“Saya adalah seorang ______ (content writer / blogger / SEO specialist / digital marketer / business owner, silakan diisi sesuai profesi masing-masing). Apa yang bisa saya dapat setelah saya belajar SEO?”
Postingan ini ditujukan untuk teman-teman yang berprofesi di atas, yang mungkin sempat kepikiran, “apakah ilmu SEO sepenting itu untuk dipelajari?”
Saya ingin cerita, potensi apa yang akan didapatkan kalau teman-teman di berbagai profesi ini belajar & menguasai ilmu SEO (Search Engine Optimization).
Daftar Isi
Content Writer
“Saya sudah jago nulis, apa masih perlu belajar SEO?”
Perlu. Nilai Anda akan mahal kalau ngerti SEO juga. Semahal apa? Semahal 5-10x lipat bahkan lebih.
Di Facebook, ada writer jualan jasa mulai dari Rp 10 ribuan.

Sementara writer saya dibayar mulai dari Rp. 50 ribu (artikel pendek) & 100+ ribu kalau panjang (lebih mahal lagi kalau dia punya pengalaman di bidang tertentu).

Punya skill SEO, portfolio & jam terbang, berjualan jasa penulisan konten di komunitas/network yang tepat, Anda berpotensi dapat penghasilan lebih baik berkali lipat.
Di kursus SEO seperti SEO Fundamental Course-nya DailySEO ID, teman-teman content writer bisa meningkatkan skill SEO-nya dan mengasah skill menulisnya, agar bisa membangun portfolio yang menjual.
Blogger
“Saya sudah biasa nulis dan sudah punya blog sendiri, apa masih butuh SEO?”
Butuh cuan dari blog-nya ga? Kalo iya, berarti masih butuh SEO.
Banyak yang membuat blog tidak berkualitas, tanpa kaidah SEO yang benar, tidak punya traffic, cuma DA aja yang tinggi (padahal tidak ngaruh ke SEO), jual placement cuma 10 ribuan! Benar-benar ada harga ada rupa.

Kalau blog-nya terkenal & traffic-nya banyak, bisa dapet duit ga cuma dari ads lho. Ada juga job dari klien dengan harga MULAI DARI 100-300 ribu per kontennya! Kalau lebih populer lagi, bisa jutaan.

Jika teman-teman blogger belajar di SEO Fundamental Course-nya DailySEO ID, teman-teman blogger bisa mendapatkan ilmu untuk mendapatkan traffic SEO yang meningkat & awet dalam jangka panjang, sehingga bisa menjual rate card dengan harga terbaik untuk brand.
SEO Specialist
Banyak SEO specialist di perusahaan berstatus single fighter, alias tidak ada lagi orang di kantornya yang mengerti SEO buat diajak ngobrol.
Saya sering menjadi “telinga” yang mendengarkan curhat mereka. Betapa SEO sulit mendapat dukungan dari tim IT, misalnya.
Atau bos mereka juga tidak paham-paham amat tentang SEO, sehingga dia harus memikirkan sendiri strategi SEO untuk mencapai KPI yang dibebankan.
Dan umumnya SEO specialist, khususnya yang masih junior, suka bingung saat ada kasus SEO di kantornya.
Sebaiknya teman-teman SEO specialist punya tempat belajar dan tempat berdiskusi dengan ahlinya, agar ilmu SEO-nya bertambah terus.
Paling minimal, ikut komunitas SEO deh (misalnya grup DailySEO ID di Telegram), supaya bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia SEO, dan bisa saling berbagi studi kasus.
Kalau ada budget pengembangan diri dari kantor, coba pertimbangkan ikut kursus seperti SEO Fundamental Course-nya DailySEO ID. Di tempat kursus, ada banyak teman untuk networking dan belajar bersama-sama.
Plus, kalau belajar di DailySEO ID, teman-teman bisa gratis 1-on-1 dengan saya, sehingga bisa saya bantu kalau ada case apapun di kantornya.
Digital Marketer (Digital Marketing Specialist)
Dari observasi (dan curhatan orang), tidak sedikit “digital marketing specialist” di berbagai perusahaan sifatnya palugada (apa elu mau gua ada).

Job description-nya di kantor beragam, dari mengerjakan ads, bikin konten, SEO juga, kadang ada tambah social media, dan lain-lain.
Kadang ada keinginan untuk bisa fokus dan mendalami di satu bidang hingga benar-benar jadi expert, atau tapi bingung harus mulai dari mana.
Untuk bisa fokus, misalnya di SEO, harus paham ilmunya secara menyeluruh. supaya bisa menilai mana yang cocok untuk karier saya. Tidak bisa belajar cuma sepotong-potong.
Kursus SEO Fundamental Course bisa bantu Anda dalam hal ini. Coba ikuti pelajaran tentang SEO secara menyeluruh (walau masih dalam tahap fundamental), untuk menilai apakah bidang SEO memang cocok untuk Anda.
Business Owner
Pemilik bisnis biasanya cuma ingin satu hal: bisnisnya makin cuan.
Begitu paham SEO, Anda akan paham gimana caranya mendatangkan calon pembeli ke website Anda sendiri.
Dan traffic dari SEO itu GRATIS berapapun pengunjung yang masuk ke website, jadi boleh dibilang SEO itu channel paling cuan.
Pemilik bisnis biasanya tidak ingin ribet-ribet melakukan eksekusi, sehingga biasanya menggunakan jasa SEO dari pihak ketiga.
Dalam hal ini, penting bagi pemilik bisnis untuk mengerti ilmu SEO walau secara garis besar saja, agar bisa bekerjasama dengan pihak ketiga dengan baik.
—
Jika post ini relate dengan teman-teman semua, jangan berhenti untuk terus belajar SEO ya.
Bisa otodidak (lewat artikel/tutorial/YouTube), lewat komunitas, ikut pelatihan, syukur-syukur mau ikut SEO Fundamental Course-nya DailySEO ID.
Kalau belajar di DailySEO ID, teman-teman tidak akan cuma belajar teori, tapi juga praktek:
- Membuat website
- Melakukan riset konten
- Menulis & mengoptimasi konten
- Mengoptimasi technical
- Mempromosikan website kita
Pendaftaran untuk batch 3 akan segera ditutup, karena kelasnya dimulai hari Selasa, 24 Oktober 2023. Jika berminat, yuk segera daftar!
Semoga bermanfaat!