“Tanpa judul artikel yang kuat, artikel Anda tentu saja akan mendapatkan klik yang sedikit dari user”

Teman-teman percaya dengan kalimat tersebut? Ya, tidak bisa dimungkiri kalau judul mempunyai peranan yang penting dalam sebuah artikel. Percuma jika Anda sudah membuat artikel dengan substansi yang sangat bagus, tetapi judul artikelnya tidak menarik bagi user.

Alhasil, artikel teman-teman tidak akan diklik dan otomatis traffic yang datang tidak sederas air terjun. 

Mungkin teman-teman masih menyangkal kalau judul bukanlah suatu bagian yang penting dalam sebuah artikel

Untuk meyakinkan Anda, melansir dari Search Engine Journal, menurut Washington Post, 6 dari 10 orang hanya melihat judul atau headline artikel sebelum membagikannya kepada orang lain. Lalu, hanya 49% yang mengaku telah membaca artikel tersebut.

Menarik, bukan? Kini Anda mulai percaya bahwa kekuatan judul atau headline mampu mendatangkan traffic dalam jumlah yang besar ke situs teman-teman.

Lalu, bagaimana tips membuat judul yang kuat dan menarik bagi user supaya mereka mengklik? Mari kita simak bersama-sama!

1. Riset konten yang muncul di SERP (Search Engine Result Page)

Sebagai writer, Anda mungkin sering merasa kebingungan saat hendak menulis judul artikel yang tepat. Jika sudah merasa demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan riset konten yang relevan dengan isi artikel teman-teman di hasil pencarian Google.

Pahami satu per satu artikel yang bertengger di halaman pertama. Hal tersebut akan membantu Anda untuk menemukan judul yang kuat untuk artikel yang dibuat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset kompetitor dan mulai menjadi pesaing yang serius di dalamnya. Apakah kebanyakan konten yang di halaman pertama berisi listicle atau justru konten transaksional?

Lakukan cara-cara di atas setelah Anda menemukan focus keyword. Tidak cuman mendapatkan judul yang tepat, Anda juga bisa mengetahui search intent atau maksud di balik pencarian user.

2. Pilih kata-kata yang emosional

Tips terbaik dalam menulis headline artikel yaitu memilih diksi yang mampu menyalurkan emosi kepada user

Saat user melakukan scroll dan menemukan judul yang membangkitkan rasa ingin tahunya, otomatis ia tidak akan segan-segan untuk membukanya. 

Baca Juga:   7 Cara Mengoptimasi Konten Agar Berpotensi Masuk Featured Snippet di Google

Tugas ini memang tidak begitu mudah karena bisa jadi teman-teman terperangkap dalam judul clickbait. Alhasil, Anda justru menjanjikan hal yang tidak pasti kepada user karena judul dan isi tidak ada kaitannya sama sekali.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa target headline emosional yang bisa Anda catat, seperti bahagia atau harapan.

Sebagai contoh headline yang mengandung rasa bahagia seperti “Rekomendasi 5 Novel Genre Humor yang Bikin Kamu Tertawa Puas

Atau misalnya headline dengan unsur harapan seperti “Begini 5 Kiat Sukses Tembus Interview User

Perhatikan diksi yang dipilih supaya tidak terkesan clickbait. Buat rasa penasaran user semakin tinggi ketika hanya melihat headline yang Anda tentukan. Ingat, tetap utamakan substansi artikel juga agar user juga tidak kecewa saat membaca artikel Anda.

Hal yang perlu di garis bawahi yaitu Anda sudah menampakkan judul yang menarik. Jadi, Anda juga harus berusaha semaksimal mungkin menyajikan konten yang informatif bagi mereka.

3. Gunakan angka

Saat teman-teman hendak membuat artikel listicle, maka salah satu cara terbaik dalam membuat headline-nya adalah menambahkan angka.

