Pernahkah Anda sedang browsing di internet lalu menemukan sebuah website dengan iklan produk tertentu dan berisi CTA untuk melakukan transaksi atau email subscription? Inilah yang dinamakan dengan landing page.
Keberadaan landing page sangat penting dalam strategi SEO. Dengan optimasi yang tepat serta pembuatan desain yang menarik, landing page akan bantu teman-teman untuk meningkatkan konversi pada bisnis.
Di kesempatan kali ini DailySEO akan mengulas tentang pengertian landing page, manfaat, hingga tips membuat landing page yang dapat menguntungkan bisnis Anda.
Daftar Isi
Apa Itu Landing Page?
Sederhananya, landing page adalah sebuah halaman website yang berisi suatu produk/jasa bisnis dan didesain untuk mendorong user agar melakukan aksi, seperti transaksi atau subscribe email untuk mendapatkan informasi terbaru dari bisnis.
Oleh karenanya, landing page didesain dengan rapi, baik itu dari segi tampilan atau tulisan agar mampu mengarahkan serta menarik pengunjung laman web.
Adapun landing page dapat dikatakan menarik apabila memenuhi tiga kriteria berikut ini:
- Memiliki headline dan copy yang mampu menarik perhatian dan sesuai dengan audiens target serta menonjolkan nilai unik dari brand Anda
- Menggunakan visual yang menarik dalam bentuk gambar, video, atau animasi berkualitas tinggi
- CTA terlihat jelas dan persuasif untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan yang diinginkan
Dengan desain yang menarik, diharapkan user menjalankan “action” atau tindakan yang diharapkan.
Tindakan yang dimaksudkan ini bisa dalam dalam bentuk pembelian atau submisi informasi pribadi dari pengunjung website.
Kemudian, barulah Anda dapat melakukan follow-up atas leads yang sudah masuk lewat landing page.
Misalkan, jika yang teman-teman kumpulkan adalah informasi, kumpulan informasi yang ada dapat digunakan sebagai landasan strategi digital marketing maupun customer relationship management.
Bukan hanya didesain semenarik mungkin saja, landing page juga turut dioptimasi menggunakan prinsip-prinsip SEO agar mampu bertengger di search result dan mampu memberikan informasi relevan sesuai kebutuhan dan ekspektasi pengguna.
Seberapa Penting Landing Page untuk SEO?
Landing page sangat penting apabila Anda sedang menjalankan kampanye digital marketing.
Sebab, landing page dapat secara spesifik meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dengan fokus di satu sasaran.
Tentu saja hal tersebut jelas berbeda dengan website yang pada umumnya memang tidak mengkhususkan untuk menyediakan khusus satu informasi atau satu kampanye saja.
Tak hanya itu, implementasi landing page ikut menyederhanakan metode tracking dan analisis data leads yang masuk.
Dengan demikian, pengukuran keberhasilan kampanye jauh lebih jelas berasal dari satu sumber halaman landing page.
Pemanfaatan landing page juga jauh lebih fleksibel ketimbang menggunakan laman website biasa.
Teman-teman dapat dengan bebas mengganti berbagai elemen, seperti judul atau copywriting, hingga call to action (CTA) untuk membuat landing page yang paling banyak mendatangkan leads tanpa memengaruhi situs utama sedikit pun.
Jenis-jenis Landing Page
Ada banyak jenis landing page di luar sana. Namun, jika dilihat secara garis besar, inilah dua jenis yang paling umum:
1. Lead generation landing page
Lead generation landing page difokuskan pada pengumpulan informasi pengunjung, seperti nama lengkap, perusahaan, dan alamat email.
Jenis landing page ini umumnya terdiri dari judul yang jelas, deskripsi singkat tentang penawaran, formulir, serta CTA yang menarik.
Biasanya, pengunjung laman landing page akan mendapatkan sebuah informasi atau content yang mereka butuhkan setelah melakukan tindakan yang diminta. Informasi yang dimaksud seperti e-book, free trial, atau akses webinar.
2. Click-through landing page
Jika jenis landing page sebelumnya berfokus pada pengumpulan informasi, click-through landing page berfokus pada mempersuasi pengguna agar mau mengklik tombol CTA yang mereka sediakan.
Setelah tombol diklik, pengguna akan diarahkan ke laman lain, di mana konversi yang sesungguhnya akan berjalan di laman lain tersebut.
Supaya pengunjung bersedia atau setidaknya tergerak untuk mengklik tombol CTA, maka penulisan copywriting perlu dilakukan sekreatif, persuasif, dan sejelas mungkin.
Tips Membuat Landing Page untuk Optimasi SEO
Menciptakan landing page yang efektif dan memiliki visibilitas tinggi di search engine bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Teman-teman dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini:
1. Temukan keyword yang relevan
Wajib diingat, tidak semua kata kunci dapat Anda gunakan untuk membuat landing page. Gunakan hanya keyword yang sesuai dan relevan dengan industri bisnis Anda.
Dalam penerapannya, teman-teman juga bisa melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui keyword mana saja yang mereka gunakan.
Supaya hasil lebih optimal, Anda juga bisa menggunakan strategi keyword gap untuk mengidentifikasi mana saja keyword yang belum teman-teman gunakan, tetapi sudah digunakan oleh kompetitor.
Untuk menemukan keyword yang tepat, Anda dapat menggunakan research tool, contoh saja Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest ataupun tools lainnya.
