Di era digital saat ini, hampir semua perusahaan sudah menerapkan SEO di dalam kegiatan bisnisnya, khususnya dalam hal promosi dan marketing melalui internet. Ilmu SEO penting dikuasai dengan baik supaya bisnis mampu meraup organic traffic dan bersaing dengan para kompetitor di luar sana.

Teman-teman mungkin sudah belajar SEO secara otodidak, tapi memutuskan untuk serius belajar sampai mau mengeluarkan investasi untuk meningkatkan ilmu?

Jika Anda mungkin masih belum tahu mana tempat kursus online yang direkomendasikan sebagai opsi untuk belajar ilmu SEO, saya akan memberikan beberapa opsi terbaik yang bisa Anda jadikan tempat untuk belajar SEO untuk pemula.

1. SEO Fighter Bootcamp – Search Agency

Teman-teman ada yang pernah mendengar Search Agency? Bagi yang belum tahu Search Agency adalah search and performance marketing agency yang berlokasi di Jakarta. 

Search Agency menyediakan berbagai macam jasa yang mampu menumbuhkan bisnis Anda dengan baik seperti jasa local SEO, SEO, paid search, dan lain-lain.

Kabar baiknya, Search Agency akan mengadakan sebuah kegiatan bootcamp khusus SEO yang bernama SEO Fighter Bootcamp.

Kelasnya sendiri dilaksanakan secara live selama beberapa sesi sepanjang 2 bulan. Akan ada banyak sekali materi-materi yang didapatkan oleh para peserta, mulai dari fundamental SEO, copywriting, technical SEO, content marketing, market & competitive research, dan masih banyak lagi.

Bahkan, bagi para peserta SEO Fighter Bootcamp bisa melakukan 1 on 1 bersama mentor untuk menggali lebih dalam lagi mengenai rasa penasarannya terhadap SEO.

Kegiatan ini tentu saja sangat cocok diikuti oleh para SEO enthusiast ataupun bagi para pebisnis. 

Baca Juga:   Bukan Sekedar Ranking: Apa Itu SEO, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Mengapa SEO Penting?

Apabila teman-teman memutuskan untuk mengikuti SEO Fighter Bootcamp ada beragam benefit yang didapatkan, seperti sertifikat, class recording, hingga domain + hosting untuk projek bootcamp.

Yang terdekat, bootcamp ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 Mei 2022 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp6.750.000/fighter. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung klik link di bawah ini!

SEO Fighter Bootcamp 2022 – Search Agency

Baca Juga: Pekerjaan yang Membosankan vs Silaunya Hasil dari SEO (The Grind vs The Flash of SEO)

2. SEO Class Skill Academy

Opsi lainnya yang tepat untuk Anda belajar SEO yaitu melalui kelas online SEO dari Skill Academy.

Di bawah naungan Ruangguru, Skill Academy menyajikan beragam kelas online menarik yang bisa diikuti untuk pengembangan diri, tak terkecuali kelas SEO bagi yang mempunyai minat di bidang ini.

Kelas online SEO di Skill Academy akan dibawakan langsung oleh Muhammad Ilman Akbar dengan judul “SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google”. Kelas ini berbentuk recording/rekaman, sehingga bisa diulang berkali-kali jika dibutuhkan.

Di kelas ini cocok diikuti oleh pemula karena akan ada materi seperti:

  • Pengenalan dasar SEO
  • Bagaimana cara riset kata kunci
  • On page optimization
  • Off page optimization
  • Tolak ukur & analisa
  • dan masih banyak lagi

Jika teman-teman tertarik mengikuti kelas ini, segera klik link di bawah ini, ya. Lagi ada diskon, sehingga harganya menjadi Rp. 272.000 per tulisan ini diturunkan.

SEO Class Skill Academy Ilman Akbar

Baca Juga: Apa Itu Search Intent? Seberapa Pentingkah untuk SEO?

3. SEO Class Purwadhika

Teman-teman pernah mendengar atau bahkan mengikuti salah satu kelas dari Purwadhika? Tempat penyedia kelas online yang satu ini juga direkomendasikan bagi Anda yang mau mendalami SEO.