Angka di dalam judul otomatis akan menarik perhatian para user. Sebab, dari angka tersebut user sudah bisa membayangkan isi-isi di dalam artikelnya.

Cari focus keyword Anda dan riset konten kompetitor yang ada di SERP. Semakin banyak angka yang disajikan, maka semakin menarik bagi user.

Baca Juga: Mengenal Keyword Research (Riset Kata Kunci) dalam SEO: Strategi Memilih Target Keyword yang Relevan

4. Beri value untuk user

Setiap user yang datang ke artikel teman-teman tentu ingin mendapatkan sesuatu atau value dari sana. Setidaknya, sebelum mengklik artikel Anda, user pasti akan bertanya kepada dirinya sendiri “Apa yang akan saya dapatkan dari artikel ini?”

Anda tentu tidak ingin memberikan artikel yang kosong makna kepada user, bukan? 

Untuk menarik perhatian user, berikan manfaat atau value yang akan didapatkan user ketika mengklik artikel teman-teman. Tentu saja, hal tersebut bisa Anda tanamkan melalui judul.

Judul yang tertera pada artikel teman-teman setidaknya memberikan nilai pendidikan, hiburan, menjawab pertanyaan, maupun memberikan solusi bagi para user.

Namun, ingat sekali lagi, jangan terkesan clickbait supaya user tetap mencintai website teman-teman. Satu lagi, beri value yang bagus, tetapi tidak terlalu menjanjikan.

5. Optimasi Judul untuk SEO dan Human

Saya mengerti, teman-teman pasti rela menguras tenaga yang sangat banyak untuk mengoptimalkan judul sesuai kaidah SEO supaya dibaca dengan baik oleh search engine.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa kita menulis artikel juga untuk dibaca oleh user yang dalam artian ini mereka semua adalah manusia. Jadi, cobalah untuk menyeimbangkan antara optimasi judul untuk SEO dan  manusia.

Baca Juga:   Apakah Bounce Rate Merupakan Faktor Ranking Google?

Oleh karena itu, sebaiknya tulis judul yang informatif, spesifik, unik, bahkan menarik untuk manusia. Jangan lupakan kredibilitasnya juga supaya manusia dapat menyerap informasi yang menarik dari artikel Anda.

Setelah menemukan kata yang tepat dan enak dibaca oleh manusia, sisipkan focus keyword yang akan Anda taruh di dalam judul. 

Dalam praktiknya, teman-teman bisa menggunakan plugin WordPress seperti Yoast SEO ataupun Rank Math. Melalui kedua plugin tersebut, teman-teman mampu menulis judul yang bagus untuk SEO sekaligus manusia. Pasalnya, teman-teman akan diberitahu kalau judulnya terlalu panjang dan tidak ada keyword di dalamnya.

6. Jangan hanya tulis satu judul

Punya dua atau lebih opsi judul sebelum dimasukkan ke dalam artikel bisa menjadi salah satu strategi yang tepat bagi teman-teman untuk menemukan yang terbaik.

Saat sudah menemukan topik apa yang ingin dibahas dalam artikel, Anda bisa merumuskan dua atau lebih opsi judul terbaik yang sudah tertanam di dalam pikiran Anda saat itu. 

Jika sudah membuat opsi judulnya, Anda tinggal mengeliminasi mana kira-kira yang tepat dipakai untuk judul artikel. Teman-teman juga bisa meminta saran kepada orang-orang terdekat dalam memilih judul.

Anda bisa mengkreasikan judul secara suka-suka, entah itu judul memakai angka, pertanyaan atau menggunakan sudut pandang ketiga.

Dalam praktiknya, mungkin teman-teman ada yang merasa nyaman menulis judul terlebih dahulu ataupun menulis judul belakangan setelah artikelnya tertulis dengan rapi. Silakan, itu masing-masing preferensi Anda.

7. Tes judul dan lakukan eksperimen

Ketika sudah menemukan judul yang tepat, teman-teman juga bisa mengetes secara langsung dengan mempublish artikelnya. Lihat, bagaimana persentase CTR yang sudah terangkum dalam Google Search Console.

