Google, lewat YouTube channel Google Search Central, selalu memberikan insight maupun info terbaru tentang aktivitas atau update dari algoritma Google Search. Pada tanggal 31 Maret 2022 kemarin, John Mueller, Senior Webmaster Trends Analyst di Google, merangkum segala perkembangan terbaru yang terjadi di Google Search.

Pastinya info ini akan menjadi hal positif bagi teman-teman praktisi SEO, karena kita bisa selalu memperbarui wawasan kita dengan perkembangan Google Search dan SEO itu sendiri.

Baik lanjut, penasaran apa saja kabar terbaru yang dibahas oleh Google Search Central? Mari baca tulisan ini sampai selesai.

1. Page Experience Menjadi Faktor Ranking untuk Desktop Juga

John Mueller mengatakan bahwa Google Search memiliki dua perubahan, yaitu terkait dengan Page Experience termasuk di dalamnya Core Web Vitals (CWV) yang merupakan menjadi standar dalam mengukur speed, responsiveness, dan stability halaman web yang dilihat oleh user.

John melanjutkan, jika sebelumnya Page Experience hanya digunakan untuk mobile device saja, namun saat ini Google Search juga telah menerapkannya untuk desktop.

“Mulai dari, kami mempunyai dua perubahan ranking, yang pertama adalah tentang page experience ranking factor. Termasuk di dalamnya Core Web Vitals. Sebelumnya hal ini hanya digunakan untuk perangkat mobile, namun sekarang diterapkan untuk desktop.”

John Mueller

Di akhir kalimat untuk poin nomor satu ini, John juga berharap bahwa website yang teman-teman kelola dapat meningkat performanya.

Daily SEO ID pernah membahas lengkap pada artikel: Google Search Console Meluncurkan Page Experience Report untuk Halaman Versi Desktop.

Baca Juga:   Microsoft Bing Merilis Plugin IndexNow untuk WordPress

2. Product Review Ranking

Update yang kedua adalah Product Review Ranking, yaitu ranking bagi website yang berisi konten product review. Di update ini, Google mengklaim lebih mengerti tentang website seperti ini. Sebelumnya, Google telah merekomendasikan website yang berisi product review untuk mengulas konten jenis ini secara in-depth, otentik, dan tentunya berkualitas tinggi.

“Kami baru saja meluncurkan sebuah update yang bekerja lebih baik dalam mengidentifikasi website product review ini. Update ini diperuntukkan dalam bahasa inggris, dan akan mencakup lebih banyak bahasa lainnya secara bertahap.”

John Mueller

Untuk Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang hal ini, silakan kunjungi blog Google Search Central ini.

3. Bagi Developer: API URL Inspection untuk Google Search Console

Google baru saja meluncurkan Search Console API terbaru, sebuah API (application programming interface) yang bisa teman-teman programmer gunakan kembali fungsinya di system app miliknya.

Dalam video ini, John menjelaskan:

“API ini memungkinkan program untuk mengecek indexation status untuk sejumlah halaman web yang ada di website Anda. API ini juga memberi tahu Anda ketika URL telah di-discover (ditemukan), crawled, indexed, hingga tag canonical yang dipilih.”

John Mueller

Tapi jika Anda bukanlah seorang programmer, maka Anda tetap bisa melakukan pengecekan secara manual di Google Search Console (GSC).

API terbaru dari Google ini juga bisa digunakan fungsinya untuk tools lainnya, bahkan bisa Anda integrasikan dengan Spreadsheet.

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan code Anda sendiri, silakan baca dokumentasinya di sini.

4. Selamat Tinggal Universal Analytics, Selamat Datang GA4!

Google Analytics (GA) mengumumkan akan menghentikan data collection untuk GA versi Universal Analytics tahun depan dan digantikan dengan Google Analytics 4 (GA4).

Baca Juga:   Beberapa Keuntungan Menghadiri SEOCon Jakarta 2022 untuk Karir dan Bisnis

GA4 adalah versi terbaru dari Google Analytics yang sebenarnya sudah diperkenalkan dan bisa digunakan sejak Oktober 2020.

Mungkin teman-teman bertanya “Kok lama ya dari Oktober 2020, GA4 baru sepenuhnya dipakai di 2023?”

Jawabannya sederhana, karena Google ingin kita mengenal dan terbiasa dengan GA4 ini. Teman-teman bisa baca panduan Google Analytics secara lengkap ini.

Penutup

Itulah poin-poin penting yang penulis tangkap dari video youtube Google Search Central, selengkapnya Anda bisa kunjungi video tersebut, link sumber video tercantum di bawah tulisan ini.

Mari bersama-sama membangun industri SEO di Indonesia yang sehat tanpa trik spammy, dan silakan ajukan pertanyaan seputar SEO dan Digital Marketing di grup Telegram DailySEO ID, yuk gabung di sini!

Sumber:

Author

SEO Learner | Jr. SEO Specialist at Farmaku & DokterSehat | SEO Freelancer | First time meet SEO in 2014 and diving more deeply in 2019.

2 Comments

  1. update kali ini juga gak menentu… trafikq anjlok setelah google update algoritmanya padahal core web vital blog aku juga sangat bagus scorenya A di GTMetrix!

    • karena core web vital score itu cuma salah satu faktor aja, bukan satu2nya.

      ada faktor lain yang “kena” dari perubahan algoritma, bisa jadi karena ada Guidelines Google yang terlanggar?

Write A Comment