Baca Juga:   SEOLasa Loker: Lowongan Kerja SEO Minggu Ini, 25 Januari 2022

Sebagai Digital Technology School, Purwadhika tentu saja memberikan materi yang berkualitas bagi para pesertanya. 

Di kelas SEO yang diadakan oleh Purwadhika akan dibawakan langsung oleh Pandu Furwani, SEO Manager at Bukalapak.

Mengusung judul “How to Build Powerful SEO and Stand out in Google, Pandu Furwani akan membawakan materi SEO yang cocok untuk pemula, seperti pengenalan SEO, cara SEO audit, link building, hingga SEO reports. Kelas ini juga berbentuk rekaman, dengan harga sebesar Rp. 225,000, sehingga bisa dibilang bersaing dengan kelas Skill Academy di atas.

Untuk mengikuti kelasnya, teman-teman bisa langsung klik link di bawah ini, ya!

SEO Class Purwadhika Pandu Furwani

4. SEO Class Glints Expert Class

Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan Glints. Salah satu startup yang membicarakan dunia kerja ini juga menyediakan kelas online yang cocok diikuti oleh profesional maupun umum yang sedang berkutat dalam dunia kerja melalui Glints Expert Class.

Di dalam Glints Expert Class ada banyak sekali kelas SEO yang bisa Anda ikuti, mulai dari cara menulis konten yang SEO-friendly, cara membuat SEO content plan, dan lain-lain. Model kelasnya sendiri ada yang berupa live webinar dengan harga di bawah Rp. 100.000, maupun mentorship seharga Rp. 249.000, sehingga Anda bisa fokus belajar di topik yang diinginkan.

Apabila teman-teman tertarik mengambil salah satu kelas dari Glints, Anda bisa langsung klik link di bawah ini!

SEO Class Glints Expert Class

Baca Juga: 3 Ciri SEO Agency/Jasa/Pakar SEO yang Jangan Dipilih, Hati-hati Resikonya!

5. SEO Class RevoU

Siapa yang tidak tahu RevoU? Hampir sebagian besar familiar dengan salah satu akademi pembelajaran online ini.

Baca Juga:   Panduan Dasar Google Featured Snippet: Cara Kerja & Tipe-tipenya

Di dalam RevoU terdapat banyak sekali kursus online yang bisa teman-teman ikuti untuk self development, seperti kelas digital marketing, data analytics, product management, hingga SEO.

Kelas SEO di RevoU bisa jadi opsi terbaik bagi teman-teman dalam belajar SEO. Terlebih, dalam mengikuti kelas ini teman-teman bisa mempunyai potensi untuk menjadi SEO Specialist ke depannya.

Apa saja yang dibahas dalam kelas SEO RevoU? Ada banyak sekali, mulai dari pengenalan advanced SEO, keyword research, on page technical, off page, hingga analytics, reports, dan influencing stakeholders.

Di dalam kelas/akademi ini ada banyak sekali mentor-mentor mumpuni yang akan membantu Anda dalam belajar. Di batch lalu, Muhammad Ilman Akbar (Founder DailySEO ID), Reza Putra (SEO Lead Tokopedia), dan Andreas Budiman (SEO Manager at Glints).

Sayangnya, akademi SEO dari RevoU ini belum membuka pendaftaran batch baru saat ini. Informasi selengkapnya bisa klik link di bawah ini!

SEO Class RevoU

Itu dia lima kelas/kursus online yang bisa teman-teman ikuti untuk belajar SEO. 

Tidak ada kata terlambat dalam belajar suatu hal, termasuk belajar SEO. Teman-teman bisa memulainya dari sekarang. Terlebih, saat ini skill SEO sedang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan.

Kalau teman-teman sudah belajar SEO dan mencari tempat yang tepat buat diskusi soal SEO, Anda bisa langsung bergabung ke Telegram DailySEO ID.

Di sana ada banyak sekali praktisi SEO yang siap diajak diskusi dengan Anda. Jangan ragu lagi, langsung gabung ke grupnya, ya!

Author

Orangnya suka menulis | SEO Content Writer at Zenius| SEO Enthusiast |

Write A Comment