Jika angka yang didapatkan sesuai ekspektasi, judul yang Anda pilih sangat menarik perhatian user. Akan tetapi, jika belum, Anda tak usah berkecil hati dan menyalahkan diri sendiri. CTR tidak kunjung naik bukan berarti judul dan artikel yang Anda buat isinya tidak bagus.

Anda bisa merombak judul tersebut dan melakukan eksperimen dengan cermat. Saran saya, seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, riset judul konten yang dipakai oleh kompetitor. Pelajari judul tersebut dan lakukan eksperimen Anda dengan baik.

Baca Juga:   Apakah Author Authority Memengaruhi Ranking di Google Search?

Baca Juga: Apakah Click-Through Rate (CTR) Memengaruhi Ranking di Google Search?

8. Pakai judul yang mengandung pertanyaan

Saat teman-teman sedang asyik berselancar di internet, pasti Anda seringkali menemukan judul-judul artikel yang dibumbui dengan sebuah pertanyaan. Misalnya, seperti judul-judul di bawah ini:

  • Seperti Apa Menulis Artikel SEO dengan Baik? Ini 7 Tipsnya!
  • Berapa Jam Tidur yang Ideal dalam Satu Hari?
  • Apakah Minum Es secara Terus Menerus Bisa Membuat Batuk?

Itu beberapa contoh judul yang mengandung pertanyaan. Anda bisa dan diperbolehkan membuat judul dengan diakhiri pertanyaan. Hal ini tentu saja akan memicu curiosity atau rasa ingin tahu para pembaca sehingga membuat mereka tertarik untuk mengklik artikel Anda.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan saat membuat judul seperti itu. Setidaknya, Anda tidak boleh membuat pertanyaan yang jawabannya sudah jelas diketahui oleh pembaca.

Selain itu, pastikan pertanyaan yang Anda lontarkan dalam judul dijawab dengan jelas melalui artikel yang sudah ditulis. Hal tersebut supaya pembaca tidak merasa terbuang waktunya hanya karena membaca artikel yang tidak menjawab rasa ingin tahunya.

Dan yang terakhir, jika jawaban atas pertanyaan yang Anda munculkan dalam judul hanya “iya” atau “tidak”, sebaiknya jangan dibuatkan judul yang mengandung pertanyaan.

9. Tetap positif dalam membuat judul

Teman-teman boleh mengkreasikan judul semau Anda untuk mendapatkan klik yang banyak dari pembaca. Jangan sesekali Anda menulis judul yang mengandung unsur negatif dan provokatif.

Hal tersebut tentu saja akan membuat website Anda dipandang jelek oleh para pembaca dan akan berimbas pada brand yang telah Anda bangun.

Oleh karena itu, tetap berhati-hati dalam membuat judul. Buat judul yang sangat menarik dan informatif bagi para pembaca. Jika user menyukai konten Anda, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan melakukan pembelian terhadap produk/jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: SEO Spammer Membuat Google Makin Lambat Melakukan Crawling & Indexing Setiap URL

Demikian sembilan tips yang bisa teman-teman praktikkan dalam membuat judul artikel supaya SEO-friendly dan juga nyaman dibaca oleh para pembaca.

Penutup

Judul ibarat umpan pancing. Semakin umpannya menarik, enak, dan nyaman, maka ikan tidak akan segan-segan untuk memakannya. Hasilnya? Para pemancing akan mendapatkan banyak sekali ikan segar.

Begitu pula dengan Anda. Teman-teman membutuhkan umpan pancing yang bagus untuk bisa menaikkan traffic website dengan baik.

Sumber: https://www.searchenginejournal.com/on-page-seo/headline-writing-tips/

Author

Orangnya suka menulis | SEO Content Writer at Zenius| SEO Enthusiast |

Write A Comment