Pernah mendengar orang-orang SEO yang berkata seperti ini:

“Fokuslah pada satu topik (niche), jangan gado-gado (membahas banyak topik) di dalam satu website.”

Jika ya, sebenarnya perkataan tersebut secara tidak langsung telah mengarahkan kita pada suatu konsep di SEO.

Konsep ini disebut dengan istilah topical authority (otoritas topik).

Lantas, apa yang dimaksud dengan topical authority? Bagaimana cara mengimplementasikannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, baca artikel ini hingga selesai dan dapatkan informasi menarik seputar topical authority.

Apa itu Topical Authority?

Di SEO (Search Engine Optimization), topical authority adalah suatu istilah untuk sebuah website yang memiliki kredibilitas tinggi dalam suatu topik pembahasan.

Secara sederhana, topical authority merupakan rasa percaya yang teman-teman bangun secara konsisten dengan membuat konten berkualitas yang relevan dengan bisnis Anda di website yang Anda miliki.

Sebagai contohnya adalah DailySEO ID, yang selalu berusaha konsisten sedari November 2021 untuk membuat konten berkualitas dan relevan terkait SEO.

Oleh sebab itu, DailySEO ID terus tumbuh, berkembang, dan dipercaya oleh para praktisi digital marketing khususnya SEO sebagai sumber referensi mereka.

Mengapa Topical Authority Penting di SEO?

Kita sama-sama tahu bahwa Google sangat menyukai website yang kredibel, dan membangun topical authority yang kuat adalah salah satu strateginya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa topical authority ini dianggap penting:

Menghadirkan Rasa Percaya Kepada Audiens dan Search Engine

Topical authority yang kuat dan positif akan menghadirkan persepsi dan rasa percaya bagi para audiens dan tentunya search engine.

Hal tersebut akan membuat audiens kembali lagi mengunjungi website Anda dan berpotensi meningkatkan ranking di SERP (Search Engine Results Page).

Contohnya adalah Amazon dan Shopify.

Kedua website tersebut memiliki topical authority yang kuat di kategori e-commerce.

Hasilnya, search engine (Google) menganggap informasi dari Amazon dan Shopify lebih terpercaya dan “menghadiahkan” ranking yang lebih baik dibanding website-website lainnya.

Berpotensi Mendapatkan Inbound Link Secara Natural

Inbound link atau backlink merupakan salah satu dari sekian banyak faktor sistem ranking yang ada di Google.

Baca Juga:   10 Tips Project Management di SEO yang Efektif dan Urgensinya

Tapi sayangnya masih banyak orang yang mengambil jalan pintas dan cenderung spammy.

Mereka berupaya menyematkan link di kolom komentar, di profil website, hingga di website forum, dan parahnya lagi website-website tersebut sama sekali tidak relevan dengan konten yang mereka punya.

Topical authority memiliki peran penting dalam mendapatkan backlink secara natural, sebab kebanyakan orang lebih menyukai untuk memberikan link jika website tersebut kredibel dan kontennya berkualitas.

Coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan ini:

“Mengapa blog-blog pendidikan lebih rela memberikan link ke website berdomain ac.id dibanding blogspot.id?”

“Mengapa website kesehatan lebih suka menyematkan link ke website jurnal kesehatan ketimbang portal berita?”

Jawabannya sederhana, karena kredibilitas dan topical authority yang mereka miliki.

Blog-blog pendidikan rela memberikan link ke domain ac.id karena domain tersebut memang milik institusi pendidikan yang sudah pasti kredibel.

Kemudian website kesehatan lebih suka menyematkan link ke website jurnal kesehatan karena memang kontennya dikurasi dengan baik dan ketat (berkaitan dengan keselamatan seseorang).

Jadi, jika teman-teman ingin membangun inbound link yang berkualitas, relevan, dan anti-spam, maka cobalah untuk membangun topical authority yang kuat pada website Anda.

Pada intinya, buatlah konten dengan memerhatikan manfaat bagi audiens Anda bukan hanya mengejar materi dan trafik semata atau hanya sekedar menulis saja.

Menekan Biaya Marketing

Membangun topical authority tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun jika teman-teman fokus dan konsisten, hasil akhirnya adalah mampu menekan biaya digital marketing.

Contohnya seperti, biaya guest post atau content placement berbayar untuk mendapatkan backlink hingga biaya press release di media-media mainstream.

Bisa dibilang membangun topical authority adalah long-term investment.

Cara Membangun Topical Authority

Berikut adalah sejumlah langkah yang bisa teman-teman terapkan untuk menciptakan topical authority yang kuat pada website Anda.

Tentukan Niche dan Membuat Topic Cluster

Jadilah sumber rujukan informasi online untuk satu dua topik saja.

Pemilihan topik yang tidak terlalu luas (gado-gado) adalah cara yang lebih hemat waktu dan biaya.

Sebagai contoh, ketimbang Anda membangun authority untuk topik desain yang sangat luas, teman-teman bisa memilih topik tentang desain grafis secara khusus.

Karena pemilihan topik spesifik ini akan lebih memudahkan Anda untuk fokus dan konsisten dalam membuat konten.

Setelah topiknya ditentukan, lakukan keyword clustering (pengelompokan kata kunci) yang nantinya akan membentuk topic cluster.

Keyword clustering adalah suatu proses mengelompokkan keyword terkait berdasarkan topik yang telah Anda pilih.

Baca Juga:   Bolehkah Pakai Stok Foto di Konten Kita? Akankah Berpengaruh Negatif? Dengar Kata Google!