2. Sesuaikan dengan search intent
Search intent merujuk kepada tujuan atau intensi pengguna saat mencari sesuatu di mesin pencari.
Pastikan konten landing page Anda menggunakan keyword dengan search intent yang tepat.
Sebagai contoh, apabila landing page Anda menawarkan produk atau layanan, landing page sebaiknya memuat keyword yang memiliki search intent yang bersifat transactional untuk mengarahkan ke pembelian.
3. Lakukan optimasi on-page
Komponen penting dalam optimasi on-page mencakup kata kunci di judul, meta tag, heading, dan konten secara keseluruhan.
Di samping itu, coba periksa apakah penggunaan internal link, struktur URL yang jelas, dan page speed yang optimal untuk meningkatkan user experience.
4. Bangun backlink berkualitas
Backlink berkualitas tinggi sangat penting untuk optimasi SEO pada landing page karena dapat meningkatkan otoritas domain dan peringkat halaman.
Carilah peluang untuk mendapatkan backlink dari situs yang relevan dan memiliki otoritas tinggi.
Dalam membangun backlink, kita tidak melulu harus beli ke jasa backlink. Teman-teman bisa mendapatkan backlink secara natural dengan membuat konten yang berkualitas untuk user.
Ketika konten Anda berkualitas, maka akan ada banyak website yang sukarela memberikan backlink yang mengarah ke website teman-teman.
5. Buat copywriting & CTA yang menarik perhatian
Tuliskan copywriting yang menarik, tidak terlalu panjang, dan mudah dipahami jelas untuk menyampaikan nilai utama dari penawaran Anda.
Call to action (CTA) pada landing page wajib terlihat dan menggugah pengunjung untuk melakukan tindakan, seperti mendaftar, membeli, atau menghubungi Anda.
Dalam penulisan copywriting, teman-teman bisa menerapkan beberapa rumus seperti PAS (Problem, Agitate, Solution) ataupun AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).
Berikan masalah yang konkrit kepada user, lalu tunjukkan bahwa masalah itu bisa berakibat fatal jika tidak lakukan.
Setelah itu, berikan solusi yang konkrit juga kepada user supaya mereka tertarik untuk mengambil tindakan.
6. Cantumkan FAQ (Frequently Asked Questions) bila diperlukan
FAQ menjadi salah satu unsur yang cukup membantu user saat mengunjung sebuah landing page.
Hal ini dibuat guna memudahkan user dalam memahami produk yang teman-teman tawarkan.
Dengan begitu, maka user bisa langsung mengambil tindakan tanpa perlu berpikir panjang.
7. Tulis testimoni dari user
Hal ini cukup penting untuk dimasukkan ke landing page karena bisa memengaruhi user lain untuk segera melakukan tindakan.
Masukkan beberapa testimoni memuaskan dari user yang sudah menggunakan produk/jasa bisnis Anda.
Contoh-contoh Landing Page
Agar lebih mudah memahami, kami akan menunjukkan beberapa contoh landing page yang bisa teman-teman lihat.
Dalam kasus ini, kami coba menampilkan landing page yang dibuat oleh DailySEO ID.
Contoh 1
Pada landing page “3-Day Intermediate SEO Masterclass“, di awal kami coba untuk memperkenalkan kursus kami dengan menuliskan salah satu masalah yang dialami oleh praktisi SEO Specialist yaitu “ingin mengembangkan karier”.
Selain itu, kami juga memberikan beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh user saat mengikuti kelas ini.
Ditambah, kami juga menampilkan tombol “Saya Mau Daftar Sekarang” untuk memudahkan user dalam mendaftar kelas
Di bagian akhir, kami coba menampilkan trainer dari kelas yaitu Ilman Akbar supaya memberikan informasi lebih kepada user.
Lalu, kami juga memberikan kolom FAQ supaya user bisa mengeksplor lebih dalam lagi informasi perihal kelas ini.
Contoh 2
Contoh lain landing page yang kami buat yaitu “SEO Fundamental Course DailySEO Batch 7“
Hampir sama seperti landing page di atas, kami coba menampilkan informasi selengkapnya guna memudahkan user dalam mencerna informasi dan melakukan aksi.
Bedanya, untuk landing page ini kami menambahkan kolom testimonial karena kelas ini sudah menginjak batch 7.
Testimonial ini penting untuk teman-teman pikirkan karena review dari orang berpengaruh besar terhadap user lain untuk melakukan tindakan.
Penutup
Itulah pembahasan tentang apa itu landing page sampai contohnya yang dapat Anda pelajari dan terapkan untuk website Anda.
Jangan lupa untuk berikan komentar di kolom komentar jika ada yang ingin teman-teman tanyakan atau tambahkan!
Anda juga dapat bergabung di grup Telegram DailySEO ID untuk berdiskusi menemukan banyak insight seputar penerapan SEO dan serba-serbi digital marketing lainnya.
Jangan lupa juga buat teman-teman yang ingin ikut kelas intermediate SEO bisa langsung daftar di sini, ya!
Lalu, buat teman-teman yang ingin daftar waiting list SEO Fundamental Course DailySEO ID juga bisa menuju halaman ini!
References:
2 Comments
dari pada sea sea mending optimasi estetik dekorasi template karna cuma ini siasia harapan para blog master, rata-rata web atau blog saat ini hanya berfungsi sebagai pemanis protfolio saja
dari pada sea seo mending optimasi estetik dekorasi template karna cuma ini siasia harapan para blog master, rata-rata web atau blog saat ini hanya berfungsi sebagai pemanis protfolio saja