Pinterest bukan sekadar platform media sosial biasa, ia juga merupakan mesin pencari visual yang sangat potensial untuk mendatangkan traffic ke website Anda.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, Pinterest bisa menjadi salah satu alat yang powerful untuk menjangkau audiens baru.

Memahami prinsip dasar SEO di Pinterest sangat penting agar konten Anda lebih mudah ditemukan melalui pencarian di platform tersebut, sekaligus mendorong lebih banyak kunjungan ke website.

Ingin tahu cara kerja Pinterest SEO dan bagaimana mengoptimalkannya? Baca artikel ini hingga selesai dan temukan strategi yang bisa langsung Anda terapkan.

Sekilas Tentang Pinterest SEO

Pinterest SEO adalah proses mengoptimasi profil dan konten Anda di Pinterest agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna melalui fitur pencarian di platform tersebut.

Tujuan utama dari aktivitas tersebut adalah untuk meningkatkan visibilitas konten, mendatangkan lebih banyak traffic ke website, serta mendorong interaksi pengguna dengan brand.

Dengan strategi yangs esuai, Pinterest SEO juga dapat berkontribusi langsung terhadap konversi, baik dalam bentuk prospek maupun pembelian.

Seberapa Pentingkah Pinterest SEO?

Pinterest pernah melakukan survei terhadap user untuk mempelajari cara mereka menggunakan platform tersebut untuk berbelanja.

Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa Pinterest memengaruhi apa yang akan orang-orang beli, brand mana yang mereka pilih, dan berapa banyak yang akan mereka belanjakan.

Hasil survei yang dilakukan meliputi:

  • 72% mengatakan bahwa Pinterest menginspirasi mereka untuk berbelanja meskipun mereka tidak mencari barang atau layanan tertentu.
  • 70% menemukan produk baru di Pinterest.
  • 90% mengatakan Pinterest membantu mereka memutuskan untuk membeli sesuatu.
  • 78% mengatakan bermanfaat untuk melihat konten dari brand tertentu di Pinterest.
  • 66% membeli produk setelah melihat Pin dari brand tertentu.
  • 59% menggunakan Pinterest untuk mendapatkan informasi lebih terkait produk yang mereka beli.

Lebih dari itu, Pinterest dapat berfungsi sebagai sumber traffic website yang menjanjikan untuk teman-teman.

Dengan men-diversifikasi sumber traffic, kita dapat mengurangi ketergantungan kita pada satu sumber, contohnya dari Google saja yang kini menghadirkan AI Overview.

Terlenbih lagi, menurut Search Engine Land, AI Overview menyebabkan penurunan average CTR sebanyak 60%.

Tips Mengoptimalkan Akun Pinterest Anda

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan akun Pinterest teman-teman:

Baca Juga:   People Also Ask (PAA): Fitur SERP Google yang Menjawab Pertanyaan dari User

1. Membuat Akun Pinterest

Hal pertama yang tentu akan kita lakukan adalah dengan membuat akun Pinterest, karena dengan begitu teman-teman bisa lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu membuat Pinterest Business account (akun bisnis Pinterest).

2. Membuat Akun Pinterest Business

Akun bisnis Pinterest ini gratis, dan memungkinkan Anda untuk mengakses ke Pinterest Business Hub.

Di dalamnya terdapat dua tool gratis, yaitu:

  1. Pinterest Analytics, untuk memonitor performa konten Anda.
  2. Pinterest Ads Manager, untuk dapat membuat iklan di Pinterest.

Selain itu, Anda juga dapat membuat rich pin, di mana informasi Pin diambil dari konten di website teman-teman.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pilih menu “Convert to business”.

Dok. Semrush

Kemudian mulailah mengisi informasi untuk akun bisnis Anda.

3. Kustomisasi Profil Anda

Profil di Pinterest Business memiliki empat bagian utama:

  • Nama profil.
  • Deskripsi.
  • Username (Nama pengguna).
  • URL website.

Yang teman-teman perlu perhatikan adalah nama profil, username, dan URL website harus konsisten, jangan berubah-ubah.

Optimalkan keempat bagian tersebut agar audiens dapat memahami bisnis dan akun Pinterest teman-teman.

Untuk mengedit profil, klik ikon di samping foto profil, lalu “Setting”.