Lakukan Seed Keyword Research

Semakin relevan dan berkualitas konten yang Anda buat, maka semakin besar juga authority yang akan teman-teman bangun.

Oleh karena itu Anda memerlukan banyak ide untuk menghasilkan konten-konten tersebut.

Dari contoh topik desain grafis di atas, maka kata “desain grafis” adalah seed keyword-nya, seed keyword merupakan keyword inti yang biasanya memiliki 1 atau 2 kata saja.

Seed keyword ini nantinya bisa Anda gunakan untuk menjaring keyword-keyword, query, dan frasa pencarian terkait lainnya, seperti:

  • Contoh desain grafis
  • Aplikasi desain grafis
  • Jenis-jenis desain grafis
  • Elemen desain grafis
  • Freelance desain grafis
  • Fungsi desain grafis
  • Jurusan desain grafis
  • Software desain grafis

Juga menemukan topik terkait desain grafis seperti:

  • Desain logo
  • Desain ilustrasi
  • Vector
  • Raster
  • Tipografi
  • Desain tata letak

Dengan melakukan riset seed keyword ini, Anda akan mendapatkan ide-ide konten yang melimpah sebagai “senjata” untuk membangun topical authority website teman-teman.

Membuat Konten Problem Solving

Buatlah konten sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens Anda secara konsisten.

Berikan informasi dan jawaban solutif dari apa yang mereka cari dan tanyakan.

Tidak lupa untuk menambahkan point of view, studi kasus, atau pengalaman pribadi untuk mempertegas keunikan konten yang Anda miliki.

Anda bisa menggunakan fitur PPA (People also ask) yang tersedia di Google untuk mengetahui hal-hal yang ditanyakan audiens di topik yang Anda targetkan.

Dalam contoh topik desain grafis, seperti inilah pertanyaan-pertanyaan yang ditampilkan di PPA:

Cara Mengukur Topical Authority

Harap diingat dan dicatat: Sebenarnya tidak ada cara atau metric spesifik terkait bagaimana kita mengukur level topical authority website kita.

Namun, teman-teman bisa melihat perubahan performa yang terjadi dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

Mengecek Trafik di Google Analytics

Apabila trafik website teman-teman meningkat setelah membangun authority, ini bisa jadi pertanda bahwa apa yang sudah Anda lakukan mulai mendatangkan hasil.

Anda bisa menggunakan Google Analytics (GA) untuk melihat apakah trafik website Anda meningkat atau menurun.

Caranya, buka dan login ke akun GA Anda, lalu dari dashboard GA, klik “Reports.”

Kemudian klik “Traffic acquisition.”

Di dalam tampilan report Traffic acquisition, Anda bisa melihat sumber trafik website berdasarkan channel-nya.

Silakan filter data yang ada untuk mengukur dampak dari topical authority yang Anda bangun.

Misalnya Anda telah membuat 60 konten pada topik spesifik dan mengoptimasinya selama kurang lebih tiga bulan, maka Anda bisa memfilter channel ke Organic Search.

Cek apakah trafiknya meningkat atau menurun dalam kurun waktu data yang Anda pilih.

Baca Juga:   SEO Audit: Langkah Cerdas Sebelum Mulai Menjalankan SEO Campaign

(contoh: komparasi data trafik 28 hari terakhir).

Menganalisis Backlink

Meningkatnya jumlah backlink bisa menjadi salah satu pertanda bahwa authority website Anda mengalami peningkatan.

Lacak jumlah backlink Anda menggunakan tool SEO yang tersedia seperti Semrush Backlink Analytics atau Site Explorer > Backlinks milik Ahrefs.

Cek apakah jumlah backlink-nya meningkat atau tidak.

Kualitas backlink di sini tidak kami bahas, karena apa yang kita lakukan benar-benar untuk meningkatkan authority.

Mendapatkan backlink secara natural adalah bonus dan salah satu tanda jika authority website Anda meningkat (website lain memberikan backlink secara sukarela).

Mengecek Ranking Website

Seperti yang sudah disinggung di atas, topical authority berpotensi meningkatkan ranking website Anda di SERP.

Jadi, melakukan pengecekan ranking website adalah salah satu cara agar kita tahu apakah authority yang kita bangun sudah bekerja atau belum.

Pengecekan ranking website ini lagi-lagi butuh bantuan tool SEO, Anda bisa menggunakan Google Search Console (GSC), Ahrefs, maupun Semrush.

Di GSC, Anda bisa membuka tab Performance.

Pilih Search type: Web dan Date: Compare (bisa dengan memilih Compare last 28 days atau Compare last 3 months to previous period).

Kemudian ceklis bagian Average Position.

Kemudian silakan cek komparasi data yang tampil, apakah meningkat atau menurun.

Bagaimana? Menarik bukan pembahasan topical authority ini?

Apakah membangun topical authority sulit?

Tidak sulit, yang terpenting teman-teman harus bisa fokus dan konsisten membuat konten yang benar-benar mewakili expertise (keahlian) Anda atau perusahaan Anda.

Apakah mudah?

Tidak juga, karena teman-teman harus terus berusaha dan sabar karena hal ini butuh waktu untuk benar-benar dicapai.

Capaian seperti apa?

Yaitu pencapaian dianggap sebagai sumber rujukan online kredibel untuk topik yang Anda targetkan.

Demikianlah artikel mengenai apa itu topical authority dan cara membangunnya ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

Sumber:

https://www.semrush.com/blog/topical-authority/

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment