Membuat page FAQ bisa menjadi solusi tepat untuk memudahkan user dalam mengenali bisnis atau jasa yang Anda miliki.

Tidak hanya membantu user menemukan apa yang mereka butuhkan, tetapi juga berpotensi meningkatkan performa SEO situs web.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuatnya agar konten di dalamnya benar-benar mampu menjawab search intent pengguna dan teroptimasi di mesin pencari.

Di artikel ini, mari kita bahas cara membuat page FAQ yang optimal di mata Google maupun user.

Apa Itu Halaman FAQ?

Page FAQ atau Frequently Asked Questions adalah halaman pada situs web yang berisi kumpulan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna, sekaligus dengan jawabannya.

Halaman ini membantu user menemukan jawaban yang dibutuhkan secara cepat, tanpa harus menghubungi customer service atau mencari-cari informasi di berbagai halaman lain secara terpisah.

Mengutip dari Semrush, suatu halaman FAQ terutama bagi bisnis dapat berisi pertanyaan dan jawaban seputar:

  • Produk atau layanan
  • Jam operasional
  • Cara pembayaran
  • Info pengiriman
  • Kontak yang bisa dihubungi

Seberapa Penting Halaman FAQ untuk SEO?

Membuat page FAQ cukup penting karena bisa mendatangkan manfaat-manfaat berikut.

1. Meningkatkan traffic dan visibilitas website

Halaman FAQ dapat menjadi sumber traffic organik yang cukup besar jika dioptimalkan dengan baik.

Apabila jawaban yang disajikan relevan dengan pertanyaan user serta menyasar ke kata kunci yang tepat, page FAQ berpotensi muncul di featured snippet Google.

Baca Juga:   Apakah Halaman About Us dan Contact Us Penting untuk SEO?

Contohnya seperti halaman pada website Shopee berikut yang menaungi pertanyaan soal cara retur barang.

Dok. Screenshot

2. Meningkatkan customer experience

Menciptakan experience yang baik bagi pengguna sangat penting dalam SEO.

Dengan menyediakan jawaban yang relevan dan mudah ditemukan melalui page FAQ, teman-teman berarti sudah membantu pengguna menghemat waktu mereka ketika mencari suatu informasi.

Jika user bisa dengan mudah mendapatkan informasi seputar bisnis atau layanan Anda, mereka tidak perlu susah payah menghubungi customer service.

Tentunya, hal ini bisa sekaligus menghemat waktu dan tenaga tim CS Anda.

3. Memperkuat authority website

Page FAQ yang dirancang dengan baik dapat berdampak positif pada otoritas website.

Jika Anda mampu memberikan informasi yang relevan dan akurat di halaman FAQ, orang-orang cenderung akan lebih memercayai website teman-teman secara keseluruhan.

Hal ini sangat bagus untuk membuat website Anda lebih menonjol dari kompetitor yang tidak menyediakan page FAQ di situs mereka.

Cara Membuat Halaman FAQ yang Mampu Menjawab Pertanyaan User

Lakukan cara-cara ini agar page FAQ yang Anda buat mengandung pertanyaan dan jawaban yang komprehensif, relevan, dan mudah diakses pengguna.

1. Menyediakan jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan user

Hal terpenting dalam membuat page FAQ adalah memastikan bahwa Anda benar-benar memahami pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna.

Untuk melakukannya, teman-teman bisa coba tanyakan pada tim CS yang sudah terbiasa melakukan kontak dengan customer.

Tools seperti Google Search Console juga bisa membantu untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan pengguna di internet.

Sebagai alternatif, teman-teman juga bisa mengumpulkan pertanyaan pengguna melalui survei, komentar pada konten, atau feedback yang diberikan pelanggan.

2. Melakukan riset kata kunci yang berkaitan dengan pertanyaan

Agar teroptimasi secara SEO, pertanyaan-pertanyaan dalam FAQ sebaiknya mengandung kata kunci dengan search volume yang tinggi. Maka dari itu, riset keyword perlu dilakukan.

Teman-teman bisa gunakan tools riset kata kunci pada umumnya, seperti Ahrefs atau Semrush untuk mencari kata kunci yang berkaitan dengan pertanyaan user terhadap brand atau layanan Anda di search engine.

Pastikan untuk memilih kata kunci yang populer dan sekiranya relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga:   Tips Menyusun Strategi SEO Efektif ala Eli Schwartz di Era Generative AI

3. Membuat struktur FAQ yang jelas dan rapi

Struktur halaman FAQ yang rapi akan membantu user dalam memahami dan menemukan informasi lebih mudah.

