Kita cukup sering mendengar teori dari sebagian orang bahwa backlink .edu adalah salah satu kunci untuk mendongkrak ranking di Google Search.

Backlink dari website dengan ekstensi domain .edu (contoh: universitasmtk.edu) sering dijadikan wild card oleh sejumlah orang dan masih dipercaya hingga saat artikel ini ditulis.

Bahkan penulis pribadi cukup sering mendapatkan email atau pesan di Linkedin dari orang yang menawarkan link .edu ini, istilah yang mereka lontarkan adalah link building.

Mereka juga tidak lupa menawarkan link dengan domain authority (DA) yang skor yang lumayan, kami pernah membahas domain authority di sini.

Lanjut, apakah benar .edu link ini memengaruhi ranking website di Google? Mari kita kupas jawabannya bersama-sama.

Baca juga: Apakah Domain History (Riwayat Domain) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Klaim: Backlink .Edu Merupakan Faktor yang Memengaruhi Ranking di Google Search

Sebelum kita menyelam lebih dalam, kita harus sepakat bahwa salah cara atau strategi Search Engine Optimization (SEO) adalah dengan mengoptimasi link, baik itu internal link maupun eksternal link.

Backlink .edu adalah link dari sebuah website edukasi yang mengarah ke website yang berbeda. Backlink sendiri adalah sebuah bentuk endorsement untuk konten website dan menjadi sebuah sinyal jika seseorang memercayai informasi di dalamnya.

Oleh karena itu, link dari website berotoritas tinggi dan didukung dengan publishing control yang ketat seharusnya sangat berharga ketika didapatkan, salah satunya link dari website .edu.

Itulah penyebab .edu link ini menjadi primadona bagi para pemburu backlink.

Baca Juga:   Template/Theme yang Sama, Aman Kok Dipakai Di Berbagai Website, Kata Google

Di Indonesia sendiri, banyak sekali penyedia jasa backlink .edu (silakan Googling
backlink "edu" indonesia). Yang menarik adalah di Indonesia, yang disebut backlink .edu justru bukan dari domain .edu, melainkan dari domain .ac.id. Biasanya website dengan domain .edu adalah website asing (berbahasa Inggris), sedangkan website domain .ac.id jelas-jelas website Indonesia (ac = academic, ac.id = situs akademik Indonesia).

Baca juga: Apakah Exact Match Domain Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti: Apakah Backlink .Edu Merupakan Salah Satu Faktor yang Memengaruhi Ranking?

Sebenarnya cukup masuk akal mengapa kita selama ini percaya .edu link dapat membantu mendongkrak ranking website di search engine results page (SERP).

Karena website lembaga pendidikan dan pemerintahan biasanya mengeluarkan informasi yang sangat penting, kontennya berkualitas tinggi, hingga akhirnya website-website tersebut mendapatkan banyak citation dan pastinya backlink

Hasilnya, website pendidikan ini cenderung memiliki PageRank yang tinggi dan kita menginginkan “sumbangan” kecil dari PageRank-nya tersebut.

Baca juga: Apa itu Google E-A-T? Apakah E-A-T Memengaruhi Ranking di Google Search?

Bukti Sanggahan: Backlink .Edu Bukan Faktor yang Memengaruhi Ranking

Hal yang harus teman-teman tahu ketika baru menyadari benefit dari .edu link adalah Anda sudah telat sekitar 15 tahun. Artinya backlink dari domain .edu kini sudah tidak lagi relevan.

Di tahun 2010, Matt Cutts menyatakan,

Jangan hanya melihat jumlah link ke website, Anda juga harus memperhatikan reputasi dari link tersebut. Link sebenarnya tidak benar-benar penting meskipun didapatkan dari .gov atau .edu, dan hal ini serupa dengan (link dari) Twitter atau Facebook.

Hal ini tidak tampak seperti link dari (domain).edu lalu otomatis memberikan bobot yang lebih.

Saat itu industri SEO menjadi pengirim spam terhadap website .edu, sampai akhirnya berhenti dengan sendirinya.

Baca Juga:   Update Algoritma Google Search: May 2022 Core Update

Jika sebuah website mendapatkan backlink dari website .edu berdasarkan kualitas konten, value link tersebut akan ditentukan oleh semua elemen yang sama, seolah-olah link tadi adalah link dari domain .com, .gov, atau domain lainnya.

Dengan konten yang berkualitas, maka website teman-teman akan mendapatkan branding, anggapan, dan PR yang positif.

Contohnya, jika Anda seorang yang lulusan kedokteran dan ahli di bidang bedah jantung, maka buatlah konten tentang topik tersebut.

Jika Anda seorang guru matematika, maka buatlah konten yang merepresentasikan keilmuan Anda, buatlah kursus gratis hingga berbayar, dan bangunlah hubungan dengan website yang serupa atau dengan website organisasi pendidikan berdomain .edu.

Pada intinya adalah buatlah konten berkualitas yang dicari dan menjawab pertanyaan user untuk memaksimalkan potensi website Anda.

Hindari membeli atau meninggalkan komentar pada website .edu. Kenapa? Karena link tersebut akan menjadi sia-sia tidak ber-value sama sekali terhadap website Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Search Advocate Google, John Mueller:

john mueller tentang link edu
Tanggapan John Mueller terkait .edu link.

Karena banyaknya salah kaprah bahwa link .edu lebih bernilai di mata Google, website-website .edu seringkali di-spam. Karena itu, kami (Google) mengabaikan banyak sekali link dari website seperti itu. Idealnya, mereka hanya perlu me-nofollow link tersebut dibandingkan kami yang mengabaikannya.

Saat ini Anda lebih baik fokus untuk mempertimbangkan semua E-A-T (Expertise, Authority, Trustworthiness) signal yang merupakan bagian dari Google Quality Raters Guidelines ketimbang mempermainkan Google dengan mencari dan meninggalkan jejak backlink dari website edu.

Baca juga: Apakah Meta Description Memengaruhi Ranking di Google Search?

Kesimpulan .Edu link TIDAK DAPAT MEMENGARUHI RANKING

Link adalah link, dan kita semua tahu bahwa link sebenarnya merupakan bagian dari faktor ranking Google.

Baca Juga:   Apakah Domain Age (Umur Domain) Memengaruhi Ranking di Google Search?

Namun, pertanyaan spesifik yang kami tulis pada artikel ini adalah apakah .edu link lebih powerful dibandingkan link lainnya dalam kebutuhan strategi SEO?

Jawaban finalnya adalah TIDAK! Domain dari link .edu tidak lebih powerful dibanding link lainnya.

Mungkin ada kalanya link .edu ini akan Google pertimbangkan untuk keperluan ranking, tapi sangat mungkin juga Google akan mengabaikannya.

Karena .edu adalah sebuah link, maka ia tidak memiliki kekhususan di antara top-level domain (TLD) lainnya.

Satu-satunya top-level domain yang Google pertimbangkan adalah country-code domain yang memberikan signal lokasi dari sebuah website.

Pada akhirnya dan telah dikonfirmasi, Google tidak menggunakan ekstensi domain .edu sebagai faktor yang dapat memengaruhi ranking di Google Search.

Apakah ada teman-teman yang masih percaya dan mencari backlink dari domain .edu? Bagaimana efeknya?

Silakan tulis tanggapannya di kolom komentar di bawah atau gabung ke grup telegram DailySEO ID di sini.

Sumber:

https://developers.google.com/search/blog/2008/10/importance-of-link-architecture

https://www.searchenginejournal.com/ranking-factors/edu-links/

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist.

Write A Comment