffic menunjukan orang yang mengunjungi situs web Anda sudah memiliki awareness atau familiar dengan brand Anda, hal ini tentunya merupakan langkah awal untuk meningkatkan leads dan conversion.

2. Meningkatkan konversi

Orang yang sudah familiar dengan produk Anda akan punya potensi lebih besar untuk melakukan pembelian, dibanding mereka yang masih belum mengetahui brand Anda.

3. Meningkatkan kualitas traffic

Branded traffic biasanya dianggap sebagai traffic yang lebih berkualitas dibandingan dengan non-branded traffic, karena orang yang mengunjungi situs web anda sudah memiliki minat tertentu pada perusahaan Anda.

4. Membantu meningkatkan ranking di SERP

Secara tidak langsung, branded traffic dapat membantu meningkatkan peringkat situs web anda di hasil pencarian. Karena ini menjadi salah satu sinyal yang menunjukan bahwa situs web Anda memiliki relevansi yang baik.

5. Meningkatkan kredibilitas & brand value

Branded traffic dapat digunakan untuk menunjukkan kredibilitas perusahaan Anda, karena menunjukan bahwa orang-orang yang mengunjungi situs web anda sudah familiar dan percaya pada produk/jasa yang anda jual.

Branded traffic merupakan versi digital dari brand value atau keberhasilan branding bisnis di internet.

Cara Mengukur Branded Traffic dengan Google Search Console

Sebelum meningkatkan branded traffic, tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu seberapa besar brand traffic yang sudah kamu dapatkan, dan meninjau apa saja faktor-faktor yang memengaruhinya. 

Hanya dengan memanfaatkan Google Search Console, Anda dapat mengetahui berapa banyak traffic SEO yang masuk ke website Anda dari branded keywords. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke properti Google Search Console website Anda
  2. Pilih menu “Performance” > “Search Result”
  3. Pilih filter di bagian atas “+New” > Query
  4. Masukkan nama brand Anda di dalam isian “Queries containing”, lalu tekan “Apply”
  5. Ubah jangka waktu data dengan filter “Date”, jika perlu
  6. Selesai
Baca Juga:   8 Teknik Black Hat SEO yang Perlu Dihindari 

3. Pilih filter di bagian atas “+New” > Query
4. Masukkan nama brand Anda di dalam isian “Queries containing”, lalu tekan “Apply”
Hasil data branded traffic dengan branded keyword DailySEO ID

Cara Mengukur Branded Traffic dengan Google Analytics

Alternatif lainnya, kamu bisa mengukur branded traffic dengan bantuan Google Analytics.

Di sini, kita menggunakan asumsi bahwa branded traffic adalah traffic yang masuk ke homepage website. Pada umumnya, branded keywords akan menampilkan homepage website di Google SERP.

Berikut adalah cara mengukur branded trafic Google Analytic Universal (UA):

  1. Login ke akun Google Analytics UA
  2. Pilih web yang ingin dianalisis
  3. Pilih menu “Behavior” > “Site Content” > “All Pages”
  4. Pada tabel, cari kolom bernama “Page”, dan lihat baris berisi / (garis miring/slash). Ini adalah URL dari homepage website Anda
  5. Lihat data jumlah Pageviews
Mengecek branded traffic di Google Analytics versi UA

Berikut adalah cara untuk mengukur branded traffic di Google Analytics 4 (GA4):

  1. Buka GA4 dan masuk ke akun yang digunakan untuk mengukur traffic website anda
  2. Pilih property yang ingin anda ukur trafficnya
  3. Klik menu “Reports”
  4. Klik menu “Engagement” di bawah menu “Life cycle”
  5. Klik menu “Pages and screens”
  6. Pada tabel, cari kolom “Page title and screen class”, lalu lihat baris yang berisi title homepage website Anda. Alternatifnya, ganti judul kolom tersebut menjadi “Page path and screen class”, lalu lihat baris yang berisi /
  7. Lihat data jumlah Views atau Users
Mengecek branded traffic di Google Analytics 4

Cara Meningkatkan Branded Traffic Website

Setelah mengetahui definisi, manfaat, dan cara mengukurnya, mari kita bahas beberapa cara meningkatkan jumlah branded traffic di website kita.

1. Terapkan Prinsip-Prinsip Branding Pada Website

Pastikan logo brand Anda ditampilkan secara konsisten di setiap halaman, gunakan warna yang senada dan konsisten, tuliskan key message dari brand secara jelas di bagian homepage supaya visitor mudah memahami apa yang Anda tawarkan.

Tidak lupa, berikan alasan mengapa perusahaan Anda lebih baik, berikan social proof berupa angka dan logo logo perusahaan yang sudah pernah bekerjasama. 

Baca Juga:   Apa itu DA & PA? Masih Penting untuk SEO di 2023?

2. Tingkatkan On-Page Branded Traffic

Optimalkan situs web dengan menambahkan nama brand Anda ke meta title, meta deskripsi, URL, dan konten situs web Anda. Pastikan juga ada link ke homepage Anda dari setiap halaman website Anda.

Buat konten yang menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan atau konten yang menjawab permasalahan calon customer dengan memasukan nama brand Anda di dalamnya.

3. Tingkatkan Off-Page Branded Traffic

Dapatkan link dari website rekanan/partner Anda, kelola hubungan baik dengan blogger dan influencer yang punya massa untuk mempromosikan website anda, serta integrasikan juga pemasaran offline dengan pemasaran digital Anda.

4. Gunakan Media Sosial dan Iklan Berbayar

Gunakan media sosial sebagai channel marketing yang mengarahkan ke website Anda. Jika Anda punya budget tertentu, anda juga bisa mencoba paid ads untuk meningkatkan awareness dan jangkauan audience terhadap produk anda.

Penutup

Branded traffic adalah jenis traffic yang datang ke situs web Anda melalui pencarian dengan keyword yang mengandung nama merek perusahaan atau produk Anda.

Hal ini menjadi faktor penting, karena branded traffic menunjukan seberapa besar awareness orang terhadap brand anda. 

Banyaknya branded traffic menjadi peluang untuk mendatangkan konversi karena orang yang familiar dengan brand anda akan memiliki intention atau minat yang lebih tinggi untuk melakukan pembelian.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari SEO atau punya pertanyaan seputar SEO kamu juga bisa bergabung ke telegram DailySEO ID, tempat di mana kamu bisa membagikan seputar kendala atau insight untuk meningkatkan performa SEO sekaligus berjejaring dengan sesama SEO enthusiast se-Indonesia! Teman-teman juga bisa belajar SEO dari kelas-kelas webinar kami!

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Partnership Associate DailySEO ID | Growth Content Specialist of Binar Academy

Write A Comment