Anda bisa menggunakan subheadline atau bullet points untuk memperinci jawaban yang terlalu panjang.

Selain itu, coba kelompokkan beberapa pertanyaan yang saling berkaitan ke dalam satu kategori.

Misalnya, untuk pertanyaan seputar cara pemesanan, syarat dan ketentuan pemesanan, serta cara membatalkan pesanan bisa teman-teman cantumkan ke dalam satu subheadline “Pertanyaan Terkait Pemesanan”.

4. Jawab pertanyaan dengan ringkas

Hindari jawaban yang terlalu bertele-tele pada FAQ.

Pengguna sering kali ingin mencari jawaban dengan cepat dan to the point. Jadi, buatlah penjelasan secara singkat tetapi jelas.

Jika diperlukan, Anda bisa menyertakan link menuju artikel atau halaman lain yang membahas informasi lebih rinci apabila suatu pertanyaan tidak bisa dijawab secara singkat.

5. Buat UI/UX FAQ yang memudahkan user

Pastikan halaman FAQ yang sudah disusun agar mudah pengguna akses.

Gunakan font dengan tingkat keterbacaan yang baik serta desain yang responsif di berbagai perangkat, baik PC maupun mobile.

Teman-teman juga bisa coba tambahkan fitur search bar atau menu dropdown pada page FAQ agar lebih gampang dinavigasi.

Itulah berbagai tips untuk membuat halaman FAQ yang seo-friendly maupun user-friendly.

Selain itu, ada satu hal yang tak kalah penting, yaitu menambahkan schema markup pada page FAQ agar lebih berpotensi muncul di SERP.

Cara Menambahkan Schema FAQ pada Website

Menyadur dari Ahrefs, teman-teman bisa lakukan langkah berikut untuk menambahkan schema markup pada halaman FAQ.

1. Buat halaman FAQ

Pertama, buat halaman FAQ dengan menerapkan tips di atas, barulah melakukan markup untuk pertanyaan dan jawaban di dalamnya.

Saat melakukan markup, pastikan Anda mengikuti panduan Google.

Baca Juga:   3 Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Apa Itu Topical Authority

2. Tulis dan validasi schema FAQ

Google menyarankan agar schema FAQ ditulis menggunakan format JSON-LD. Anda bisa gunakan FAQ Schema Generator untuk membuat schema lebih mudah.

Dok. Screenshot

Setelah menulis kode schema, teman-teman bisa memvalidasinya menggunakan tool Rich Result Test dari Google.

3. Implementasi dan validasi ulang schema

Selanjutnya adalah menerapkan schema markup ke dalam page FAQ. Anda bisa implementasikan melalui:

  • Plugin WordPress
  • Google Tag Manager
  • Cara manual dengan menambahkan script ke section <head> pada halaman

Setelah schema ditambahkan, lakukan pengecekan kembali untuk memastikan bahwa markup sudah berfungsi dengan baik.

Validasi ulang dengan cara menyalin URL page FAQ ke tool Rich Result Test Tools, atau Anda bisa coba cek di Google Search Console untuk memeriksa error dan lain-lain.

Dengan mengikuti tips dan tata cara yang sudah dijelaskan di atas, teman-teman dapat membuat halaman FAQ yang dapat mudah dibaca user maupun search engine.

Pastikan untuk selalu memantau performa page FAQ dan melakukan update berkala agar tetap teroptimasi dengan baik.

Jika ingin lebih tahu bagaimana cara terbaik membuat halaman FAQ dan strategi optimasinya yang efektif, Anda bisa coba diskusikan bersama para pegiat SEO lain di grup Telegram DailySEO ID. Gabung segera dengan klik di sini.

Bagi teman-teman pemula yang ingin mendalami dasar-dasar SEO di dunia profesional, mari daftarkan diri Anda ke SEO Fundamental Course DailySEO ID dengan mengunjungi halaman ini.

Selain itu, buat Anda yang ingin meningkatkan skill SEO, teman-teman bisa mengikuti 3-Day Intermediate SEO Masterclass dengan materi yang lebih advance sehingga mampu menjalankan SEO campaign dengan baik.

References:

FAQ Pages for SEO (+ Examples & Best Practices)

6 Examples of FAQ Pages and How to Write a Great One





Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

SEO Content Specialist, Median Digital Indonesia | Former SEO Content at Zenius, Hipwee, and Glints | SEO Enthusiast

Write A Comment