Apa itu DA PA? Bagaimana cara meningkatkan skor DA/PA? Apakah DA & PA masih penting untuk SEO?

Itu merupakan beberapa pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh para blogger dan praktisi SEO pemula.

Mungkin salah satunya Anda?

Bahkan ada sebagian orang yang sangat peduli dengan DA/PA ini sampai-sampai dijadikan patokan untuk jualan backlink. Bahkan ada jasa peningkat skor DA/PA.

Lalu, apa sih sebenarnya DA/PA ini? Apakah ia benar-benar penting untuk SEO? Mari kita kupas di artikel ini.

Apa itu DA PA?

DA PA merupakan metric (metrik) yang TIDAK dikeluarkan oleh mesin pencari Google maupun Bing.

Agar tidak bingung, Anda bisa simak pengertian keduanya di bawah ini:

Pengertian DA

Domain Authority (DA) adalah skor buatan Moz untuk memprediksi potensi ranking sebuah website (misalnya dailyseo.id) di search engine results page (SERP). Skor domain authority dihitung dari angka 1 untuk yang terendah hingga 100 untuk nilai tertinggi.

Semakin tinggi angka DA, semakin tinggi potensi ranking sebuah website di SERP.

Domain Authority dikalkulasi berdasarkan data dari Link Explorer milik Moz dan menggunakan sejumlah faktor. Kalkulasi juga dilakukan menggunakan model machine learning untuk memprediksi skor tersebut.

Pengertian PA

Sedangkan Page Authority (PA) adalah skor yang dikembangkan Moz untuk memprediksi potensi ranking sebuah web page (halaman web) spesifik, contoh: halaman dailyseo.id/umum/mengenal-perbedaan-google-dan-bing-seo-praktisi-seo-harus-tahu/, adalah sebuah halaman web yang spesifik.

Skor PA dihitung dari yang terendah yaitu 1, dan 100 untuk skor tertingginya. Semakin tinggi angka PA, semakin tinggi potensi ranking sebuah halaman di SERP.

Baca Juga:   Panduan Praktis Cara Disavow Link lewat Google Search Console

Page Authority dihitung berdasarkan data dari web index Moz dan mengambil beberapa faktor. Sama seperti Domain Authority, Page Authority juga dikalkulasi menggunakan model machine learning untuk memprediksi skor atau nilai yang akan didapat.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority mengukur seberapa kuat potensi ranking di keseluruhan domain maupun subdomain, sementara Page Authority mengukur seberapa kuat potensi ranking di sebuah halaman website yang spesifik.

Sekali lagi, potensi ranking ini dibuat oleh Moz,dan bukan dibuat oleh Google.

Cara Mengecek DA PA

cek domain authority dan page authority
Sumber: Moz

Anda bisa melakukan pengecekan skor DA PA ini menggunakan tool Domain Analysis dari Moz.

Selain itu, teman-teman bisa menggunakan MozBar di Google Chrome Extension, Anda hanya perlu download dan menginstall-nya, lalu buka website yang ingin dilihat skor DA PA nya.

ekstensi domain authority dan page authority
Sumber: Moz

Atau bisa juga dilihat dari SERP-nya langsung.

Melihat DA & PA langsung dari SERP Google menggunakan MozBar

Cukup mudah bukan?

Pentingkah DA PA untuk SEO?

Jika teman-teman bertanya di forum-forum, Anda pasti akan menemukan jawaban yang beragam. Ada yang menjawab DA PA itu penting untuk SEO dan ada juga yang mengatakan tidak.

Kami di DailySEO ID sendiri berada dalam posisi bahwa DA PA tidak penting untuk SEO, karena memang tidak ada buktinya bahwa DA PA pasti mempengaruhi ranking. Kami pernah menuliskan artikel tentang hal tersebut, apakah domain authority dapat memengaruhi ranking Google?

Moz secara resmi menyatakan:

“Domain Authority bukanlah faktor ranking Google dan tidak memiliki efek apapun di SERP (search engine result page).”

da pa bukanlah ranking faktor
Sumber: Moz

Jika website dengan DA lebih tinggi, dan/atau halaman dengan PA lebih tinggi membuat ranking website lebih tinggi lebih tinggi, bagaimana sebuah website yang DA/PA-nya lebih rendah bisa ranking lebih tinggi?

Sangat jelas, kesimpulannya adalah Domain Authority tidak dapat memengaruhi ranking.

Baca Juga:   Apakah Penggunaan Google Analytics Memengaruhi Ranking di Google Search?

Yang mempengaruhi ranking adalah relevansi konten/website kita dengan apa yang dicari oleh users.

Artinya apa?

Artinya DA PA ini tidak penting untuk SEO, sehingga teman-teman tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan skor DA PA.

Apalagi website dengan DA PA tinggi belum tentu merupakan website yang berkualitas dan punya traffic yang ramai.

Contoh salah satu website hanya tinggi DA-nya, tapi tidak ada traffic-nya!

Website yang berkualitas dan punya traffic yang ramai, umumnya punya DA PA tinggi. Tapi tidak sebaliknya.

DA cuma 17, tapi punya traffic jauh lebi htinggi.

Sehingga sudah jelas, fokusnya haruslah di memperbaiki kualitas website kita, bukan meningkatkan angka DA & PA.

Jika Tidak Penting, Mengapa SEO masih Terobsesi dengan Angka DA PA?

Karena sebagian pemilik website & praktisi SEO percaya mitos bahwa ada satu skor yang menunjukkan kualitas atau authority sebuah website. Kalau skor ini tinggi, maka bisa me-ranking tinggi pula di mesin pencari.

DA & PA adalah evolusi dari metrics yang dulu memang dimiliki & ditunjukkan oleh Google, namanya PageRank.

Angka PageRank adalah dari 0-10, di mana lebih tinggi angka PageRank-nya berarti website-nya lebih punya authority dan berkolerasi dengan ranking di SERP Google.

Praktisi SEO bisa melihat berapa skor PageRank website masing-masing dengan Google Toolbar di browser Internet Explorer.

Permasalahannya, SEO spammer melakukan berbagai cara memanipulasi Google agar PageRank-nya meningkat, dan ranking di SERP meningkat. Padahal website-nya sama sekali tidak berkualitas.

Pada tahun 2013, Google pun akhirnya memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk melihat Google Toolbar. Pemilik website tidak lagi bisa melihat berapa skor PageRank-nya.

Domain Authority & Page Authority dari Moz kemudian menjadi pengganti PageRank dari Google, dan masih dianggap relevan untuk menunjukkan kualitas website untuk me-ranking di Google (padahal tidak).

Baca Juga:   Wawancara Eksklusif¬†Botify: Tren SEO bagi Bisnis di 2022, Mengenal Lebih Jauh Enterprise SEO, dan Platform SEO untuk Enterprise

Penutup

Domain Authority dan Page Authority bukanlah hal yang harus Anda kejar di SEO. Di SEO yang harus teman-teman lakukan adalah bagaimana caranya agar website mudah diakses oleh user, bermanfaat, hingga memperhatikan user experience, dan barulah untuk search engine.

Demikianlah artikel mengenai apa itu DA PA. Jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini. Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar mulai dari Rp. 50 ribu saja di webinar DailySEO ID!

Sumber:

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

Touched SEO in 2014 and dive more deeply in 2019. Currently working at Farmaku & DokterSehat as an SEO Specialist. Let's connect!

4 Comments

  1. Kalau di Ahrefs namanya Domain Rating (DR) dan URL Rating (UR) ūüėÖ

  2. Penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Saya jadi lebih paham seputar DA dan PA. Thanks bang

Write A Comment