Review pelanggan adalah salah satu hal yang penting untuk memperkuat reputasi dan meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap bisnis teman-teman. Ulasan positif juga bisa membantu bisnis Anda tampil lebih menonjol di hasil pencarian local SEO.
Namun, untuk mendapatkan review yang otentik dari user tidak selalu mudah, terutama jika Anda tidak tahu pendekatan yang tepat ketika meminta feedback kepada mereka.
Lalu, bagaimana cara meminta review kepada pelanggan untuk mendukung optimasi pencarian lokal?
DailySEO ID akan bahas lebih dalam seputar tips mendapatkan review yang positif serta hal-hal yang patut dihindari saat memintanya.
Daftar Isi
Tips Mendapatkan Review dari User untuk Bisnis Anda
Saat meminta review, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk meningkatkan peluang teman-teman mendapatkannya, antara lain:
1. Minta dengan instruksi yang jelas
Berdasarkan Moz, 30% customer tidak memberikan review yang prosesnya berbelit-belit.
Jadi, pastikan Anda memberikan instruksi yang mudah diikuti oleh pelanggan. Sebutkan platform tempat mereka bisa memberikan review, langkah-langkahnya, dan berikan link yang langsung mengarah ke platform tersebut.
Pastikan juga untuk prosesnya simpel. Jangan sampaikan permintaan yang bertele-tele karena customer sudah pasti tidak suka membuang-buang waktu hanya untuk menyampaikan ulasan untuk bisnis teman-teman.
2. Follow up dan ingatkan mereka
Terkadang pelanggan lupa memberikan review, meskipun mereka memang berniat untuk melakukannya.
Jadi, tidak apa-apa jika Anda ingin mengingatkannya kembali setelah beberapa hari atau minggu. Untuk hal ini, teman-teman bisa menggunakan berbagai channel seperti WhatsApp broadcast ataupun email.
Akan tetapi, jangan sampai teman-teman malah membuat pelanggan jadi terganggu. Beri reminder dengan gaya bahasa yang sopan dan ramah dan jangan terlihat terlalu spam ke audiens.
3. Tunjukkan nilai personal yang humanis
Tunjukkan bahwa review mereka sangat berarti untuk Anda, baik secara personal maupun untuk perkembangan bisnis.
Teman-teman bisa sampaikan pesan permintaan review dengan memberikan kalimat sapaan dan menyebutkan nama customer.
Berikan juga apresiasi atas waktu yang mereka rela luangkan untuk memberikan ulasan.
Akan lebih baik jika Anda bisa menambahkan kesan yang lebih personal bagi customer yang dituju, asalkan jangan sampai terlewat batas dan justru menjadi hal yang tidak mengenakkan baginya.
Strategi untuk Mendapatkan Review yang Positif
Apabila Anda ingin mendapatkan lebih banyak review positif dari pelanggan, perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Kenali customer teman-teman
Sebelum meminta review, pastikan Anda memahami kebutuhan pelanggan dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka.
Customer yang puas biasanya lebih bersedia memberikan ulasan positif dibandingkan dengan yang tidak.
Dengan mengenali customer, Anda juga bisa mengidentifikasi mana pelanggan yang memberikan review palsu atau bahkan customer palsu yang memberikan ulasan tidak jujur.
Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan interaksi dengan mereka, baik melalui komentar ataupun chat. Selain itu, teman-teman juga bisa melakukan analisis customer melalui behaviour mereka.
2. Respon setiap review yang diterima
Berinteraksi dengan setiap review, baik positif maupun negatif, menunjukkan bahwa Anda menghargai opini pelanggan.
Tanggapan yang ramah dan sopan meningkatkan citra bisnis dan mendorong orang lain untuk meninggalkan review juga.
3. Buat proses review mudah, kalau perlu beri instruksi
Permudah pelanggan untuk meninggalkan ulasan dengan memberikan langkah-langkah jelas.
Misalnya, jika menggunakan media tertentu, sertakan link yang langsung mengarah ke platform review atau QR code yang menuju halaman ulasan bisnis Anda.
4. Beri apresiasi terhadap review user yang jujur
Tunjukkan penghargaan atas waktu yang pelanggan luangkan untuk memberikan ulasan, baik itu positif maupun berupa kritik.