Dok. Semrush

Isi bagian “about” dalam 500 karakter atau kurang.

Dok. Semrush

Tambahkan URL website Anda.

Dok. Semrush

Pastikan juga untuk menggunakan nama brand sebagai username teman-teman.

Dok. Semrush

4. Klaim Website Anda

Menautkan atau menghubungkan URL website Anda ke akun Pinterest dapat memberikan insight (wawasan) untuk tim marketing, menampilkan profil Anda saat pengguna menyimpan Pin dari website Anda, dan menampilkan gambar profil dan link (tautan) pada Pin terkait.

Teman-teman dapat mengklaim alamat website dengan menambahkan tag HTML, mengunggah file HTML, atau menambahkan rekaman DNS TXT.

Untuk memulai, klik ikon di samping gambar profil Anda, lalu pilih “Setting.”

Dok. Semrush

Kemudian klik “Claimed accounts”.

Dok. Semrush

Selanjutnya pilih bagaimana Anda akan melakukan klaim.

Dok. Semrush

Penulis sendiri menggunakan cara yang pertama, yaitu menyematkan HTML tag di antara bagian <head> </head> HTML.

5. Lakukan Keyword Research

Pinterest SEO mirip dengan tradisional SEO, kita akan memulainya dengan melakukan keyword research (riset kata kunci).

Sehingga teman-teman perlu mengoptimalkan Board dan Pin untuk menjangkau istilah pencarian yang dicari oleh audiens.

Pertama, tentukan istilah yang akan ditargetkan.

Kolom pencarian di Pinterest mirip dengan Google, yaitu menampilkan suggestion (sugesti) untuk frasa kata selanjutnya.

Dok. Semrush

Teman-teman bisa memanfaatkannya untuk melakukan keyword research di sini.

Baca Juga:   Mengapa Traffic Website Berbeda-beda pada Tiap Tools? Ini Jawabannya!

Atau bisa juga memanfaatkan fitur sugesti (berbentuk tombol berwarna dengan thumbnail gambar) tepat di bawah kolom pencarian.

Dok. Semrush

6. Buatlah Nama Board yang Relevan

Saat memberi nama pada Pinterest Board Anda, pastikan menulisnya dengan sederhana, tidak over optimize, dan mengisi keyword di dalamnya.

Pasalnya hal ini dapat memudahkan user untuk menemukannya dan membantu Anda “mengirimkan pesan” tentang apa isi dari Board tersebut.

7. Optimalkan Pin

Pin title (judul) merupakan hal yang juga penting, karena title merupakan salah satu hal pertama yang diperhatikan oleh user Pinterest.

Pastikan title teman-teman dibuat secara menarik, menjabarkan dengan jelas apa yang ada di Pin, dan menggunakan keyword dengan tepat.

Hindari memasukkan keyword secara berlebihan, keyword juga harus sesuai dengan title agar tetap relevan, natural, dan menarik.

Dok. Semrush 

Saat mengoptimalkan title dan description (deskripsi) untuk Pin Anda, cobalah untuk memprioritaskan 30 karakter pertama dan tempatkan keyword yang ditargetkan di awal.

Pastikan deskripsi dibuat secara menarik, natural, dan tidak dijejali dengan keyword yang berlebihan.

Dok. Semrush

Teman-teman juga perlu menghindari pengulangan title di description. Hal ini kita lakukan untuk meng-capture frasa lainnya agar jangkauan user menjadi lebih luas.

Dok. Semrush

Terkait format gambar di Pinterest, Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Gunakan aspect ratio (rasio aspek) 2:3, idealnya berukuran 1000 x 1500 pixels.
  • Upload gambar dengan ekstensi JPEG atau PNG.
  • Batasi size gambar maksimal 20 MB di desktop dan 32 MB di aplikasi Pinterest.
  • Untuk video, Pinterest merekomendasikan ukuran square (persegi), atau dengan aspect ratio 2:3, 4:5, atau 9:16.
  • Upload video dengan ekstensi .mp4, .mov, or .m4v dengan size maksimal 2 GB dan maksimal durasi 15 menit.

8. Membuat Rich Pin

Rich Pins secara otomatis menautkan informasi website Anda ke dalam Pin di Pinterest teman-teman, ini bisa dilakukan setelah Anda membuat akun bisnis dan mengklaim website.

Ada tiga jenis Rich Pin di Pinterest:

  1. Recipe Rich Pin.
  2. Article Rich Pin.
  3. Product Rich Pin

Recipe Rich Pin

Rich pin ini cocok untuk blog masakan dan website yang menyajikan informasi resep.

Berikut adalah hal-hal yang bisa ditambahkan ke dalam Recipe Rich Pin:

  • Judul.
  • Takaran saji.
  • Waktu masak.
  • Rating.
  • Preferensi diet.
  • Daftar bahan-bahan.

Dok. Semrush

Article Rich Pin

Article rich pin bisa dipakai oleh semua jenis blogger, mungkin hingga media berbasis konten teks.

Hal-hal yang bisa ditambahkan ke dalam Recipe Rich Pin:

  • Judul.
  • Deskripsi artikel.
  • Author (penulis) blog.
Baca Juga:   Berapa Idealnya Proporsi Laman yang Terindeks dan Tidak Terindeks di Google?

Article rich pin seringkali terlihat seperti pin biasa. Namun, manfaat dari sudut pandang Pinner (penyemat) adalah informasinya dapat diambil secara otomatis dan dinamis.

Dok. Semrush

Product Rich Pin

Product rich pin mencakup informasi terbaru tentang produk Anda, seperti:

  • Harga.
  • Stok atau ketersedian produk.
  • Judul produk.
  • Deskripsi produk.

Dok. Semrush

Rich Pin merupakan cara efisien untuk menambahkan lebih banyak detail informasi ke Pin, sehingga dapat lebih bermanfaat dan membantu user di Pinterest tanpa harus memperbaruinya secara manual saat terdapat perubahan informasi.

9. Cek Pinterest Trends dan Ikuti

Pinterest Trends menunjukkan Anda mengenai apa yang dicari orang secara real-time di berbagai regional atau negara.

Teman-teman dapat meningkatkan visibilitas konten dengan menggunakan istilah pencarian yang sedang populer.

Jika Anda memiliki blog tentang masakan dan ingin lebih banyak mendatangkan traffic dari Pinterest, maka teman-teman bisa buka Pinterest Trends dan pilih negara atau wilayah yang Anda inginkan.

Dok. Semrush

Cek keyword yang sedang tren teratas untuk rentang waktu yang Anda pilih dan manfaatkan menu di panel sebelah kiri untuk memfilter:

  • Trend type (jenis tren).
  • Interest (minat).
  • Keyword (kata kunci)
  • Usia hingga jenis kelamin.

Dok. Semrush

Misalnya, filter untuk Interest “Food and Drinks” dan masukkan “recipe” di kolom Keywords untuk melihat konten-konten resep yang sedang tren.

Dok. Semrush

Karena gambar di atas diambil pada musim semi, maka konten resep musimanlah yang sedang populer.

Sehingga sebagai food blogger, Anda dapat lebih fokus pada konten resep musim semi atau musim panas karena search interest (minat pencarian) sedang meningkat. 

Sebagai catatan, mengikuti tren bisa menjadi tantangan tersendiri dan membutuhkan banyak resource (sumber daya), sebab kita tidak dapat mengetahui pasti berapa lama tren tersebut akan bertahan. 

Jadi, pastikan untuk mengikuti tren yang relevan dengan bisnis Anda saja dan pastikan tren tersebut memang pantas untuk dijadikan Pin.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian Pinterest SEO dan cara mengoptimalkannya ini, jika Anda memiliki pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah atau bisa gabung ke grup Telegram DailySEO ID di sini.

Teman-teman juga bisa ajukan topik selanjutnya untuk kami bahas! Jika ingin belajar SEO dari ahlinya, yuk belajar di course-nya DailySEO ID!

References:

https://www.semrush.com/blog/pinterest-seo

https://neilpatel.com/blog/pinterest-seo

https://searchengineland.com/generative-ai-impact-website-rankings-traffic-443624

Dapatkan berita terbaru seputar SEO Gratis!
Subscribe Sekarang!

Author

I began my SEO journey in 2017 and deepened my expertise in 2019. Since then, I’ve managed SEO for Farmaku.com, DokterSehat.com, and Impulse Digital Agency, while also contributing to DailySEO ID. Now, as a full-time freelancer, I focus on helping B2B companies improve their search visibility and achieve their goals.

Write A Comment