Apresiasi yang diberikan tidak perlu berupa imbalan material. Cukup dengan ucapan terima kasih yang tulus, serta ungkapan bahwa masukan yang mereka berikan akan membantu meningkatkan layanan Anda.
5. Beri permintaan review yang personal
Baik secara langsung atau tidak, permintaan review yang diiringi dengan ungkapan kepedulian teman-teman terhadap pelanggan yang dituju cenderung lebih efektif.
Kalau bisa, buat pesan yang lebih personal. Jangan sampai terlihat umum dan terasa seperti template.
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Perihal Review Customer
1. Menawarkan imbalan untuk suatu review
Memberikan imbalan seperti uang atau hadiah kepada orang untuk melakukan review bisa dianggap manipulatif dan melanggar kebijakan beberapa platform. Fokuslah mendapatkan review yang otentik dan jujur dari customer.
Tentu saja, untuk mendapatkan review yang tulus dari pelanggan teman-teman perlu memperkuat branding terlebih dahulu, baik itu menggunakan SEO ataupun strategi marketing lainnya.
Ketika branding sudah kuat, maka user tidak akan segan-segan untuk memberikan ulasan terkait produk bisnis Anda.
2. Terpaku pada satu platform saja
Jangkau customer di mana pun mereka berada. Manfaatkan berbagai platform mana saja yang terdapat review soal bisnis Anda, seperti Google, app store, atau media sosial lainnya untuk mendapatkan lebih banyak review dari pelanggan.
3. Menghapus review negatif
Review buruk tidak selalu merugikan. Komentar-komentar negatif yang masuk bisa memberikan kesempatan untuk menunjukkan profesionalisme Anda dalam menangani kritik.
Justru dengan menghapus review negatif, akan berpontensi merusak kredibilitas bisnis teman-teman. Orang-orang bisa saja menilai Anda sebagai seseorang yang antikritik.
4. Minta tolong orang untuk memberikan review palsu
Sebagaimana sudah disampaikan pada penjelasan sebelumnya, pastikan jangan membuat atau meminta orang memberikan fake review.
Ulasan palsu dapat merusak reputasi bisnis. Bahkan, bisa saja mengakibatkan bisnis Anda terkena sanksi dari platform yang bersangkutan.
Sebab, hal ini sama saja menipu orang lain yang ingin membeli produk bisnis Anda. Beberapa customer melihat review terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk bisnis tersebut.
5. Mengabaikan feedback yang Anda terima
Ulasan pelanggan adalah sumber informasi yang berharga untuk evaluasi bisnis ke depannya. Jadi, jangan abaikan setiap masukan dari customer, terutama yang bisa membantu Anda meningkatkan layanan menjadi lebih baik.
Review Positif Bantu Tingkatkan Penjualan Bisnis Teman-teman
Mengumpulkan review pelanggan adalah langkah yang bisa berpengaruh dalam membangun reputasi online, serta memperkuat strategi local SEO.
Dengan menerapkan cara yang tepat dan menghindari kesalahan-kesalahan saat melakukannya, Anda bisa mendapatkan ulasan yang jujur tanpa terkesan memaksa untuk mendukung pertumbuhan bisnis.
Mulailah menerapkan tips di atas, dan lihat bagaimana ulasan pelanggan dapat meningkatkan kredibilitas teman-teman di dunia digital.
Namun, ingat bahwa etika dalam meminta review sangat penting agar pelanggan merasa dihargai, bukan dimanfaatkan.
Apabila Anda ingin berdiskusi seputar review customer dan local SEO, atau ingin membangun koneksi untuk memperkaya relasi dengan para sesama pegiat SEO, mari bergabung ke grup Telegram DailySEO ID.
Di sana, Anda bisa bertemu para praktisi SEO dari berbagai daerah di Indonesia.
Sedikit informasi, bagi teman-teman yang ingin belajar SEO dari nol, yuk, daftarkan diri Anda di waiting list SEO Fundamental Course Batch 8 yang akan diselenggarakan Januari 2025 mendatang.
Apabila Anda ingin mengikuti Intermediate SEO Masterclass dan mengembangkan skill SEO lebih dalam lagi, bisa langsung saja mengunjungi link ini.
References: